Filter (fotografi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Filter adalah saringan pencahayaan dalam fotografi. Di toko fotografi, filter banyak dijual dalam berbagai macam ragam dan gunanya. Filter Polarisasi untuk membuang flare akibat cahaya langsung. Filter Softener adalah filter untuk menghaluskan dan membuat efek diffuse (buram-halus) sesuai grain softenernya. Misalnya ada bintik dengan jumlah jarang pada filter lensa maka kadar kehalusannya kecil, dan masih agak kasar. Sedangkan dengan lensa soft yang bintiknya banyak, kadar kehalusannya tinggi (sangat halus).

Ada 2 filter yang dikenal dalam dunia fotografi:

  1. Filter lensa
  2. Filter lampu

Filter lampu pada dasarnya adalah papan-papan penutup cahaya yang terlalu terang dan kalkir atau kaca buram untuk mengurangi kekerasan pada cahaya. Di dalam pemotretan model, cahaya yang keras dari lampu blitz halogen akan mengakibatkan bayangan yang kuat dan mengurangi kehalusan kulit sehingga mengurangi ketampanannya. Untuk lebih mengeraskan cahaya lampu kilat, digunakan pantulan reflektor dan kaca sehingga ada 2 arah cahaya.

Filter lensa, selain filter diffuser, softener, dan polar, ada filter sephia dan filter merah untuk pemotretan black and white kontras. Filter ini baik sekali untuk pemotretan film 135. Kecuali digital, pemotretan dengan film 135 masih menggunakan filter untuk menhasilkan cahaya atau warna yang artistik. Kemajuan dunia digital telah membuat program yang mampu untuk mengubah warna dan efek hanya dengan mengeklik beberapa efek yang sudah dibuat oleh pabrik (default) . Ada juga filter kreatif dari CD agar di-install sehingga komputer kreatif bisa lebih optimal.