Enuma anu enlil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Enuma Anu Enlil (U 4 AN.na d EN.LÍL.lá, lit. Ketika [para dewa] Anu dan Enlil), disingkat EAE, adalah seri utama dari 68 atau 70 tablet (tergantung pada recension) berurusan dengan astrologi Babilonia . Sebagian besar pekerjaan adalah kumpulan besar pertanda , diperkirakan berjumlah antara 6500 dan 7000, yang menafsirkan berbagai fenomena langit dan atmosfer dalam hal yang relevan dengan raja dan negara.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Enuma Anu Enlil adalah sumber utama pertanda yang digunakan dalam laporan astrologi reguler yang dikirim ke raja Neo-Asyur oleh rombongan sarjananya. Ada lebih dari 500 laporan semacam itu yang diterbitkan dalam volume 8 Arsip Negara Asyur. Sebagian besar laporan ini hanya mencantumkan pertanda relevan yang paling menggambarkan peristiwa langit baru-baru ini dan banyak yang menambahkan komentar penjelasan singkat mengenai interpretasi pertanda untuk kepentingan raja.

Sebuah laporan khas berurusan dengan penampilan pertama bulan pada hari pertama bulan dicontohkan oleh Laporan 10 dari volume 8 Arsip Negara:

Jika bulan terlihat pada hari pertama: pidato yang dapat diandalkan; tanah akan bahagia. Jika hari mencapai panjang normalnya: pemerintahan hari-hari yang panjang. Jika bulan pada penampilannya memakai mahkota: raja akan mencapai peringkat tertinggi. Dari Issar-šumu-ereš. : 10 

Serial ini mungkin dikompilasi dalam bentuk kanoniknya selama periode Kassite (1595–1157 SM) tetapi tentu saja ada beberapa bentuk prototipe Enuma Anu Enlil saat ini pada periode Babilonia Lama (1950–1595 SM). Ini terus digunakan hingga milenium pertama, salinan terbaru yang dapat didata ditulis pada tahun 194 SM. Dipercaya bahwa 49 tablet pertama ditransmisikan ke India pada abad ke-4 atau ke-3 SM dan bahwa tablet terakhir yang berhubungan dengan bintang-bintang juga telah tiba di India tepat sebelum dimulainya era umum.

Isi[sunting | sunting sumber]

Seluruh seri belum sepenuhnya direkonstruksi dan banyak celah dalam teks masih terlihat. Masalahnya diperumit oleh fakta bahwa salinan dari tablet yang sama sering berbeda dalam isinya atau diatur secara berbeda — fakta yang telah membuat beberapa sarjana percaya bahwa ada hingga lima versi yang berbeda dari teks saat ini di berbagai bagian Zaman Kuno. Dekat timur. : 76–82 

Subyek dari tablet Enuma Anu Enlil terungkap dalam pola yang mengungkapkan perilaku bulan pertama, fenomena matahari, diikuti oleh aktivitas cuaca lainnya, dan akhirnya perilaku berbagai bintang dan planet.

13 tablet pertama membahas kemunculan pertama bulan pada berbagai hari dalam sebulan, hubungannya dengan planet dan bintang, dan fenomena seperti lingkaran cahaya bulan dan mahkota. Pertanda dari bagian ini, seperti yang dikutip di atas, adalah yang paling sering digunakan di seluruh korpus. Bagian ini dibingkai oleh tablet 14, yang merinci skema matematika dasar untuk memprediksi visibilitas bulan.

Tablet 15 sampai 22 didedikasikan untuk gerhana bulan. Ini menggunakan banyak bentuk pengkodean, seperti tanggal, jam malam dan kuadran bulan, untuk memprediksi wilayah dan kota mana yang diyakini terpengaruh oleh gerhana.

Tablet 23 hingga 29 membahas penampakan matahari, warnanya, tanda-tandanya, dan hubungannya dengan kumpulan awan dan awan badai ketika terbit. Gerhana matahari dieksplorasi dalam tablet 30 hingga 39.

Tablet 40 sampai 49 membahas tentang fenomena cuaca dan gempa bumi, perhatian khusus ditujukan pada terjadinya guntur.

20 tablet terakhir didedikasikan untuk bintang dan planet. Tablet-tablet ini secara khusus menggunakan bentuk pengkodean di mana nama-nama planet diganti dengan nama-nama bintang dan rasi bintang tetap.

Publikasi seri[sunting | sunting sumber]

Saat ini kurang dari setengah dari seri tersebut telah diterbitkan dalam edisi bahasa Inggris modern. Tablet gerhana bulan (tablet 15–22) ditransliterasikan dan diterjemahkan dalam Aspects of Babylonian Celestial Divination , oleh F. Rochberg-Halton, 1989. Pertanda matahari (tablet 23–29) diterbitkan sebagai The Solar Omens of Enuma Anu Enlil diedit oleh W. Van Soldt, 1995. Dan beberapa tablet tentang pertanda planet diterbitkan oleh E. Reiner dan H. Hunger dengan judul Babylonian Planetary Omens volume 1-4. Bagian pertama dari pertanda bulan (tablet 1–6) telah diterbitkan dalam bahasa Italia oleh L. Verderame, Le tavole I–VI della serie astrologica Enuma Anu Enlil , 2002. Tablet 44-49 diterbitkan oleh E. Gehlken dalam Weather Omens dariEnūma Anu Enlil : Badai Petir, Angin, dan Hujan (Tablet 44–49) (Leiden: Brill, 2012).