Eumaios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Odisseus duduk di dekat api ketika Eumaios menemukan Telemakhos di pintu masuk gubuknya. Lukisan oleh Bonaventura Genelli.

Dalam mitologi Yunani, Eumaios (bahasa Yunani Kuno: Εὔμαιος, translit. Eúmaios, har. 'mencari')[1] merupakan budak Odisseus dan gembala babi. Ayahnya, Ktesios, putra Ormenos, adalah raja sebuah pulau bernama Syra (kini Syros di Kyklades), meskipun ada juga dugaan bahwa Eumaios mungkin merujuk ke Sirakusa di pulau Sisilia.[2]

Mitologi[sunting | sunting sumber]

Ketika dia masih kecil, seorang pelaut Fenisia merayu perawatnya, seorang budak, yang setuju untuk membawa anak itu bersama harta lainnya sebagai imbalan atas bantuan mereka dalam pelariannya. Perawat tersebut dibunuh oleh Artemis dalam perjalanan melalui laut, namun para pelaut melanjutkan perjalanan ke Ithaka di mana ayah Odisseus, Laertes, membelinya sebagai budak. Setelah itu dia dibesarkan bersama Odisseus dan saudara perempuannya bernama Ktimene dan dirawat oleh Antikleia, ibu mereka, hampir setara dengan Ktimene.

Dalam karya Homeros berjudul Odisseia, Eumaios adalah orang pertama yang ditemui Odisseus sekembalinya ke Ithaka setelah bertempur dalam Perang Troya. Dia mempunyai empat anjing, 'buas seperti binatang buas', yang melindungi babi-babinya. Meskipun dia tidak mengenali tuan lamanya – Odisseus sedang menyamar – dan merasa was-was, Eumaios memperlakukan Odisseus dengan baik, menawarkan makanan dan tempat tinggal kepada orang yang menurutnya hanyalah orang miskin. Saat didorong untuk menjelaskan dirinya sendiri, Odisseus memutar cerita yang menyimpang, menyesatkan Eumaios sehingga percaya bahwa dia bukan putra Laertes tetapi Kastor.

Penggembala babi menolak untuk menerima jaminan bahwa Odisseus akhirnya dalam perjalanan pulang, meskipun dia mencintainya di atas segalanya (membuatnya sangat getir terhadap para pelamar Penelopeia). Eumaios sudah terbiasa dengan tuntutan seperti itu karena sering terjadi selama Odisseus tidak ada, dan juga karena dia telah disesatkan sebelumnya oleh penipu dari Aitolia. Dia memperingatkan:

Janganlah engkau mencoba memuaskan atau menenangkan hatiku dengan kepalsuan.
Bukan karena alasan itu aku akan menghormati dan menghiburmu, tapi karena
Aku takut pada Zeus, pelindung orang asing, dan kasihan padamu.

Takut kepada dewa, curiga, dan teliti, Eumaios mungkin memberikan contoh sarkasme sastra tertua yang masih ada, ketika setelah Odisseus menawarkan tawaran yang mengharuskan dia dilempar dari tebing jika dia kalah, dia menjawab:

Itu merupakan kebajikan bagiku, kawanku, dan martabat yang baik
jadilah milikku di antara manusia, untuk saat ini dan di akhirat,
jika pertama-tama aku membawamu ke tempat perlindunganku, di sana menjamumu sebagai tamu,
lalu membunuhmu dan merenggut nyawamu.
Lalu dengan riang aku bisa pergi dan berdoa kepada Zeus, putra Kronos.
(XIV.402–6, terjemahan Lattimore)

Eumaios murah hati dalam memberikan persembahan kepada tamu dan dewa (khususnya Hermes) dan berpikiran adil sehingga berusaha membagi makanan secara merata di antara semua orang yang dia beri makan. Aksioma "dewa akan memberi, dan dewa akan mengambil, sesuai dengan kehendaknya, karena dia mampu melakukan apa saja" merangkum filsafat tersebut dengan tepat.

Selama ketidakhadiran tuannya yang lama, Eumaios memperoleh seorang pelayan dari Tafos, bernama Mesaulios, dengan sumber dayanya sendiri yang tampaknya sangat sedikit. Mesaulios berperan sebagai pelayan saat makan malam pertama Ithaka, di gubuk Eumaeus bersama pemiliknya dan rekan-rekan penggembalanya.

Eumaios juga menyambut putra Odisseus bernama Telemakhos, ketika dia kembali dari perjalanannya ke Pylos dan Sparta. Ketika Telemakhos kembali, dia mengunjungi Eumaios segera setelah dia turun dari perahunya, sesuai arahan Athena. Di gubuk Eumaios ada Odisseus yang menyamar. Eumaios menyapa Telemakhos sebagai seorang ayah, mengungkapkan kekhawatirannya yang mendalam saat Telemakhos pergi dan rasa leganya kini telah kembali dengan selamat. Homeros bahkan menggunakan perumpamaan untuk menegaskan kembali hubungan ayah-anak antara Telemakhos dan Eumaios. Dia berkata,

Dan seperti seorang ayah yang penuh kasih sayang memeluk putranya sendiri
Kembalilah dari negeri yang jauh setelah sepuluh tahun yang panjang,
Putra satu-satunya, yang sangat dikasihi dan sangat disesali

(Odisseia, Kitab 16 baris 19–21)

Dengan Odisseus duduk di samping Eumaeus dan Telemakhos, dengan hubungan yang hangat.

Selama pembantaian para pelamar, Eumaios, bersama dengan sesama pelayan Filoitios, membantu Telemakhos dan Odisseus.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Graves, Robert (2017). The Greek Myths - The Complete and Definitive Edition. Penguin Books Limited. hlm. 94. ISBN 9780241983386. 
  2. ^ Samuel Butler (14 April 2015). Delphi Complete Works of Samuel Butler (Illustrated). Delphi Classics. hlm. 3206–. ISBN 978-1-910630-86-0. 
  3. ^ Homer. Odyssey. Trans. Stanley Lombardo. Canada: Hackett Publishing Company, Inc., 2000.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]