European Space Operations Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

European Space Operations Centre (ESOC) berfungsi sebagai pusat kendali misi utama untuk Badan Antariksa Eropa (ESA) dan terletak di Darmstadt, Jerman. Fungsi utama ESOC adalah operasi pesawat ruang angkasa tak berawak atas nama ESA dan peluncuran dan orbit awal fase (Leop) dari ESA dan misi pihak ketiga. Pusat juga bertanggung jawab untuk berbagai kegiatan operasi yang berhubungan dalam ESA dan bekerja sama dengan industri ESA dan mitra internasional, termasuk sistem rekayasa darat, pengembangan perangkat lunak, dinamika penerbangan dan navigasi, pengembangan alat kontrol misi dan teknik dan studi puing-puing ruang.

Kegiatan utama ESOC saat ini terdiri dari operasi planet dan misi matahari, seperti Mars Express dan Rosetta, astronomi & misi fisika dasar, seperti Gaia (pesawat ruang angkasa) dan XMM Newton, dan misi pengamatan bumi seperti CryoSat2 dan Swarm (pesawat ruang angkasa).

ESOC bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengoperasikan dan memelihara Jaringan ESA stasiun darat Tracking Eropa (ESTRACK). Tim di Pusat juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan konsep-konsep canggih kontrol misi dan Space Situational Awareness, dan kegiatan standardisasi yang berkaitan dengan pengelolaan frekuensi; operasi misi; pelacakan, telemetri dan telecommanding; dan puing-puing ruang angkasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]