Elena Akhmilovskaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Elena Akhmilovskaya pada Kejuaran Catur AS 2003 di Seattle, Washington

Elena Donaldson Akhmilovskaya adalah seorang Grandmaster perempuan dalam olahraga catur. Ia dilahirkan pada 1957 dan merupakan salah seorang pemain catur perempuan terkuat di dunia. Ia menjadi juara dalam turnamen Kandidat Perempuan dan pada 1986 ia bertanding melawan Maia Chiburdanidze di Sofia, Bulgaria, untuk Kejuaraan Catur Dunia khusus untuk perempuan, tetapi kalah dengan angka 8½–5½.

Meskipun ia seorang etnis Rusia, ia tinggal di Tbilisi, Georgia hingga 1988 ketika ia tiba-tiba kawin lari dengan kapten tim AS John Donaldson pada Olimpiade Catur Dunia di Thessaloniki, Yunani, setelah menjalin hubungan cinta jarak jauh selama tiga tahun. Ia lari ke AS bersama Donaldson dan sampai kini tinggal di sana. Menurut The Times, ia berjumpa dan jatuh cinta pada Donaldson pada suatu pertandingan kualifikasi kejuaraan dunia di Havana pada 1985, dan hubungan mereka berkembang selama Olimpiade Catur Dunia di Dubai pada 1986.[1]

Ia memenangi Kejuaraan Catur Perempuan AS pada 1990 dan 1994 dan memperoleh hasil seri pada kejuaraan 1993. Kini ia tinggal di Seattle, Washington.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Times (London, England), 28 Nov. 1988, "Chess grandmasters stumped by lovers' gambit", penulis: Raymond Keene dan Nicholas Beeston.