FK Vardar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
FK Vardar Skopje
Nama lengkapFudbalski klub Vardar Skopje
JulukanMerah-Hitam
Berdiri1947
StadionPhilip II Arena
(Kapasitas: 33.460)
ManajerAleksandar Vasoski
Liga1-MFL
2018-192
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang

FK Vardar Skopje merupakan sebuah tim sepak bola Makedonia Utara yang bermain di divisi utama 1-MFL. Didirikan pada tahun 1947. Berbasis di Skopje. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Philip II Arena yang berkapasitas 33.460 penonton. Seragam mereka berwarna hitam merah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permulaan

Setelah Perang Dunia Kedua, FK Vardar didirikan dengan penggabungan rival sekota FK Pobeda (1919) dan FK Makedonija (1922), di gedung bioskop "Vardar" pada 22 Juli 1947. Dewan pendiri memutuskan bahwa warna klub akan menjadi biru dan apa warnanya, tetapi pada rapat umum berikutnya keputusan diubah menjadi merah dan putih. FK Pobeda bermain di musim pertama Liga Federasi setelah Perang Dunia II, finis di posisi ke-8 dan memenangkan play-off degradasi melawan Sloga FK  Novi Sad, FK Vardar adalah anggota tim Union sejak awal. Namun, selama dekade berikutnya, mereka berulang kali terdegradasi dan promosi ulang. Jersey merah dan hitam yang dikenal hari ini dibawa kembali setelah gempa Skopje pada tahun 1963 ketika klub sepak bola terkenal Milan  mengirim peralatan tersebut ke tim Skopje.

Liga Federal Pertama

Klub memenangkan trofi akbar  pertama pada Piala Yugoslavia 1960-61.[1] Banyak pemain populer menurut daerah tadi memulai karir mereka pada Vardar, & kemenangan mereka pada Piala Yugoslavia sebagai sorotan. Pemimpin generasi pemain tadi merupakan Andon Dončevski, yg lalu melatih tim menurut tahun 1985 sampai 1988. Lantaran ketidakteraturan akbar -besaran selama pertandingan minggu ke-34 terakhir, ekspresi dominan Liga Pertama Yugoslavia 1985–86 berakhir menggunakan populer. Asosiasi Sepak Bola Yugoslavia yg dipimpin sang Slavko ajber membatalkan output minggu kemudian menggunakan memerintahkan ulangan menurut seluruh 9 pertandingan. Dua belas klub merapat 6 poin lantaran dugaan partisipasi pada skandal pengaturan pertandingan. Semua tim sepakat buat memutar ulang permainan mereka namun FK Partizan, yg sudah memenangkan gelar menggunakan skor 4–0 atas FK eljezničar Sarajevo, menolak, sehabis itu permainan dihadiahkan 3-0 pada FK eljezničar Sarajevo, yg memberi Red Star Belgrade gelar. Red Star Belgrade bermain pada Piala Eropa 1986–87. Namun, sehabis serangkaian proses aturan, tabel final asli, menggunakan FK Partizan menjadi juara, secara resmi diakui dalam tahun 1987. Musim Liga Federal 1986-87 berikutnya diikuti 10 tim menggunakan -6 poin. Vardar Skopje, yg nir dikurangi 6 poin, memenangkan gelar, & berpartisipasi pada Piala Eropa 1987–88, namun pengurangan poin lalu dibatalkan sehabis proses aturan lebih lanjut, & gelar diberikan pada FK Partizan, yg memimpin klasemen. menggunakan deduksi. Tapi buat UEFA, Vardar diakui menjadi juara. Pada 1986-87 tim Liga Federal mempunyai sekelompok pemain yg luar biasa, dipimpin sang Darko Pančev yg berbakat & termasuk Ilija Najdoski, Dragi Kanatlarovski & Vujadin Stanojkovic. FK Vardar melanjutkan buat menghabiskan 33 ekspresi dominan pada papan atas Federal 1947-1992 & berada pada peringkat 11 dalam tabel sepanjang masa.

Setelah Kemerdekaan

Vardar merayakan kemerdekaan Makedonia dengan memenangkan tiga gelar berturut-turut, termasuk tak terkalahkan di musim perdana. Sepanjang tahun 90-an, mereka tetap berada di puncak sepakbola Makedonia dengan lima final Piala; menang empat dan selalu menjadi tim yang harus dikalahkan. Setelah miring standar, mereka membawa liga kembali ke 200102 dan musim berikutnya hanya tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions 200304. Sebuah prestasi yang luar biasa, di babak kualifikasi kedua mereka jatuh mengalahkan CSKA Moskow dan hanya memiliki satu Gol lebih Sparta Prague Pada tahun 2011, Vardar  terdegradasi dari Liga Utama Makedonia untuk pertama kalinya, tetapi setelah membeli lisensi dari Miravci, ia bertahan. Musim berikutnya, mereka membawa liga kembali setelah sembilan tahun. Sampai saat ini, mereka telah memiliki 17 penghargaan utama atas nama mereka. Pada tahun 2012, dengan transformasi lebih lanjut, FK Vardar menjadi tim pertama di Makedonia Utara yang diselenggarakan sebagai perusahaan saham gabungan yang didirikan berdasarkan Companies Act. FK Vardar  menghabiskan 24 musim di Liga Utama Makedonia antara tahun 1992 dan 2017 dan menempati posisi pertama dalam klasemen sepanjang masa.

Momen Yang Tak Terlupakan

Dalam sejarahnya, FK Vardar memiliki banyak pertandingan yang  terlupakan. Pukulan besar pertama datang pada tahun 1961 melawan Dunfermline dari Skotlandia, kemenangan  kandang 2-0 dalam momen gemilang di Piala Winners. Dimana yang terpenting adalah mengalahkan FK Partizan dengan skor 5-0. Di awal cerita, kemenangan ke-21 atas Varteks di final Piala Yugoslavia dikenang oleh klub sebagai kemenangan gelar besar pertama mereka. Pertandingan dengan penonton terbanyak adalah  melawan Trepča, di mana FK Vardar menang 21 dan dipromosikan ke Divisi Pertama Yugoslavia. Pertandingan lain yang perlu diperhatikan adalah pertandingan melawan 4 tim teratas Red Star Belgrade, Partizan Belgrade, Dinamo Zagreb dan Hajduk Split. Mereka kemudian menang di kandang pada 1985 melawan Dinamo Bucurset Romania 1-0 di Piala UEFA. Pada awal Liga Utama Makedonia, pertandingan yang paling berkesan adalah  kemenangan atas saingannya Pelister, termasuk final Piala Sepak Bola Makedonia pertama pada tahun 1993, di mana FK Vardar memenangkan 10 pertandingan di stadion lama kota Liga Utama Makedonia. Prestasi internasional terbesar klub datang pada tahun 2003 ketika FK Vardar mencapai tujuannya untuk lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions. Mereka menjalani pertandingan hebat melawan Barry Town of Wales dan 30 kemenangan kandang diikuti oleh 21 kemenangan tandang melawan kelas berat Rusia CSKA Moscow. Pada Piala Intertoto UEFA 2004, mereka mengalahkan Ethnikos Achnas dari Siprus di  kandang dan tandang dengan 51 kemenangan identik diikuti dengan 10 kemenangan atas Belgia Ghent di kandang.

Pertama kali di babak penyisihan grup Liga Europa

Di babak kualifikasi kedua Liga Champions 2017–18, Vardar bermain imbang melawan klub Swedia Malmö FF, di leg pertama tandang mereka bermain imbang (1–1) dan memenangkan leg kedua di Strumica (3–3). ), dengan gol Boban. Grncharov, Tigran Barseghyan dan Boban Nikolov. Di babak kualifikasi ketiga, Vardar menghadapi tim Denmark F.C. Kopenhagen, mereka memenangkan leg pertama di kandang melawan Skopje (1-0), berkat gol Jonathan Balotelli. Di leg kedua di Kopenhagen, Vardar menerima hasil yang  mengarah ke kualifikasi Liga Champions, tetapi dalam 15 menit terakhir Kopenhagen mencetak dua gol dan Vardar kalah dalam pertandingan (41) dan dijatuhkan dari juara bertahan. Namun, penampilan Vardar di Eropa  musim itu  berlanjut di babak sistem gugur Liga Europa, di mana ia ditahan imbang oleh raksasa Turki Fenerbahe. Luar biasa, Vardar memenangkan kedua pertandingan melawan mereka, di leg pertama di Skopje menang 20, dengan gol dari Barseghyan dan gol bunuh diri  dari Mehmet Topal, dan di leg kedua di Istanbul 21 , dengan gol dari Jaba Jighauri dan Nikola . . Gligorov dan Vardar lolos ke babak grup Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah dan menjadi klub Makedonia Utara pertama yang lolos ke babak grup kompetisi Eropa. Di babak penyisihan grup, Vardar tergabung dalam Grup L melawan Zenit Saint Petersburg, Rosenborg dan Real Sociedad. Dalam pertandingan pertamanya, Vardar dikalahkan oleh Zenit di Skopje (0–5) dan kalah  di Trondheim dari Rosenborg (3–1), tetapi mencetak gol pertamanya. sebuah tim Eropa. persaingan Juan Felipe. Di pertandingan ketiga, Vardar kembali ditekuk di kandang oleh Real Sociedad  (0–6), yang merupakan kekalahan terberat di pertandingan Eropa. Namun, FК Vardar mengamankan poin Eropa pertama mereka yang bersejarah  dengan hasil imbang 1:1  melawan Rosenborg BK.

Grounds[sunting | sunting sumber]

Gradski Park Arena

Stadion Filip 2  dengan kapasitas 33.460 penonton, merupakan salah satu dari 10 stadion terbesar di Balkan. Luas tanah 105 x 68 m. Terdapat dua papan besar yang terletak di sisi timur dan barat, berukuran 18×6 m. Toshe Proeski Arena memiliki 494 kursi VIP dan 386 kursi  media di tribun Utara. 80% dari ruang  Toshe Proeski Arena dilindungi dari cuaca buruk. Toshe Proeski Arena adalah fasilitas olahraga multifungsi yang terletak di Skopje, Makedonia Utara. Ini dinamai Philip II dari Makedonia dan terutama digunakan untuk pertandingan sepak bola. Pada tanggal 25 Juli 2012, salah satu pertandingan FK Vardar yang paling banyak ditonton adalah melawan FC BATE Borisov  di babak kualifikasi kedua Liga Champions UEFA 2012-13. Stand barat terkenal dengan Komiti, fans setia FK Vardar. Arena Nasional Toshe Proeski menjadi tuan rumah Piala Super UEFA 2017, final kompetisi klub pertama UEFA  di Makedonia.


Hipodrom Training Ground

Hippodrome Training Ground adalah salah satu fasilitas paling mengesankan dalam sepak bola, dibangun tidak hanya di wilayah Makedonia Utara dan  sekitarnya. Dirancang  dengan fasilitas canggih untuk tim sepak bola terkuat di Eropa, kompleks ini menyediakan semua kondisi yang dibutuhkan untuk pelatihan normal bagi pemain tim utama FK Vardar. Setelah menggunakan pusat pelatihan €4 juta, para pemain Vardar menerima manfaat berikut dari rumah profesional baru mereka:

Dua lapangan sepak bola, termasuk satu buatan dan satu  alami dan sistem drainase  paling canggih,  memungkinkan kondisi terbaik untuk pelatihan di segala kondisi cuaca . Kedua lapangan diterangi, memungkinkan pemain tim utama dan staf pelatih kami untuk melakukan tugas harian mereka di malam hari.  16 kamar dan tiga suite dirancang untuk tempat tinggal sehari-hari dan isolasi para pemain dan staf teknis dari klub-klub nasional yang paling sukses.  Ruang untuk analisis teoretis dan video pesaing. Sebuah restoran untuk pemain sepak bola dan kafe yang juga dapat digunakan oleh pengunjung fasilitas tersebut.  Pusat layanan kesehatan

pusat panas

Ruang untuk analisis dan diskusi pribadi

Tempat untuk staf profesional

Fasilitas ini terletak di pinggiran Skopje Hippodrome di pintu masuk timur kota, dekat dengan kompleks yang dimaksudkan untuk mengembangkan olahraga berkuda. Mengingat adanya infrastruktur yang memadai sebagai prasyarat paling mendasar untuk pertandingan sepak bola, FC Vardar mendapatkan fasilitas pelatihan modern seperti yang telah lama diinginkan. Sederhananya, saat ini dan masa depan kami, sebagai pelatih dan pemain, ada di sini untuk membangun, mengatur waktu, dan beradaptasi dengan performa yang akan mendorong Vardar untuk mencapai puncak yang dia inginkan di panggung internasional di liga Eropa.

Impian lama generasi penggemar Vardar, mencapai babak penyisihan grup Liga Champions dan Liga Europa, sekarang kita dapat mengatakan dengan tepat, suatu hari akan mulai  menjadi kenyataan. Langkah pertama menuju tujuan tertentu diambil dengan implementasi rencana pembangunan balai latihan kerja “merah hitam”.

Vardar Football Academy

Akademi Sepak Bola FK Vardar adalah salah satu fasilitas olahraga paling modern  untuk  pemuda,  dibangun tidak hanya di wilayah Makedonia Utara tetapi juga di daerah sekitarnya. Sebagai akademi yang mengembangkan bakat-bakat muda sepakbola, pekerjaannya diatur oleh standar klub-klub elit Eropa yang terkenal. Rahasia bermain sepak bola di bawah bimbingan pelatih  dan ahli lainnya akan dipelajari oleh lebih dari 400 anak laki-laki dan junior dari klub  paling sukses di Makedonia. Pembangunan fasilitas ibukota ini di taman kota Skopje,  seluas 1.152 meter persegi (12.400 kaki persegi), adalah untuk penggunaan junior Vardar dengan konten olahraga dan administrasi sebagai berikut:

Lapangan sepak bola  rumput buatan, area seluas 8700 m2, panjang 130 m, lebar 65. Halaman juga diterangi  lampu sorot untuk adik-adik kita berlatih di malam hari.  Empat ruang ganti untuk pemain dan dua  untuk pelatih dengan luas 50 m2, dilengkapi dengan ventilasi sentral dan pemanas  lantai. Ruang pendidikan teori dan olahraga, luas 70 m2, kapasitas 30 orang. Kantor manajemen

Ruang ekonomi

Lokasi dan lampiran teknis  

Banyak pemain top telah terbukti menjadi bagian dari sekolah sepak bola Vardar yang terkenal di zaman sejarah, sebagaimana dibuktikan oleh banyak gelar yang dimenangkan di liga pemuda Makedonia dan di bekas wilayah Yugoslavia. Sekarang, dengan kondisi kerja baru, Vardar akan menjadi pemimpin regional dalam menciptakan "permata" sepakbola baru yang akan berhasil dipakai klub kami dan tim nasional Makedonia Utara dalam waktu dekat. Dipandu oleh keyakinan bahwa anak-anak adalah harta terbesar kita dan bahwa masa depan adalah milik mereka, berinvestasi dalam pengembangan sepak bola dan mengembangkan kebiasaan olahraga mereka  selalu dan akan tetap menjadi prioritas strategis utama.

Suporter[sunting | sunting sumber]

Penggemar FK Vardar dikenal sebagai "Komiti". Komiti adalah kelompok pendukung terorganisir pertama Vardar dan mereka didirikan pada 4 Juni 1987 di Skopje, selama pertandingan antara FK Vardar dan Red Star Belgrade. Selama keberadaan mereka, mereka telah meninggalkan tanda penting dalam sejarah Vardar dan dengan dukungan mereka menjadi pemain ke-12 tim. FK Vardar adalah klub yang didukung oleh hampir semua orang Makedonia di seluruh dunia. Grup Ultra KOMITI pertama kali terlihat  pada tahun 1985, di Zapad (West Stand), di mana penggemar terbesar Vardar masih aktif. Dua tahun kemudian, pada tanggal 4 Juni 1987 di City Stadium di Skopje, derby Liga Yugoslavia saat itu diadakan antara Vardar Skopje dan Red Star Belgrade (3:1). Di 'Zapad' untuk pertama kalinya sejak keberadaan klub, terlihat spanduk bertuliskan 'COMMITTEE'. Idenya berisi pembentukan lanskap Makedonia yang sangat besar. Tujuannya agar 'KOMITI' menjadi pos terdepan dari semua kegiatan dan acara di Stand Barat. Sebagai nama grup yang paling dapat diterima, "COMMITTEE" dipilih.

Alasannya sederhana: selama dekade terakhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika Makedonia masih di bawah kekuasaan Ottoman, kaum revolusioner yang  diorganisir di bawah IMARO disebut komitadjis, seperti  anggota Komisi Makedonia. Nama ini sangat kuat dan arti dari nama tersebut terkait erat dengan tujuan mereka itulah sebabnya mereka memutuskan untuk tidak menggunakan nama seperti nama standar utopis seperti Brigate, Commando, Ultras, Boys, dll. Maka nama 'KOMITI' dipilih untuk grup Ultra baru.

Tim selalu menjadi simbol  Makedonia dan Diaspora. Komiti memiliki hubungan yang baik dengan penggemar FK Teteks "Vojvodi" dan penggemar FC Schalke 04 "Ultras Gelsenkirchen".

Rival[sunting | sunting sumber]

Eternal Derby

Pertandingan antara Vardar dan FK Pelister adalah pertandingan paling penting dan  sengit di Makedonia Utara. Aspek penting dari game ini adalah persaingan sengit dalam kancah tifo Makedonia antara klub penggemar Komiti Skopje dan si kembar. Rivalitas dimulai pada musim 1989-90 dalam pertandingan di Skopje, antara FK Vardar dan Red Star Belgrade. Sebuah konflik pecah antara "penggemar Skopje" dan beberapa "penggemar Bitola" yang datang untuk menyemangati FK Vardar,  klub sepak bola Makedonia paling populer di bekas Yugoslavia saat itu. . Pada tanggal 8 Maret 1991 di Bitola, FK Pelister dan FK Vardar bertemu di divisi dua Yugoslavia dan insiden pertama terjadi. Sejak hari itu,  rivalitas hebat antara Komiti dan si kembar yang dimulai dengan pertandingan Vardar-Pelister berubah menjadi derby abadi. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan sedikit berkurang karena FK Vardar tidak lagi bermain.


Skopje Derby

FK Vardar dan FK Shkupi (sebelumnya mendiang FK Sloga Jugomagnat) adalah derby utama di kota ini, karena kedua klub memiliki dukungan aktif dan terorganisir. Persaingan  digambarkan dalam garis etnis sebagai penggemar FK Vardar adalah  Makedonia dan Kristen Ortodoks, sementara FK Shkupi adalah  Albania. Rabotnički adalah tim Skopje lain yang memiliki basis penggemar terorganisir, meskipun  di lapangan sepak bola jarang ada persaingan, persaingan seperti itu jarang terjadi. Banyak diterapkan tetapi di bola tangan dan bola basket.


Inter-Regional Rivalries

Vardar memiliki persaingan yang kuat dengan KF Shkëndija. Seperti persaingan dengan FK Shkupi, persaingan ini juga didorong oleh etnis karena penggemar KF Shkëndija adalah orang Albania. Ada juga 'brother derby' persahabatan melawan FK Teteks yang oleh fans kedua klub  dijuluki 'Orthodox Brothers'.

Pemain Terkenal[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]