El Puerto de Santa María

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Balai kota

El Puerto de Santa María merupakan sebuah kota di Cádiz, Andalusia, Spanyol.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di bantaran Sungai Guadalete, penduduk kota ini mencapai 83.101 jiwa pada tahun 2006. Dengan luas 159 km², kota ini mencapai kepadatan penduduk seluas 522,6 jiwa/km². El Puerto de Santa María terletak pada koordinat geografis 36º 36' LU, 6º 13' BB. Ketinggian kota ini mencapai 6 m dan terletak 21 km dari Cádiz.

El Puerto de Santa María terletak di pesisir Samudera Atlantik, di dalam Teluk Cádiz, selatam Pegunungan San Cristóbal; dibatasi oleh Sanlúcar de Barrameda, Jerez de la Frontera, Rota, Puerto Real, dan Cádiz di seberang teluk. Kota ini memiliki garis pantai sepanjang 22 km.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata merupakan industri penting di El Puerto de Santa María, terutama karea pantainya, dan juga pertunjukan matador yang diselenggarakan selama musim panas. Daerah-daerah yang penting di El Puerto de Santa María adalah: Fuenterrabía, Santa Catalina (Los Curas, Las Redes, Vistahermosa-El Buceador), Valdelagrana, La Puntilla-La Colorá), La Calita, El Aculadero, di Levante (daerah wisata natural) dan La Muralla. Di kota ini juga ada Taman Alam Teluk Cádiz.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]