Eksarkat Apostolik Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eksarkat Apostolik Italia

Exarchatus Apostolicus Italiae
Katedral St. Sergius dan Bacchus
Lokasi
Negara Italia
Kantor pusat
Roma, Italia
Statistik
Luas301.340 km2 (116.350 sq mi)
Populasi
- Katolik

70,000
Paroki145
Imam62
Informasi
Gereja sui iuris
Katolik Yunani Ukraina
RitusBizantium
Pendirian11 Juli 2019
KatedralKatedral St. Sergius dan Bacchus di Roma
BahasaUkraina
Slavonik Gerejawi
Kepemimpinan kini
PausFransiskus
Uskup agung mayor
Sviatoslav Shevchuk
Uskup
sede vacante
Administrator apostolik
Kardinal Angelo De Donatis

Eksarkat Apostolik Katolik Ukraina Italia (Latin: Exarchatus Apostolicus Italiae Ucrainorum) adalah sebuah eksarkat apostolik (yurisdiksi pra-keuskupan) Gereja Katolik Yunani Ukraina yang melayani umatnya di Italia.

Pra-Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pada akhir abad ke-20, umat Katolik Timur hanya memiliki tiga gereja di Italia. Mereka semua berada Roma. Namun, dengan imigrasi dari Ukraina ke Italia, ribuan orang berdatangan ke tempat-tempat dimana stasiun misi didirikan. Pada 16 Oktober 2001, lewat kesepakatan antara Kepala Gereja Katolik Yunani Ukraina dan Konferensi Waligereja Italia, koordinator pastoral, Padri Vasyl Potochnyak, diangkat dengan tugas mengkoordinasikan stasiun-stasiun misionaris tersebut. Pada 14 Januari 2009, visitor apostolik, uskup Hlib Lonchyna, diangkat yang bertugas menyelidiki keadaan umat Ukraina di negara tersebut, dan untuk mengajukan sebuah laporan kepada Takhta Suci dan kepada Sinode Para Uskup Gereja Katolik Yunani Ukraina. Ia digantikan oleh uskup Dionisio Lachovicz pada 2009.[1]

Santa Sofia a Via Boccea, basilika minor Katolik Yunani Ukraina di Roma

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Wilayah gerejawi tersebut didirikan pada 11 Juli 2019 oleh Paus Fransiskus untuk 145 paroki Katolik Yunani Ukraina. Wilayah gerejawi tersebut meliputi seluruh kawasan Italia. Gereja Santi Sergio e Bacco, yang terletak di Piazza Madonna dei Monti, rione Monti, Roma, dijadikan sebagai Katedralnya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Початки "четвертої хвилі еміграції" в Італії та формування Церковних громад". Website of the Ukrainian Greek Catholics in Italy (dalam bahasa Ukrainian). Diakses tanggal 11 July 2019. 
  2. ^ "Erezione dell'Esarcato Apostolico per i fedeli cattolici ucraini di rito bizantino residenti in Italia e nomina dell'Amministratore Apostolico sede vacante". Official Website of the Holy See (dalam bahasa Italian). Diakses tanggal 11 July 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]