Fear series

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Enemy Within
Part I of Fear
Single oleh Rush
Dari album Grace Under Pressure
Terbit 12 April 1984
Jenis Rock
Panjang 4:34
Penulis Musik oleh Lee & Lifeson
Lirik oleh Peart
Perusahaan Mercury Records
The Weapon
Part II of Fear
Dari album Signals
Terbit 25 September 1982
Jenis Rock
Panjang 6:22
Penulis Musik oleh Lee & Lifeson
Lirik oleh Peart
Perusahaan Mercury Records
Witch Hunt
Part III of Fear
Dari album Moving Pictures
Terbit 28 Februari 1981
Jenis Rock
Panjang 4:43
Penulis Musik oleh Lee & Lifeson
Lirik oleh Peart
Perusahaan Mercury Records
Freeze
Part IV of Fear
Dari album Vapor Trails
Terbit 14 Mei 2002
Jenis Rock
Panjang 6:21
Penulis Musik oleh Lee & Lifeson
Lirik oleh Peart
Perusahaan Atlantic Records

Fear Series, atau sering juga disebut Fear Trilogy adalah 4 lagu oleh kelompok musik Rush. Seri ini terdiri dari Part I: The Enemy Within (dari Grace Under Pressure), Part II: The Weapon (dari Signals), Part III: Witch Hunt (dari Moving Pictures), dan Part IV: Freeze (dari Vapor Trails). Bagian I, II dan III diterbitkan dalam urutan terbalik, sedangkan bagian IV diterbitkan lebih dari 20 tahun setelah bagian III. Lagu-lagu ini tidak mengikuti suatu jalan cerita, tetapi semua berhubungan dengan topik "ketakutan" (fear).

Pada wawancara tahun 1994, Neil Peart menjelaskan ilham seri ini:

Ide untuk trilogi ini disarankan oleh seorang tua yang berkata bahwa ia tidak percaya hidup diatur oleh cinta, atau nalar, atau uang, atau mengejar kebahagiaan — tetapi oleh ketakutan. Pendapat orang ini yang pandai namun sinis adalah bahwa kebanyakan tindakan manusia digerakkan oleh ketakutan akan rasa lapar, ketakutan disakiti, ketakutan sendirian, ketakutan dirampok, dan sebagainya, dan bahwa orang tidak mengambil keputusan karena berharap bahwa sesuatu yang baik akan terjadi, tetapi karena takut sesuatu yang buruk akan terjadi.
Saya berreaksi akan hal ini lazimnya kita berreaksi: "Saya tidak seperti itu!" Namun kemudian saya mulai berpikir mengenai hal ini, mengamati orang-orang di sekitar saya berlaku, dan kemudian saya menyadari bahwa pandangan ini ada benarnya. Jadi saya menulis tiga "teater ketakutan" menurut pendapat saya: bagaimana ketakutan bekerja dalam kita ("The Enemy Within"), bagaimana ketakutan digunakan melawan kita ("The Weapon"), dan bagaimana ketakutan mendukung mentalitas massa ("Witch Hunt").
Kebetulan, tema terakhir adalah paling mudah dibahas, jadi itu ditulis pertama, dan karena itu muncul pertama dalam rekaman, dan dua yang lainnya mengikuti dalam urutan terbalik karena alasan yang sama.

(dari Rush Backstage Club Newsletter, Januari 1994)