Ford Granada (Eropa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ford Granada
Ford granada ghia x.jpg
Ford Granada Ghia (Mk II)
Informasi
ProdusenFord Europe
Masa produksiCologne: 1972–1994
Dagenham: 1972–1976[1]
Bodi & rangka
KelasMobil eksekutif (E)
Tata letakFront-engine, rear-wheel-drive
Kronologi
PendahuluFord Zephyr & Zodiac
Ford 17M/20M/26M
Ford Taunus
PenerusFord Scorpio

Ford Granada versi Eropa adalah mobil eksekutif besar yang diproduksi oleh Ford Eropa dari tahun 1972 hingga 1994.

Model generasi pertama diproduksi dari tahun 1972 hingga 1976 di pabrik Ford Jerman di Cologne dan di pabrik Inggris di Dagenham. Pada tahun 1976, produksi beralih sepenuhnya ke Jerman. Versi asli digantikan pada tahun 1977 oleh model generasi kedua yang diproduksi hingga 1985. Dari 1985 hingga 1994, nama Granada digunakan, di Inggris dan Irlandia saja, untuk model generasi ketiga yang dijual di Eropa lainnya. pasar sebagai Ford Scorpio.

Pada awalnya, model yang lebih rendah dalam kisaran disebut Konsul Ford. Ini mungkin karena gugatan oleh Granada Group, konglomerat besar Inggris saat itu; namun, aplikasi mereka untuk sebuah perintah gagal di banding dan mereka tidak dapat mencegah Ford mendaftarkan nama Granada sebagai merek dagang sehingga dari tahun 1975 mereka semua disebut Granadas. Mobil itu segera menjadi populer untuk penggunaan taksi, armada, dan polisi. Itu juga diubah menjadi versi limusin dan mobil jenazah oleh perusahaan Inggris Coleman Milne dan Woodall Nicholson. Limusin empat pintu tradisional ditawarkan (versi panjang dan pendek) di samping "limusin coupé" empat pintu yang tidak biasa (hanya 12 yang dibuat), serta mobil jenazah dalam konfigurasi dua atau empat pintu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada tahun 1977, mobil-mobil yang masih diberi lencana sebagai Granada hanya dirakit di Jerman. Setelah tahun 1985 mobil diberi lencana sebagai Granada untuk Inggris dan sebagai Scorpio di daratan Eropa: mereka masih diproduksi hanya di Jerman.
  2. ^ Auto Katalog 1978. Stuttgart: Vereinigte Motor-Verlage GmbH & Co. KG. 1977. hlm. 67. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]