Eggdrop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eggdrop adalah IRC bot yang populer. Eggdrop pada awalnya ditulis pada Desember 1993 oleh Robey Pointer untuk mengawasi suatu channel. Eggdrop ditulis menggunakan bahasa C, dan memiliki fasilitas yang mengantarmukai script-script agar user dapat memaksimalkan penggunaan IRC bot. Bahasa yang digunakan untuk antarmuka pada umumnya menggunakan Tcl.

Saat ini, eggdrop telah menjadi IRC bot yang paling populer. Kebanyakan bot yang dijalankan oleh user IRC sebagai IRC Operator, dan biasanya sebagai layanan jaringan seperti ChanServ dan NickServ adalah eggdrop.

Dikarenakan kepopuleran eggdrop, banyak sekali berkembang script-script yang memberikan fasilitas tambahan seperti permainan tebak-tebakan, distribusi file (biasanya menggunakan protokol Client-to-Client) dan juga untuk melontarkan hinaan secara acak terhadap user lain.

Eggdrop juga memiliki kelebihan sebagai botnet, yang membuat seseorang dapat merangkai serangkaian IRC bot untuk bekerja dengan tujuan tertentu, misalkan, menyebarkan informasi tentang seorang user, memberikan reaksi jika bot lain padam, dan memberikan pelarangan (ban) terhadap seseorang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]