IRC bot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

IRC Bot adalah serangkaian script atau sebuah program yang berdiri sendiri yang bertujuan untuk melaksanakan fungsi-fungsi khusus dalam Internet Relay Chat.

Pada biasanya, IRC bot dipasang sebagai program terpisah yang berjalan pada host yang stabil. IRC bot akan berdiam di IRC Channel untuk menjaga agar tetap terbuka dan menjaga user yang jahil dari pengambilalihan IRC Channel. Berdasar pada kondisi alami protokol IRC, sebuah bot akan tertampil selayaknya user biasa. IRC bot dapat diatus untuk memberikan status operator ke user yang berwenang ketika user tersebut masuk ke channel, dan juga IRC bot menyediakan daftar operator yang seragam.

Sebagian dari fasilitas ini, tentu saja memerlukan status operator channel bagi bot itu sendiri. Kebanyakan IRC bot tersebut berjalan dari komputer yang memiliki waktu uptime yang sangat panjang (pada umumnya pada turunan BSD atau Linux), cepat, dan memiliki koneksi internet yang stabil. Dikarenakan IRC makin populer di kalangan user dial-up, layanan khusus muncul dan menawarkan akses secukupnya pada server Linux stabil. User dapat menjalankan IRC bot dari shell account ini. Layanan seperti ini sering disebut sebagai shell provider.

Bot juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi-fungsi yang lain, seperti mencatat peristiwa pada channel IRC, memberikan informasi yang diinginkan (sangat populer di channel yang memberikan layanan kepada user), membuat statistik, melaksanakan permainan tebak-tebakan, dan lain sebagainya. Fungsi-fungsi tersebut biasanya ditulis menggunakan bahasa pemrograman script seperti Tcl atau Perl.

IRC Bot yang populer antara lain Eggdrop, EnergyMech, Infobot, blootbot, and Supybot.