Elly Tran Ha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elly Tran Ha
LahirNguyễn Kim Hồng
Nama lainElly Trần Hà
Elly Nguyễn
Elly Kim Hồng
PekerjaanAktris
Foto model
Tinggi1,70 m (5 ft 7 in)[1]
Berat47 kg (104 pon)
Situs webellytran.com
EtnisVietnam
Suara Elly Tran Ha

Elly Tran Ha (Elly Kim Hong atau Nguyễn Kim Hồng, lahir di Kota Ho Chi Minh, 6 Agustus 1987; umur 33 tahun) adalah seorang model, idola gravure dan aktris Vietnam.[3] Pada tahun 2011, untuk pertama kalinya, Elly berperan dalam film horor berjudul Bóng Ma Học Đường yang dibuat dalam format 3 dimensi.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Elly Tran lahir pada 6 Agustus 1987 di kota Ho Chi Minh.[4]Sebagian besar hidupnya, Elly Tran tinggal dan bekerja di Kota Ho Chi Minh.

Sebagai seorang anak muda, Elly mencintai kegiatan yang berkaitan dengan seni. Ketika baru saja lulus dari SMA, Elly ingin mendaftar peran dan telah belajar beberapa akting. Tapi keluarga mengkhawatirkan hal itu dan keluarga telah menentang keputusannya. Akhirnya, Elly bersekolah di jurusan Pariwisata atas keputusan ayahnya. Elly mencintai fotografi, sering berpose untuk foto dengan keluarga dan teman-temannya.[5]

Gambar-gambar Elly mulai tersebar dan menyebabkan kegemparan di media sosial. Keindahan tubuhnya dan kecantikan wajahnya menjadi fenomena dalam waktu yang singkat. Ia lebih banyak dikenal, dan juga membuka banyak peluang baginya untuk membawa gairah seninya dalam bentuk fotografi. Elly juga menjadi model untuk Studio foto, majalah, dan situs online para remaja.[6]

Pada tahun 2012, Elly pernah berkunjung ke Indonesia untuk mempromosikan peluncuran game online RAN Return. Saat di Bandara, ia disambut oleh Dwi Andhika. Setelah mempromosikan game tersebut, Elly pun diajak berkeliling Indonesia seperti ke Bali dan kota-kota besar.

Popularitas[sunting | sunting sumber]

Elly terkenal karena memiliki tubuh yang indah dan keaktifannya dalam mengunggah foto ke instagram. Hal ini yang pertama kali membuatnya terkenal di berbagai media sosial.[7] Setelah ia banyak diperbincangkan di media sosial, ia mulai dilirik oleh banyak studio foto untuk menjadi model. Popularitas ia semakin bertambah seiring banyaknya foto seksinya yang diunggah ke internet. Elly pun juga mulai tertarik bermain film dan beberapa iklan.[8] Karena kepopulerannya tersebut, meciptakan angin segar bagi sektor pariwisata di Vietnam. Elly bahkan menjadi keyword pencarian terpopuler di Korea Selatan pada tahun 2013.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Foto-fotonya yang tersebar di Internet menimbulkan kontroversi. Banyak orang-orang kurang mempercayai apakah payudara Elly benar-benar asli dan sebesar itu. Banyak yang mengatakan bahwa, gambar-gambarnya di internet merupakan editan komputer, dan ada pula yang mengatakan bahwa payudaranya merupakan hasil operasi implan. Beberapa saat setelah itu, teman Elly yaitu Tra Ngoc Hang (yang juga model gravure) berkomentar: "Elly dan saya tinggal dalam satu apartemen bersama-sama selama lebih dari setahun dan kami mandi bersama-sama beberapa kali. Jadi saya bisa mengatakan bahwa payudaranya pasti asli dan nyata". Tra Ngoc Hang mengatakan ketika ia berada di kelas 10, keluarganya bertemu kesulitan keuangan dan memutuskan untuk mengirim dia dari Ca Mau untuk hidup dengan kerabat di Kota Ho Chi Minh. Namun, dia hanya tinggal dengan kerabatnya selama beberapa bulan sebelum berangkat untuk menyewa tempat dengan Elly Tran. Pengalamannya itu yang membuat ia semakin percaya bahwa payudara Elly benar-benar asli.[9]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Karena kecantikannya dan bakat aktingnya, sebuah perusaan Film asal Thailand mengajaknya bermain sebuah film pada tahun 2010. Elly setuju dan mengikuti casting. Setelah penayangan perdana filmya, Elly dianggap pandai berakting. Akhirnya, setahun kemudian ia diajak bermain film Bóng ma học đường di Vietnam. Berikut judul film yang pernah dibintangi Elly:

Tahun Judul Peran Catatan
2010 That Sounds Good - Rao Song Sam Khon Gadis Vietnam[10] Film Thailand
2011 Bóng ma học đường (Hantu sekolah) Nana Ly[11]
2011 Sài Gòn Yo! (Saigon Yo!) Hoa[12]
2011 Khát vọng thượng lưu An[13]
2011 Ngọc Trai (Mutiara)
2012 Tiểu thư vào bếp (Nyonya Dapur) Thiên Kim
2012 Những cô nàng độc thân làm mẹ Kim Hiền
2012 Hoa cúc xanh Giáng My[14]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • "Aktris TV Terbaik" tahun 2012 di Golden Kite Award

Referensi[sunting | sunting sumber]