FIFO

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

FIFO adalah akronim untuk First In, First Out (Pertama Masuk, Pertama Keluar), sebuah abstraksi yang berhubungan dengan cara mengatur dan memanipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Ungkapan ini menggambarkan prinsip teknik pengolahan antrean atau melayani permintaan yang saling bertentangan dengan proses pemesanan berdasarkan perilaku first-come, first-served (FCFS): di mana orang-orang meninggalkan antrean dalam urutan mereka tiba, atau menunggu giliran satu di sebuah sinyal kontrol lalu lintas.

FCFS juga merupakan jargon istilah untuk sistem operasi penjadwalan algoritma FIFO, yang memberikan setiap proses CPU waktu sesuai dengan urutan mereka datang. Dalam arti yang lebih luas, abstraksi LIFO, atau Last-In-First-Out adalah kebalikan dari abstraksi organisasi FIFO. Bedanya mungkin adalah yang paling jelas dengan mempertimbangkan sinonim yang kurang umum digunakan dari LIFO, FILO (berarti First-In-Last-Out). Pada intinya, keduanya adalah kasus khusus dari daftar yang lebih umum (yang dapat diakses di mana saja). Perbedaannya adalah tidak ada dalam daftar (data), tetapi dalam aturan untuk mengakses konten. Satu sub-tipe menambah satu ujung, dan melepaskan dari yang lain, sebaliknya mengambil dan menempatkan sesuatu hanya pada salah satu ujungnya.[1]

Variasi bahasa populer pada pendekatan ad-hoc untuk menghapus item dari antrean telah diciptakan dengan nama OFFO, yang merupakan singkatan On-Fire-First-Out. Antrean prioritas adalah variasi pada antrean yang tidak memenuhi syarat untuk nama FIFO, karena tidak secara akurat menggambarkan perilaku struktur data. Teori antrean mencakup konsep yang lebih umum dari antrean, serta interaksi antara ketat-antrean FIFO.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kruse, Robert L. (1987) [1984]. Data Structures & Program Design (second edition). Joan L. Stone, Kenny Beck, Ed O'Dougherty (production process staff workers) (ed. second (hc) textbook). Englewood Cliffs, New Jersey 07632: Prentice-Hall, Inc. div. of Simon & Schuster. hlm. 150. ISBN 0-13-195884-4. "The definition of a finite sequence immediately makes it possible for us to attempt a definition of a list: A 'list' of terms of type T is simply a finite sequence of elements of the set T. ... The only difference among stacks and queues and more general lists is the operations by which changes or accesses can be made to the list."