Emiratisasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emiratisasi adalah prakarsa pemerintah Uni Emirat Arab untuk mempekerjakan warganya dengan cara yang berarti dan efisien di sektor publik dan swasta.[1][2]

Meskipun program ini telah dijalankan selama lebih dari satu dekade dan hasilnya dapat dilihat di sektor publik, sektor swasta masih tertinggal dengan penduduk hanya mewakili 0,34% dari tenaga kerja sektor swasta.[3] Di tempat kerja UEA, perlakuan yang jauh lebih baik diberikan kepada warga Emirat daripada imigran. Dan karena pembayaran jaminan sosial pemerintah, banyak penduduk setempat lebih suka tidak bekerja di pekerjaan kasar. Namun, pengangguran meningkat dan di Abu Dhabi sebanyak 11,6 persen warga Emirat menganggur.[4]

Meskipun ada kesepakatan umum tentang pentingnya Emiratisasi untuk alasan sosial, ekonomi dan politik, ada juga beberapa anggapan mengenai dampak lokalisasi terhadap efisiensi organisasi. Belum diketahui apakah, dan sejauh mana, pekerjaan warga negara menghasilkan keuntungan bagi MNE yang beroperasi di Timur Tengah. Penelitian terbaru memperingatkan bahwa lokalisasi tidak selalu menguntungkan bagi perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, dan keefektifannya bergantung pada sejumlah faktor kontinjensi.[5][6]

Namun pada bulan Desember 2009, dampak positif warga UEA di tempat kerja diidentifikasi dalam sebuah artikel surat kabar yang mengutip sebuah studi yang belum dipublikasikan,[7] keunggulan ini adalah penggunaan jaringan dalam struktur kekuasaan yang berkembang.

Secara keseluruhan, serapan di sektor swasta tetap rendah terlepas dari investasi yang signifikan dalam pendidikan, yang telah mencapai tingkat rekor dengan pendidikan sekarang mencapai 22,5% – atau $2,6 miliar – dari keseluruhan anggaran yang direncanakan untuk tahun 2010.[8] Berbagai prakarsa pemerintah secara aktif mempromosikan Emiratisasi dengan melatih siapa pun mulai dari putus sekolah hingga lulusan keterampilan yang dibutuhkan untuk - pada dasarnya Barat - lingkungan kerja UEA, prakarsa ini termasuk Tawteen UEA,[9] ENDP[10] atau Abu Dhabi Tawteen Council.[11]

Selain mensponsori prakarsa pendidikan secara langsung, Emirates Foundation for Philanthropy[12] mendanai prakarsa penelitian besar ke Emirat melalui hibah penelitian kompetitif, yang memungkinkan universitas seperti Universitas Uni Emirat Arab atau Sekolah Pemerintahan Dubai untuk membangun dan menyebarluaskan keahlian tentang topik tersebut.

Para akademisi yang mengerjakan aspek-aspek Emiratisasi antara lain Ingo Forstenlechner dari Universitas Uni Emirat Arab, Kasim Randeree dari British University of Dubai, Paul Knoglinger dari FHWien, Marie-France Waxin dari American University of Sharjah. Lebih luas lagi, Sidani dan Al Ariss baru-baru ini menerbitkan salah satu studi pertama tentang Manajemen Bakat di kawasan Teluk Persia, termasuk isu lokalisasi yang diterbitkan dalam Journal of World Business.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gulf News - New emiratisation drive Diarsipkan 2009-02-03 di Wayback Machine.
  2. ^ Gulf News - Call for cautious Emiratisation Diarsipkan 2009-03-16 di Wayback Machine.
  3. ^ Kerr, S. and A. England (2009). UAE to safeguard jobs of nationals. Financial Times. London
  4. ^ "Emiratisation won't work if people don't want to learn - The National". Diakses tanggal 23 February 2017. 
  5. ^ Mellahi, K. (2007). The effect of regulations on HRM: private sector firms in Saudi Arabia. International Journal of Human Resource Management, 18(1): 85-99.
  6. ^ Forstenlechner, I. (2010). "Workforce localization in emerging Gulf economies: the need to fine-tune HRM." Personnel Review 39(1): 135-152.
  7. ^ "The National - Latest US news, sport & opinion". www.thenational.ae. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-06. 
  8. ^ UAEINTERACT. "UAE Interact, United Arab Emirates information, news, photographs, maps and webcams". Diarsipkan dari versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 10 February 2017. Diakses tanggal 23 February 2017. 
  9. ^ "UAETAW TEEN - Education Gets Better". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2017. Diakses tanggal 23 February 2017. 
  10. ^ ":: Emirates Nationals Development Programme". Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2015. Diakses tanggal 23 February 2017. 
  11. ^ http://www.tawteencouncil.ae Diarsipkan 2011-06-28 di Wayback Machine.
  12. ^ "Welcome to Emirates Foundation". Diakses tanggal 23 February 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]