Ensiklopedia Winkler Prins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Edisi terbaru Ensiklopedia Winkler Prins

Ensiklopedia Winkler Prins adalah ensiklopedia berbahasa Belanda.[1] Nama ensiklopedi ini berasal dari nama pendirinya, yaitu Antony Winkler Prins (1817-1908), seorang penyair dan pendeta Belanda.[1][2] Ensiklopedia ini mempunyai 9 edisi.[2] Edisi pertama terbit pada tahun 1870 dengan 6 jilid dan ditulis dengan mengikuti model Ensiklopedia Brockhaus (Ensiklopedia Jerman).[3] Selanjutnya Ensiklopedia Winkler Prins berkali-kali dicetak ulang dan diperluas menjadi 18 jilid.[1] Edisi terakhir diterbitkan dalam 26 jilid.[2] Edisi terakhir ini berjudul De Grote Winkler Prins.[2] Edisi tersebut merupakan karya paling komprehensif yang diterbitkan di banyak negara dan mengandung lebih dari 200.000 artikel dan referensi.[2] Selain itu, terbit pula Algemene Winkler Prins (14 jilid), Winkler Prins Jaarboek dan jilid-jilid tambahan untuk ensiklopedia yang sudah ada.[1] Editor Ensiklopedia Winkler Prins diantaranya adalah Frits Staal dan G.B.J. Hiltermann. Mereka adalah seorang cendekiawan terkemuka dan wartawan.[2] Saat ini Ensiklopedia Winkler Prins bisa diakses secara online dengan cara berlangganan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Ichtiar Baru Van Hoeve; Hassan Shadily. Ensiklopedia Indonesia, Jilid 7 (edisi khusus). Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve. 
  2. ^ a b c d e f g "Winkler Prins". Diakses tanggal 17 Juni 2014. 
  3. ^ Pekka Kujamäki (2011). Beyond Borders: Translations Moving Languages, Literatures and Cultures. Frank & Timme GmbH. hlm. 126. ISBN 3865963560.