Durian Semar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Durian Semar asal Semarang tepatnya dari Kecamatan Gunungpati. Durian ini termasuk buah yang banyak disuka dan diburu oleh para penggemarnya.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Durian Semar[1] berasal dari Gunungpati, Semarang. Penelitian ini membutuhkan waktu yang lama. Sejak tahun 2008, dilakukan observasi langsung di daerah Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Disana ia menemukan sebuah permasalahan yaitu rasa durian yang tawar padahal buahnya besar-besar dan bagus-bagus. Pengembangan Durian Semar ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) telah menggandeng salah satu pemilik lahan di Kuripan Wonolopo Mijen, Kota Semarang. Varietas tersebut dikembangkan oleh peneliti durian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta[2], Dr Ir Endang Yuniastuti MSi mengembangkan durian varietas unggul jenis Semar. Varietas ini akan menjadi salah satu produk unggulan UNS di bidang pertanian.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Indonesia sendiri memiliki ratusan varietas durian. Dan masing-masing durian dari tiap daerah punya cita rasa yang khas. Durian Semar daging buahnya besar, isinya banyak dan enak. 


Referensi[sunting | sunting sumber]