Emnilda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Emnilda dari Lusatia
Permaisuri Polandia
PasanganBolesław I sang Pemberani
BapakDobromir dari Lusatia
Lahirskt. 970–975
Slovenia
Meninggal1017
Kraków

Emnilda bahasa Polandia: Emnilda słowiańska yang lahir di Slovenia, sekitar 970–975, meninggal di Kraków, 1017),[1] merupakan seorang puteri Slavia dan melalui pernikahan Adipati Wanita Polandia. Ayahandanya bernama Dobromir, pemimpin Slavia di Lusatia dan Milsko, yang disebut yang mulia (yang diduga artinya adalah "pangeran) oleh Thietmar dari Merseburg.[2]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan di antara Emnilda dan pewaris takhta Polandia, Bolesław I Chrobry, dilangsungkan pada sekitar tahun 987. Pernikahan ini merupakan pernikahan yang ketiga bagi pangeran muda tersebut: kedua istri sebelumnya, putri Markgraf Rikdag dari Meißen (mungkin disebut Hunilda atau Oda) dan puteri Hungaria Judyta Węgierska, diabaikan setelah beberapa tahun menikah, tetapi keduanya menghasilkan keturunan dengan Bolesław, seorang putri dan seorang putra, Bezprym. Selama pernikahannya, Emnilda memberikan suaminya 5 orang anak, 2 orang putra (calon Mieszko II Lambert dan Otto) dan tiga orang putri, salah satu dari mereka adalah seorang biarawati dan kedua putri lainnya, Regelinda dan yang lainnya tidak diketahui namanya, menjadi Margravine Meißen dan Puteri Agung Kiev.

Dinyatakan bahwa Emnilda memiliki pengaruh yang hebat atas suaminya, dan mungkin juga pada urusan-urusan negara. Ia barangkali menemani Bolesław I kepertemuan Merseburg pada tanggal 23 Mei 1013 dan mungkin ia secara aktif mempromosikan pengakuan putranya Mieszko sebagai seorang pengikut Kaisar untuk pemerintahannya atas Moravia. Sebuah kenyataan yang mengancam hak-hak suksesi putra sulung Bolesław I Bezprym, yang pada akhirnya dikecualikan demi adik tirinya.

Ia disebutkan oleh Gallus Anonymus dan Thietmar dari Merseburg; keduanya adalah penulis kronik yang mencatat bahwxa ia merupakan seorang wanita yang bijak dan mempesona.

Tanggal pasti kematian Emnilda tidak diketahui, tetapi dianggap hal ini terjadi setidaknya pada tahun 1017, atau, sepertinya, pada akhir tahun 1016, karena pada tanggal 3 Februari 1018 Bolesław I menikahi istri keempatnya dan yang terakhir, Oda dari Meißen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rootsweb.com
  2. ^ Barański, Marek Kazimierz (2008). Dynastia Piastów w Polsce. Warsaw: Wydawnictwo Naukowe PWN. hlm. 51, 60. ISBN 9788301148164. 
Emnilda
Lahir: sekitar 970–975 Meninggal: 1017
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Oda dari Haldensleben
Permaisuri Polandia
992–1017
Diteruskan oleh:
Oda dari Meißen