Foobar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kata foobar (/ˈfbɑːr/), atau foo dan sejenisnya adalah kata yang termasuk dalam variabel metasintaksis yang sering digunakan dalam pemrograman komputer atau dokumentasi yang berhubungan dengan komputer.[1] Kata tersebut digunakan untuk menamai variabel, fungsi, atau perintah yang tidak terlalu penting atau hanya sebagai pembuktian konsep.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah penggunaan kata foo masih kabur sampai saat ini. Namun, penggunaan kata tersebut dengan kata bar umumnya berasal dari kata gaul militer dari masa Perang Dunia II, FUBAR, dan perlahan menjadi foobar.[2]Kata foo sendiri berusia lebih tua. Hal ini dapat dibuktikan ketika antara 1930 dan 1952 kata tersebut muncul dalam komik Smokey Stover karya Bill Holman, yang menyatakan bahwa ia menggunakan kata tersebut karena melihat kata tersebut terukir pada patung giok bergaya Tiongkok saat ia berada di Chinatown, San Fransisco, kabarnya berarti "semoga beruntung".[3] Hal tersebut dapat dikaitkan pada kata dalam bahasa Tiongkok fu ("福", terkadang ditransliterasikan "foo") yang berarti "kebahagiaan" atau "berkah".[2]

Penggunaan foobar dalam konteks pemrograman dicetuskan oleh Tech Engineering News MIT pada edisi 1965.[4] Penggunaan foo dalam konteks pemrograman dicetuskan pertama kali oleh Tech Model Railroad Club (TMRC) MIT pada sekitar 1960.[1] Pada model sistem kompleks, ada beberapa saklar skram ditempatkan pada sekeliling tempat sekitar ruangan yang dapat ditekan jika sesuatu yang tidak diiginkan akan terjadi, seperti kereta api yang penuh penghalang. Fitur lain pada sistem tersebut adalah adanya jam digital pada papan pemberangkatan. Jika seseorang menekan saklar skram, jam akan berhenti dan teks pada papan digantikan dengan "FOO"; saklar skram mendapat julukan "saklar Foo" karena hal tersebut.

Kata foobar digunakan juga sebagai nama variabel dalam perangkat lunak Collosal Cave Adventure (versi Crowther and Woods tahun 1977). Variabel FOOBAR digunakan untuk menampung perkembangan pemain dalam permainan dengan mengatakan kata ajaib "Fee Fie Foe Foo".

Contoh dalam pemrograman[sunting | sunting sumber]

Pada sampel program Hello world, ditulis dalam C, foo dan bar digunakan untuk mendemonstrasikan penggabungan kata:

#include <stdio.h>

int main() {
   const char *foo = "Hello";
   const char *bar = "World!";
   fprintf(stdout, "%s %s\n", foo, bar);

   return 0;
}

Jika kode tersebut dieksekusi maka akan menghasilkan keluaran sebagai berikut.

Hello World!

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Eastlake, D; Manros, C; Raymond, E. "Etymology of "Foo"". The Internet Engineering Task Force. Diakses tanggal 17 April 2016. 
  2. ^ a b "the definition of foo". Dictionary.com. Diakses tanggal 2016-05-09. 
  3. ^ "The History of Bill Holman". www.smokey-stover.com. Diakses tanggal 2016-04-17. 
  4. ^ Tech Engineering News, Volume 47. Massachusetts Institute of Technology. 1965. hlm. 63. Further, it is possible to search for an effective address; e.g., if an instruction such as "add 1 foo" were used, specifying indirect addressing thru location "foo", and location "foo" contained the address of location "foobar", than an effective word search for "foobar" would find location "foo" and the location containing the "add" instruction as well.