Eva Gonzalès

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eva Gonzalès
Eva Gonzalès (1849–1883)
Lahir(1849-04-19)19 April 1849
Paris, Prancis
Meninggal6 Mei 1883(1883-05-06) (umur 34)
Paris, Prancis
KebangsaanPrancis
Dikenal atasLukisan
Karya terkenalUne loge aux Théâtre des Italiens (1874)
Gerakan politikImpresionisme
Suami/istri
Henri Guérard
(m. 1879)
Potret dari Eva Gonzalès, 1869–70, oleh Édouard Manet

Eva Gonzalès (19 April 1849 – 6 Mei 1883) adalah seorang pelukis Prancis yang beraliran Impresionis.

Kehidupan awa[sunting | sunting sumber]

Eva Gonzalès lahir di Paris dan diperkenalkan ke lingkaran sastra dan seni yang canggih sejak usia dini oleh ayahnya, penulis Emmanuel Gonzalès.[1][2] Pada tahun 1865, pada usia enam belas tahun, Eva Gonzales memulai pelatihan profesional dan pelajaran seni di menggambar dari pelukis potret masyarakat Charles Chaplin.[3] Melalui koneksi ayahnya sebagai presiden pendiri Société des gens de lettres, ia bertemu dengan berbagai anggota elit budaya Paris, dan sejak usia muda terpapar ide-ide baru seputar seni dan sastra pada saat itu.[4]

Mahasiswa Edouard Manet[sunting | sunting sumber]

Gonzalès terkenal karena dia memulai sebagai murid artis Édouard Manet pada Februari 1869.[5] Hubungan ini dibentuk oleh ulasan buruk yang diterima Manet tentang karyanya Entri salon, yang membuatnya ragu untuk mendiskusikan karyanya secara terbuka; namun, sesuatu tentang kehadiran Eva membuat Manet keluar dari cangkangnya. Manet dikatakan telah memulai potret dirinya sekaligus, yang selesai pada Maret 1870 dan dipamerkan sebagai Mlle E.G. di Paris Salon pada tahun itu. Sayangnya, pengajuan debutnya ke Salon, juga pada tahun 1870, dibayangi oleh kehadiran potret Manet. Dalam "Potret Eva Gonzales", Manet menggambarkannya bekerja di atas kuda-kuda, tetapi posturnya yang kaku dan gaun mahal jelas tidak cocok untuk menciptakan karya seni. Penggambaran dirinya ini kemungkinan menyebabkan beberapa kritikus menganggapnya hanya sebagai model dekoratif muda yang bekerja dengan pelukis pria mapan yang lebih tua. Gonzalès adalah satu-satunya siswa formal Manet dan juga menjadi model untuk beberapa anggota sekolah Impresionis.[2] Manet's Mlle E.G. Manet dibahas lebih dari oeuvre Gonzals pada retrospektifnya sendiri tahun 1885 dan di Galerie Pameran Daber untuk karyanya pada tahun 1950.[6]

Gaya Gonzales sangat selaras dengan periode Spanyol Manet, sedikit perubahan dibuat selama bertahun-tahun karena bentuk seninya terdiri dari disiplin dengan palet yang sadar. Subyek yang dia pilih untuk digunakan, adalah representasi dari kehidupan sehari-hari, yang sangat terjadi dengan berada di bawah bimbingan Manet.

Selama tahun 1871, Manet mengupayakan penggabungan warna yang lebih cemerlang dan permukaan aktif kaum Impresionis dalam karyanya. Sementara itu, Gonzales memutuskan untuk mempertahankan skema warna netral dan kontur yang tepat dari tahun enam puluhan, sambil membiarkan warna pastelnya lebih lembut yang menciptakan palet yang lebih ringan untuk digunakannya. Karya Gonzales mungkin tidak bisa dibilang inovatif, tetapi tetap menyimpan pesona dan rasa ekspresi pribadi yang tulus yang memberinya nilai signifikan. Terlepas dari asosiasinya sebagai salah satu murid Manet, karyanya masih membawa makna dan kemajuan ke arah yang sangat selaras dengan temperamennya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heller, Nancy G. (1987). Women ArtistsPerlu mendaftar (gratis). New York: Abbeville Press. hlm. 94. 
  2. ^ a b Clement, Russell T.; Houze, Annick; Erbolato-Ramsey, Christiane (2000). The Women Impressionists: A SourcebookAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Westport, CT: Greenwood Press. hlm. 165. 
  3. ^ Gaze, Delia, ed. (1997). Kamus Artis Wanita. Chicago: Fitzroy Dearborn Publishers. hlm. 596–599. 
  4. ^ Fine, Elsa Honig (1978). Wanita & Seni: Sejarah Pelukis dan Pematung Wanita dari Renaisans hingga Abad ke-20. Montclair, NJ: Allanheld & Schram. OCLC 3415319. 
  5. ^ "Edouard Manet, Eva Gonzalès". National Gallery, London. Diakses tanggal 10 October 2016. 
  6. ^ Emmer, Janalee. "Rethinking Self: Eva Gonzalès (1849-1883) On Her Own" (PDF). Ohio Wesleyan University. Diakses tanggal 7 March 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]