Durbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Darbar Maratha
Kaisar Shah Jahan dan Pangeran Alamgir (Aurangzeb) di Istana Mughal, pada 1650
Galeri ratu dan para dayangnya

Durbar (bahasa Hindi: दरबार, bahasa Urdu: دربار, Templat:Lang-pb, bahasa Bengali: দরবার, bahasa Marathi: दर्बार, bahasa Nepali: दरबार) adalah sebuah kata Hindi-Urdu, yang umum dipakai dalam seluruh rumpun bahasa India Utara dan rumpun bahasa Asia Selatan lainnya. Ini adalah istilah yang dipakai untuk tempat dimana Raja-raja India dan para penguasa lainnya mengadakan pertemuan formal dan informal mereka. Dalam konteks Eropa, ini setara dengan Kings Court.

Durbar adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Persia (dari kata bahasa Persia: دربار - darbār) yang artinya dewan bangsawan para raja dan penguasa atau pertemuan formal dimana raja mengadakan seluruh diskusi terkait negara. Ini kemudian dipakai di India dan Nepal untuk pemerintahan seorang penguasa atau tempat feodal saat wilayahnya dikuasai dan kemudian diperintah oleh orang asing. Sebuah durbar dijadikan dewan kenegaraan feodal untuk mengurusi urusan negara kepangeranan, atau pertemuan yang murni seremonial, seperti pada masa Kekaisaran Britania di India.[1]

Durbar-durbar paling terkenal berasal dari para Kaisar Besar dan Raja. Di Utara, kota-kota seperti Udaipur, Jaipur, Jodhpur, Jaiselmer, dan Agra memiliki istana-istana yang berisi balai-balai semacam itu. Kaisar Akbar dari Kekaisaran Mughal memiliki dua balai; yang satu untuk para menterinya dan yang lainnya untuk masyarakat umum. Biasanya, balai-balai Durbar dihias dengan bahan-bahan terbaik yang memungkinkan untuk tersedia pada masa itu.

Di selatan India, Istana Mysore memiliki sejumlah balai semacam itu, khususnya Balai Merak, yang berisi gelas-gelas berwarna yang diimpor dari Belgia, yang dipakai untuk upacara-upacara pernikahan. Balai Durbar di Khilawat Mubarak, kota Hyderabad, Andhra Pradesh, merupakan balai durbar dari kerajaan Nizam di Hyderbad.

Kubah utama Rastrapati Bhavan (Istana Presidensial India) sekarang dijadikan Balai Durbar besar dimana beberapa pejabat negara yang dipimpin oleh Presiden India hadir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]