Alap-alap layang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Falco cenchroides)
Alap-alap layang
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
F. cenchroides
Nama binomial
Falco cenchroides
Vigors and Horsfield, 1827

Alap-alap layang merupakan burung pemangsa dari keluarga Falconidae. Burung ini termasuk jenis falkon yang terkecil, dengan panjang sekitar 30 cm.

Ciri ciri[sunting | sunting sumber]

Alap-alap layang menyerupai alap-alap erasia, berwarna coklat dan berekor panjang. Dibandingkan dengan alap-alap erasia, alap-alap layang memiliki warna yang lebih pucat dan tanda hitam yang kurang tebal. Pada burung jantan, dahi akan berwarna abu-abu dan tengkuk berwarna coklat.

Burung remaja mirip dengan burung betina, tetapi sedikit lebih suram, bagian bawah merah karat lebih keabu-abuan dan bagian atas bergaris-garis hitam lebih tebal. Iris berwarna cokelat, paruh abu-abu dengan ujung hitam dan sera kuning, tungkai dan kaki kuning. Kebiasaan

Burung ini merupakan penerbang yang sangat anggun, terbang melingkar perlahan, perilaku lebih mirip elang, sering bertengger di cabang terbuka yang menjuntai ke padang rumput, dan memangsa buruannya di atas tanah, terbang dengan mengepakkan sayapnya secara santai, menukik tajam dengan sayap terangkat untuk menangkap mangsanya.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Alap-alap layang merupakan burung karnivora yang memakanan burung mamalia kecil, serangga, reptil dan burung yang berukuran kecil.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Penetap di Australia dan Pulau Papua bagian selatan, bermigrasi ke utara pada musim dingin sampai ke Nusa Tenggara dan Maluku. Kadang – kadang ditemukan tersesat sampai Jawa dan Bali.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Falco cenchroides". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.