Ejnar Hertzsprung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ejnar Hertzsprung (lahir di Kopenhagen, 8 Oktober 1873 – meninggal di Roskilde, 21 Oktober 1967 pada umur 94 tahun) adalah seorang kimiawan dan astronom Denmark.

Hertzsprung mempelajari hubungan antara magnitudo mutlak bintang dengan kelas spektrumnya, dan hasilnya dipublikasikan pada 1905. Lebih lanjut, pada 1911, ia membandingkan hubungan antara magnitudo mutlak dan indeks warna bintang dalam gugus Pleiades dan Hyades. Pekerjaan ini merupakan cikal bakal diagram Hertzsprung-Russell, yang pengembangannya dilakukan secara terpisah bersama Henry Norris Russell.

Pada 1913 dia juga menentukan jarak beberapa bintang Cepheid Galaktik dengan paralaks statistik, sehingga dapat meng-kalibrasi hubungan yang ditemukan oleh Henrietta Leavitt antara periode Cepheid dan luminositas. Pada penentuan ini ia membuat sebuah kesalahan, kemungkinan coretan tidak sengaja, hingga membuat bintang-bintang tersebut 10 kali lebih dekat dari jarak sebenarnya yang diketahui kini. Ia menggunakan hubungan ini untuk memperkirakan jarak Awan Magellan Kecil.

Ia menemukan dua asteroids, satu di antaranya adalah asteroid type Amor, 1627 Ivar.

Asteroid yang ditemukan: 2
1627 Ivar 25 September 1929
1702 Kalahari 7 Juli 1924