Ficana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ficana adalah sebuah kota kuno di Latium.[1] Penyebutan nama Ficana hanya ada di dalam sejarah Romawi saat penaklukan dan penghancurannya oleh Ancus Marcius. Tampaknya kota FIcana tidak pernah didirikan lagi, dan namanya muncul di dalam daftar kota-kota yang sudah tiada di Latium menurut Plinius yang Tua. Festus juga mendapati bahwa kota Ficana sudah tidak lagi ada. Meskipun begitu, Festus memberikan petunjuk mengenai lokasi kota Ficana. Ia mengutip Marcus Antistius Labeo yang mengatakan bahwa kota Ficana terletak di Via Ostiensis,[2] sebelas mil dari Roma, dan tampaknya bersebelahan dengan Sungai Tiber dan memiliki sebuah pelabuhan di tempat yang disebut oleh Fabius Pictor dengan nama Puilia Saxa.

Referesi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tobias Fischer-Hansen (1990). Scavi di Ficana: Topografia generale. Istituto poligrafico e Zecca dello Stato, Libreria dello Stato. 
  2. ^ Soprintendenza archeologica di Ostia (c. 1980). Ficana: una pietra miliare sulla strada per Roma : mostra itinerante degli scavi italo nordici a Ficana (Acilia), 1975-1980. Libreria Editrice.