Elisabeth dari Vermandois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elisabeth
Comtesse Vermandois
PasanganPhilippe I dari Flandria
Keluarga bangsawanWangsa Kapetia Vermandois
BapakRaoul I dari Vermandois
IbuPétronille d'Aquitaine
Lahir1143
Meninggal28 Maret 1183
Arras, Prancis

Elisabeth dari Vermandois juga dikenal sebagai Isabelle Mabile atau Isabelle de Vermandois (1143 – Arras 28 Maret 1183) merupakan Comtesse Vermandois yang bertakhta dari tahun 1168 hingga 1182, dan juga Comtesse Flandria dengan pernikahan Philippe I, Comte Flandria. Dia adalah putri sulung Raoul I, Comte Vermandois dan suami keduanya Petronille dari Aquitaine.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Elisabeth secara keseluruhan merupakan anak kedua dari ayahandanya; dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugues yang merupakan pewaris ayahanda mereka, dari pernikahan pertamanya dengan Eléonore dari Champagne karena itu Elisabeth berada di baris kedua untuk mewarisi county. Ketika Elisabeth berusia dua tahun, ia bergabung dengan seorang saudara yang juga bernama Raoul; ini mendorong Elisabeth kembali ke baris ketiga. Sekitar tiga tahun kemudian, Elisabeth mendapatkan adinda yang lain, Eléonore.

Ibunda Elisabeth, Petronille adalah saudari Aliénor dari Aquitaine, permaisuri ratu dari Prancis dan Inggris selama masa hidupnya, ini membuat Elisabeth sepupu pertama baik Richard I dari Inggris dan John dari Inggris.

Raoul telah menceraikan istri pertamanya Eléonore, tetapi pernikahannya dengan Petronille telah dianggap tidak sah oleh Paus Innosensius II, pernikahan itu kemudian disahkan oleh Paus Selestinus II sehingga memungkinkan Isabelle Mabile mewarisi. Namun, Raoul menceraikan Petronille pada tahun 1151 kemudian menikah lagi tahun berikutnya dengan Laurette, putri Thierry, Comte Flandria.

Masa dewasa[sunting | sunting sumber]

Peta Prancis dari tahun 1180, Vermandois berada di Utara Timur

Pada tanggal 14 November 1152, ayahanda Elisabeth meninggal dan Hugues dijadikan Comte Vermandois; oleh karena itu, Elisabeth kembali ke barisan kedua. Pada tahun 1159, Elisabeth yang berusia enam belas tahun menikah dengan Philippe I, Comte Flandria.[1][2] Tahun berikutnya, saudara Elisabeth Raoul menikahi saudari Philippe suster Marguerite. Pada tahun yang sama, Hugues turun dari jabatannya sebagai comte untuk menjadi seorang biarawan; oleh karena itu, Raoul menggantikannya sebagai comte, Elisabeth kemudian dipromosikan ke baris pertama, saudarinya Eleonore di baris kedua.

Pada tahun 1167,[3] saudara Elisabeth Raoul meninggal karena kusta. Ketika pernikahannya dengan Marguerite terbukti tanpa anak, Elisabeth mewarisi County Vermandois,[4] yang ia perintah bersama suaminya; ini mendorong otoritas Flemish lebih jauh ke selatan, dan mengancam untuk sepenuhnya mengubah keseimbangan kekuasaan di Prancis utara.

Philippe dan Elisabeth tidak memiliki keturunan. Pada tahun 1175, Philippe memergoki Elisabeth berzinah[5][6] dan membuat kekasihnya, Gautier de Fontaines, dipukuli sampai mati. Philippe kemudian memperoleh kendali penuh atas tanahnya di Vermandois dari Raja Louis VII dari Prancis. Pada tahun 1177, ketika Philippe berangkat ke Tanah Suci, ia menunjuk saudarinya Marguerite dan suami keduanya, Baudouin V, Comte Hainaut, sebagai ahli warisnya.

Elisabeth meninggal di Arras pada tanggal 28 Maret 1183 berusia tiga puluh atau empat puluh sembilan tahun, mendorong Raja Philippe II dari Prancis untuk merebut Vermandois atas nama saudarinya, Eleonore, yang menggantikannya. Elisabeth dimakamkan di Katedral Amiens.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Annales Blandinienses 1157, MGH SS V, p. 29.
  2. ^ John W. Baldwin, The Government of Philip Augustus: Foundations of French Royal Power in the Middle Ages, (University of California Press, 1986), 15.
  3. ^ "Women in power 1150-1200". Guide2womenleaders.com. Diakses tanggal 2015-05-03. 
  4. ^ Flandria Generosa (Continuatio Bruxellensis), MGH SS IX, p. 325.
  5. ^ Gislebertus (of Mons), Chronicle of Hainaut, transl. Laura Napran, (The Boydell Press, 2005), 34 note138.
  6. ^ Ex Radulfi de Diceto imaginibus historiarum, RHGF XIII, p. 198.
  7. ^ Medieval Lands
Didahului oleh:
Raoul
Comtesse Vermandois
1168–1182 dgn Philippe
Diteruskan oleh:
Eléonore ditentang oleh Philippe