Elvis: What Happened?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elvis: What Happened?
Berkas:Elvis, What Happened? (Book Cover).jpeg
PengarangSteve Dunleavy
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
PenerbitBallantine Books
Tanggal rilisMei 1977 (Inggris)
Juli 1977 (Amerika Serikat)
Jenis mediaCetak (Sampul kertas)
Halaman332 pp
ISBN0-3452-7215-3

Elvis: What Happened? adalah sebuah buku tentang kehidupan pribadi penyanyi Elvis Presley. Buku tersebut, yang berdasarkan pada catatan pribadi tiga mantan penjaga Elvis, memberikan penjelasan soal ketergantungan obat-obatan yang dialami oleh penyanyi tersebut. Kematiannya, hanya dua pekan setelah buku tersebut diterbitkan pada Juli 1977, membuat karya tersebut menjadi topik hangat dan terjual lebih dari 3 juta buah.

Para penjaganya, Robert Gene West, sepupunya Sonny West, dan David Hebler, telah dipecat, resminya untuk alasan menyelamatkan biaya, tetapi pada masa itu, beberapa orang menduganya karena mereka sangat mengkritik makin meningkatnya ketergantungan Elvis terhadap berbagai obat-obatan. Dengan bantuan dari wartawan Steve Dunleavy, mereka memproduksi memoir pengisahan yang mereka klaim merupakan persahabatan yang hangat, ketimbang dengan tujuan mencari uang. Sejak penyanyi tersebut wafat, kebanyakan klaimnya dinyatakan akurat.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 1976, Red dan Sonny West, bersama dengan Dave Hebler, dipecat oleh ayah Presley, Vernon, dari pekerjaan mereka sebagai penjaga keamanan untuk penyanyi tersebut.[1] Red telah mengenal Presley sejak mereka masuk perguruan tinggi bersama, dan telah menjadi teman yang sangat dekat dengannya. Ia menjadi bagian dari lingkar dalam Presley pada 1955, bertindak sebagai supir, penjaga keamanan dan teman.[2] Sonny, sepupu Red, pertama kali bertemu Presley pada awal 1958 dan mulai bekerja untuknya pada 1960 setelah Presley kembali pentas setelah cuti dua tahun untuk memasuki Angkatan Darat Amerika Serikat.[2] Hebler, yang bertama kali bertemu Presley pada 1972, kemudian diangkat menjadi anggota tim keamanan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Victor, Adam, The Elvis Encyclopedia, p.140/141.
  2. ^ a b Victor, Adam, The Elvis Encyclopedia, p.572-574.
  3. ^ Victor, Adam, The Elvis Encyclopedia, p.228