Eric Winkel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eric Winkel
Dr. Eric Winkel saat berkunjung ke Bandung, Indonesia (November 2022)
LahirManhattan, Kansas, Amerika Serikat
Nama lainSyu'ayb
PekerjaanPeneliti, penerjemah
Karya terkenalThe Openings Revealed in Makkah (terjemahan dari Futuhat al-Makiyah dalam bahasa Inggris)

Eric Alexander Winkel, dikenal sebagai Dr. Eric Winkel, adalah sarjana muslim yang mendalami ajaran Ibnu ʿArabi. Winkel sudah mengkaji Futūḥāt al-Makīyah selama lebih dari tiga dekade. Sewaktu bekerja sebagai peneliti senior di International Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS) Malaysia, dia mencari korelasi antara ajaran Islam dan sains modern dan meletakkan basis untuk melihat hubungan antara gagasan Ibnu ʿArabi dengan perkembangan fisika dan matematika modern. Sejak 2012 dia mendedikasikan diri untuk menerjemahkan Futūḥāt al-Makīyah karya Ibnu ʿArabi ke bahasa Inggris.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Winkel lahir di Manhattan, Kansas, Amerika Serikat.[2] Pada usia sekitar 12 tahun, keluarganya pindah ke Swiss dan dia menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di Sekolah Internasional Jenewa, Swiss hingga kelas 11.[2] Setelah kembali ke Amerika, pada tahun 1979 dia mengikuti Freshman Honors Program di University of Delaware, Newark selama setahun, sebelum memperoleh gelar BA di bidang Kajian Agama dari Haverford College, Pennsylvania pada tahun 1982. Pada tahun 1985 ia menerima gelar Master dalam Kajian Asia Selatan dari University of Pennsylvania, Philadelphia; dan tiga tahun kemudian, pada 1988, dia memperoleh gelar PhD dalam studi Pemerintahan dan Hubungan Internasional dari University of South Carolina, Columbia.

Perkenalan Winkel dengan Ibn ʿArabī terjadi sejak usia muda ketika dia membaca buku Sufis of Andalusia karya Ralph Austen. Dan sejak saat itu, sejak usia 17 tahun, ia mulai mempelajari karya-karya Ibnu ʿArabi.[3] Tesis doktoralnya yang berjudul "The Ontological Status of Politics in Islam and The Epistemology of Islamic Revival",[4] belakangan menjadi monografnya yang berjudul "Islam and the Living Law: The Ibn al-'Arabi Approach".

Sejak 2012 ia memulai Futuhat Project, yakni proyek penerjemahan lengkap kitab Futūḥāt al-Makīyah ke dalam bahasa Inggris, yang dia beri judul "The Openings Revealed in Makkah".[5] [1] Futūḥāt al-Makīyah adalah magnum opus Ibn ʿArabi yang memuat lebih dari 10.000 halaman; dan hingga saat ini (akhir 2022) Winkel sudah mempublikasikan 4 volume terjemahan bahasa Inggris Futūḥāt dari rencana 19 volume.

Pada masa lockdown akibat pandemi Covid-19 (2020–2022), Dr. Winkel mengadakan kajian mingguan tentang Ibnu ʿArabi yang direkam dan dirilis di YouTube. Rangkaian ceramahnya bisa dilihat di youtube sebagai "Insights from (Muhyiddin) Ibn ʿArabi". Kajian mingguan ini menginspirasi penerbitan buku "An Illustrated Guide to Ibn Arabi" pada tahun 2022.

Karir Akademik[sunting | sunting sumber]

  • 2012–sekarang: Pengkaji Ibnu ʿArabi, yang bekerja penuh untuk Futuhat Project.
  • 2012–2012: Senior Fulbright Scholar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, Medan, Indonesia.
  • 2010–2012: Senior Research Fellow di Institute of Advanced Islamic Studies (IAIS), Kuala Lumpur, Malaysia.
  • 2008–2009: Anggota Fakultas Asing di National College of Arts Lahore, Pakistan.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • The Openings Revealed in Makkah (4 jilid, penerjemah dan komentator). New York: Pir Press, 2020–2022.
  • An Illustrated Guide to Ibn Arabi. New York: Pir Press, 2022.
  • Envisioning the Future: An Islamic Perspective of Visions of the Future; Kuala Lumpur, 2011.
  • Educational Philosophy in Malaysia. Monograf. Kuala Lumpur: Universitas Malaya, 2006.
  • Damascus Steel (sebuah novel). CAR&D, 2001.
  • Islam and the Living Law: The Ibn ʿArabi Approach. Karachi: Oxford University Press, 1997.
  • Mysteries of Purity: Ibn al-'Arabi's Asrar al-Taharah (terjemahan dari bagian Futūḥāt al-Makīyah). Notre Dame: Cross-Cultural Publications, 1995.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "About the Translator". The Futuhat Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal December 3, 2022. 
  2. ^ a b "Winkel, Eric Abu Munir". The American Muslim (TAM). October 24, 2005. Diakses tanggal December 3, 2022. 
  3. ^ "The Futūḥāt Project". The Muhyiddin Ibn Arabi Society (MIAS). Diakses tanggal December 3, 2022. 
  4. ^ "The ontological status of politics in Islam and the epistemology of Islamic revival". WorldCat. 1988. Diakses tanggal December 3, 2022. 
  5. ^ "Dr. Eric Winkel". American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Diakses tanggal December 3, 2022.