End Poverty in California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Upton Sinclair pada tahun 1900

End Poverty in California (EPIC) adalah kampanye politik yang dimulai pada tahun 1934 oleh penulis sosialis Upton Sinclair (paling dikenal sebagai penulis The Jungle). Gerakan ini menjadi dasar kampanye Sinclair untuk Gubernur California pada tahun 1934. Rencana tersebut menyerukan program pekerjaan umum besar-besaran, reformasi pajak besar-besaran, dan jaminan pensiun. Gerakan ini memperoleh dukungan rakyat yang besar, dengan ribuan orang bergabung dengan Liga Pengentasan Kemiskinan di seluruh negara bagian. EPIC tidak pernah membuahkan hasil karena kekalahan Sinclair pada pemilu 1934, namun dipandang sebagai pengaruh terhadap program New Deal yang diberlakukan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt.

Rencana[sunting | sunting sumber]

Sinclair memaparkan visinya untuk EPIC dalam bukunya tahun 1933 Saya, Gubernur California, dan Bagaimana Saya Mengakhiri Kemiskinan: Kisah Nyata Masa Depan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sinclair, Upton (1933). I, Governor of California, and How I Ended Poverty: A True Story of the Future. New York: Farrar & Rinehart. OL 23128567M.