Eleni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eleni, putri Alypius (bahasa Yunani: Ελένη) merupakan seorang permaisuri Bizantium sebagai istri dari Kaisar Bizantium Kōnstantinos VIII.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sangat sedikit yang diketahui tentang dirinya, karena ia hanya disebutkan secara singkat dalam Chronographia dari Michael Psellos, diikuti dalam karya-karya Ioannes Skylitzes dan Zonaras.[1] Psellos menulis tentang dia hanya itu:

"Konstantinos saat masih muda, telah menikahi seorang wanita bernama Eleni. Dia adalah seorang putri dari Alypius yang terkenal, kemudian tokoh terkemuka di kota dan anggota keluarga bangsawan yang memiliki reputasi tinggi. Wanita ini, yang tidak hanya cantik tetapi juga berbudi luhur, memberinya tiga orang putri sebelum dia meninggal."[2]

Terlepas dari referensi ini di Psellos, ayahandanya Alypius (Αλυπίου) dinyatakan tidak dikenal.[3] Pernikahan itu mungkin terjadi pada sekitar tahun 976, dan Eleni meninggal pada suatu saat yang tidak diketahui, tampaknya jauh sebelum suaminya menjadi satu-satunya kaisar pada tahun 1025.[1] Sejarahwan Gunther G. Wolf berteori bahwa dia meninggal dunia pada sekitar tahun 989, mungkin selama kelahiran putri ketiganya.[1]

Tiga putri mereka adalah:[1]

  • Eudokia (Ευδοκία). Putri sulung. Menurut Chronographia "di masa kecil dia telah diserang oleh beberapa penyakit menular, dan penampilannya telah dirusak sejak itu".[4] Dia kemudian menjadi seorang biarawati.
  • Zoe Porphyrogenita.
  • Theodora.

Pada saat pernikahan mereka, Konstantinos VIII adalah rekan-pemimpin Basileios II. Basileios memerintah sebagai Kaisar Bizantium senior dari tahun 976 hingga 1025 tetapi tidak pernah menikah, yang akan menjadikan Eleni satu-satunya Augusta selama masa pemerintahannya.

Keturunan dugaan[sunting | sunting sumber]

Ronald Wells, seorang genealogis modern, menyatakan bahwa Eudokia tidak tetap menjadi seorang biarawati seumur hidup. Dia telah berteori identifikasi Eudokia dengan istri yang tidak disebutkan namanya dari Andronikos Doukas, seorang bangsawan Paflagonia yang mungkin telah menjabat sebagai gubernur tema Moesia. Teori ini akan membuat Eleni menjadi nenek maternal Kōnstantinos X Doukas dan Ioannes Doukas.[5]

Wells lebih jauh menyarankan dua orang putri dari persatuan yang diusulkan di atas. Putri pertama yang disarankan adalah Mariya, istri Ivan Vladislav. Christian Settipani mengemukakan keturunan Maria yang lebih kuat dari Tsar Boris III dari Bulgaria.[6] Putri kedua adalah "Sophia", istri dugaan Manouel Erotikos Komnenos.[7] Manouel adalah ayahanda Isaakius I Komnenus dan Ioannes Komnenos, yang terakhir adalah ayahanda Alexius I Komnenus.

Pernyataan, yang tidak memberikan referensi atau argumentasi, tampaknya berfungsi sebagai cara untuk melacak leluhur keluarga Doukas dan Komnenos ke dinasti Makedonia. Namun tidak ada bukti untuk hubungan seperti Eudokia di sumber-sumber primer atau sigillografi kontemporer[8] dan otoritas sejarah dan prosopografi modern tetap sama diam tentang masalah ini, membuat keturunan tegas tampak sama sekali tidak mungkin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d PmbZ, Helene (#22578).
  2. ^ Michael Psellos, "Chronographia", Book 2, chapter 4
  3. ^ PmbZ.
  4. ^ Michael Psellos, "Chronographia", Book 2, chapter 5
  5. ^ "130-9". 
  6. ^ Settipani 2006, pp.282-283
  7. ^ "140-9". 
  8. ^ Prosopography of the Byzantine World, Eudokia (101) - vide: http://db.pbw.kcl.ac.uk/pbw2011/entity/person/107052

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Theodóra
Permaisuri Bizantium
skt. 976 – tdk diketahui
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Zōē Porphyrogénnētē