Eric Cartman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Eric Cartman
Tokoh South Park
Penampilan pertama Jesus vs. Frosty (singkat)
"Cartman Gets an Anal Probe" (South Park)
Pencipta Trey Parker
Matt Stone
Pengisi suara Trey Parker
Informasi
Nama lengkap Eric Theodore Cartman
Alias The Coon
Spesies Manusia
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Pelajar
Keluarga Liane Cartman (ibu)
Jack Tenorman (ayah)
Scott Tenorman (saudara tiri)
Kekasih Heidi Turner (pacar)
Kebangsaan Amerika Serikat
Pendidikan SD South Park
Kediaman South Park, Colorado

Eric Theodore Cartman, seringkali dijuluki Cartman, [1] adalah salah satu dari empat tokoh utama dalam serial televisi animasi South Park. Tokoh ini diciptakan oleh Matt Stone dan Trey Parker, sementara pengisi suaranya adalah Trey Parker. Tiga tokoh utama lainnya dalam serial South Park adalah tiga temannya yang bernama Stan Marsh, Kyle Broflovski, dan Kenny McCormick. Cartman pertama kali muncul dengan nama "Kenny" dalam animasi singkat tahun 1992 yang berjudul Jesus vs. Frosty, dan animasi singkat pada tahun 1995 yang berjudul Jesus vs. Santa. Ia pertama kali muncul di televisi dalam episode pertama South Park, "Cartman Gets an Anal Probe", pada tanggal 13 Agustus 1997.

Cartman adalah seorang siswa sekolah dasar yang tinggal dengan ibunya di kota South Park, Colorado. Ia adalah tokoh yang gemuk, agresif, penuh dengan prasangka, arogan, dan narsis. Stone dan Parker mendeskripsikan tokoh ini sebagai "Archie Bunker kecil". Sifat-sifat ini menjadi semakin parah seiring berjalannya waktu, dan Cartman mulai menunjukkan perilaku psikopat, sosiopat dan manipulatif. Ia juga sebenarnya sangat cerdas karena mampu mewujudkan rencana-rencana dan bisnis-bisnisnya, walaupun rencana-rencana tersebut seringkali tidak bermoral.

Cartman dianggap sebagai tokoh South Park yang paling populer.[2][3][4] Parker dan Stone menyatakan bahwa Cartman adalah tokoh favorit mereka. Serial South Park sendiri telah memperoleh pujian maupun cacian akibat perilaku Cartman yang tidak mengindahkan isu-isu sensitif (termasuk isu SARA). TV Guide telah menempatkan Cartman pada urutan ke-10 dalam daftar "50 Tokoh Kartun Terbesar" pada tahun 2002.[5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Roger Ebert Should Lay Off the Fatty Foods". 2 Feb 1998. Diakses tanggal 6 June 2011. @ 13:00
  2. ^ Rovner, Julie (April 5, 2008). "Eric Cartman: America's Favorite Little $@#&*%". NPR. Diakses tanggal July 22, 2013. 
  3. ^ McKee, Ryan. "Top 10: Cartman Moments". AskMen. Diakses tanggal July 22, 2013. 
  4. ^ Ramsey Isler; Jesse Schedeen (2014-02-28). "The Top 25 South Park Characters". IGN. hlm. 5. Diakses tanggal 2014-03-19. 
  5. ^ "TV Guide's 50 greatest cartoon characters of all time". CNN. 2002-07-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-03-20. Diakses tanggal 2007-08-25. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]