Lompat ke isi

Elang rawa papua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elang rawa papua
Circus spilothorax Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN61709172 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoAccipitriformes
FamiliAccipitridae
GenusCircus
SpesiesCircus spilothorax Edit nilai pada Wikidata
Salvadori dan Luigi D'Albertis, 1875
Distribusi

Edit nilai pada Wikidata

Elang rawa papua (Circus spilothorax) adalah burung pemangsa yang asli dari Papua Nugini dan termasuk dalam genus elang rawa, Circus. Awalnya, burung ini diklasifikasikan sebagai subspesies dari elang rawa timur (Circus spilonotus) yang berasal dari Asia Timur.

Burung ini tersebar tipis di seluruh Papua Nugini, kecuali di semenanjung Vogelkop di bagian barat. Ada beberapa laporan yang belum dikonfirmasi dari Australia, tetapi burung ini mudah disalahartikan dengan elang rawa. Habitatnya meliputi padang rumput dan lahan basah hingga ketinggian 3800 m di atas permukaan laut. Elang ini berburu dengan terbang rendah di atas tanah terbuka untuk mencari mamalia kecil, burung, dan kadal.

Jantan dewasa biasanya berwarna abu-abu keperakan dengan kepala, tenggorokan, punggung, dan tanda sayap hitam serta bagian bawah tubuh berwarna putih. Betina dewasa berwarna cokelat dengan punggung pucat, ekor bergaris, dan bagian bawah tubuh bergaris. Remaja berwarna cokelat kehitaman dengan tanda-tanda berwarna krem di kepala, lebih banyak pada betina. Panjang burung ini bervariasi dari 47 hingga 54 cm; betina lebih besar daripada jantan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ . doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T61709172A95177943.en. Periksa nilai |doi= (bantuan).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)