E. Adamson Hoebel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

E. Adamson Hoebel (1906-1993) adalah Regents Professor Emeritus di bidang antropologi pada Universitas Minnesota. Dia mendapatkan gelar Phd di bidang antropologi dari Universitas Columbia setelah belajar di bawah bimbingan Franz Boas. Di sana ia juga menghadiri seminar Karl N. LLewllyn, yang mengajar di Sekolah Hukum Columbia dari tahun 1925-1951. LLewllyn (1893-1962) adalah tokoh paling penting yang terkait dengan Realisme Hukum Amerika pada tahun 1920-an dan 1930-an, yang menyatakan bahwa hukum tidak dapat ditentukan berdasarkan undang-undang dan preseden saja namun juga memerlukan studi tentang bagaimana sengketa diselesaikan dalam praktiknya. Sayap "sosiologis" dari realisme hukum yang diperjuangkan oleh Llewellyn menyatakan bahwa dalam penyelesaian sengketa hukum Amerika sangat dipengaruhi oleh norma-norma seperti dalam praktik perdagangan.[1] Llewellyn dan Hoebel (1941)[2] kemudian mengembangkan cara untuk menentukan praktik hukum dari deskripsi etnografi kasus-kasus bermasalah, termasuk mediasi dan negosiasi serta ajudikasi. "Metode studi kasus" mereka diterapkan baik pada sistem sosial dengan dan tanpa pengadilan formal.

Hoebel mengajar antropologi di Universitas New York dari tahun 1929 hingga 1948, dan kemudian di Universitas Utah, 1948 hingga 1954, di mana ia juga menjadi dekan di Universitas College (Fakultas Seni dan Sains). Dia menjabat sebagai Fullbright profesor dalam bidang antropologi di Oxford dan hukum di Universitas Katolik Leuven. Dia pensiun pada tahun 1972 sebagai Regents Professor di bidang Antropologi di Universitas Minnesota setelah mengajar di sana selama 18 tahun, 15 tahun di antaranya sebagai kepala departemen. Dia juga pernah menjabat sebagai presiden dari Perkumpulan Etnografi Amerika dan Asosiasi Antropologi Amerika.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Karl Nickerson Llewellyn (1893–1962)" Archived 2006-05-16 at the Wayback Machine by Brian R. Leiter, 2001, in N. Smelser & P. Baltes (eds.), International Encyclopedia of the Social and Behavioral Sciences (New York: Elsevier Science,) Karl Ulrich Meyer [[[:de:Karl Ulrich Meyer|de]]], editor, biographies section, pp. 8999–9001.
  2. ^ Llewellyn K., and E. A. Hoebel. 1941. The Cheyenne Way: Conflict and Case Law in Primitive Jurisprudence. Norman, OK: University of Oklahoma Press