Ford Focus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ford Focus
Ford Focus 2.5 RS
Informasi
ProdusenFord
Masa produksi1992-sekarang
Bodi & rangka
Bentuk kerangkahatchback
sedan
station wagon
coupe-cabriolet

Ford Focus adalah mobil kompak yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Ford sejak tahun 1998 sampai sekarang untuk pasar global. Focus dibuat dalam bentuk Sedan 4 pintu, Hatchback 3 dan 5 pintu, Coupe Cabriolet 2 pintu, serta Station wagon 5 pintu. Focus pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2005.

Focus merupakan mobil yang digunakan oleh Ford dalam kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC) dari tahun 1999 sampai 2010. Dengan mengandalkan Focus RS WRC bermesin turbo 2.0 liter dan penggerak AWD, Ford berhasil menjadi juara dunia manufaktur WRC pada tahun 2006 dan 2007.

Generasi Pertama (1998-2003)[sunting | sunting sumber]

Focus Hatchback 3 pintu

Focus ini adalah pengganti dari Ford Escort. Mesin yang digunakan oleh Focus adalah jenis Zetec berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.4, 1.6, dan 1.8 liter, Duratec bensin berkemampuan tinggi 2.0 liter, serta mesin diesel TDCi 2.0 liter.

Pada tahun 2002 diluncurkan model sporty Focus ST170, dan model berkemampuan tinggi Focus RS.

Generasi Kedua (2004-2011)[sunting | sunting sumber]

Versi Amerika[sunting | sunting sumber]

Ford Focus SE Sedan

Untuk Amerika, Focus hanya tersedia dalam bentuk Coupe 2 pintu dan Sedan 4 pintu. Mesin yang digunakan 2.0 liter Duratec. Selain itu ada juga Focus FCV yang bertenaga dari fuel cell hydrogen.

Versi Global[sunting | sunting sumber]

Focus versi Eropa atau versi global dijual di Eropa, Australia, serta negara-negara Asia termasuk Indonesia. Focus yang tersedia disini adalah Sedan dan Hatchback bermesin 1.8 dan 2.0 liter bensin, serta mulai tahun 2009 Hatchback bermesin diesel 2.0 liter.

Di Eropa sendiri Focus ditawarkan dalam pilihan yang sangat banyak dengan berbagai mesin bensin dan diesel. Selain Sedan dan Hatchback, juga ada Estate dan Cabriolet. Trim level-nya adalah Studio (model dasar yang paling murah), LX, Sport, Zetec, Ghia, dan Titanium. Selain itu juga ada model sport Focus ST dan Focus RS. Focus RS adalah versi berkemampuan tinggi dengan mesin turbo 2.5 liter. Pada tahun 2010 diluncurkan Focus RS500 yang hanya diproduksi terbatas sebanyak 500 unit.

Generasi Ketiga (2011-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Ford Focus Trend Hatchback

Untuk generasi ini Focus untuk Amerika Serikat memiliki body yang sama dengan versi Eropa atau versi global dengan gaya Kinetic Design. Untuk pasar Amerika, Focus dijual dalam bentuk Sedan dan Hatchback yang hanya tersedia dengan mesin bensin 2.0 liter. Di Eropa juga ditawarkan Focus Station wagon, serta pilihan mesin bensin 1.0 liter turbo Ecoboost, 1.6 liter Duratec, 1.6 liter turbo Ecoboost, 2.0 liter Ecoboost, dan mesin diesel 1.6 liter dan 2.0 liter Duratorq. Sedangkan di Indonesia Focus menggunakan mesin 1.6 liter seperti Fiesta generasi awal dan 2.0 liter Duratec Gasoline Direct Injection. Belakangan hanya mesin 2.0 liter Duratec GDI yang ditawarkan di Indonesia.

Model sport Focus ST dengan mesin turbo Ecoboost 2.0 liter mulai dijual pada pertengahan tahun 2012, sedangkan model berkemampuan tinggi Focus RS pada tahun 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]