Duran Duran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Duran Duran
AsalBirmingham, Inggris
GenreNew Wave
Pop
Rock
Pop Rock
New Romantic
Tahun aktif1978–sekarang
LabelEMI/Capitol Records
Hollywood Records
Epic Records
Situs webwww.duranduran.com
Situs resmi fan
AnggotaSimon Le Bon
Nick Rhodes
John Taylor
Roger Taylor
Mantan anggotaAndy Taylor
Sterling Campbell
Warren Cuccurullo
Stephen Duffy
Andy Wickett
Simon Colley
Alan Curtis
Jeff Thomas
Duran Duran (2005)

Duran Duran adalah grup musik new wave dan electronic pop rock yang banyak mengandalkan synthesizer pada tiap singlenya. Duran Duran melanjutkan Invasi Kedua Britania Raya yang diawali The Beatles dan The Rolling Stones. Mereka menempatkan banyak lagu di tangga lagu Britania dan beberapa single di Billboard Top 100, serta penjualan album lebih dari 100 juta kopi.

Formasi Awal Duran Duran terdiri dari Simon Le Bon (vokal), Andy Taylor (gitar), Nick Rhodes (keyboard), John Taylor (bass) dan Roger Taylor (drum). Pada tahun 1985, Roger keluar dari Duran Duran dan disusul dengan hengkangnya Andy pada tahun 1986. Pada tahun 1989, Warren Cuccurullo (gitar) dan Sterling Campbell (drum) resmi bergabung untuk mengisi posisi yang sebelumnya kosong sejak ditinggalkan Andy dan Roger. Sterling keluar dari Duran Duran pada tahun 1991 dan disusul dengan hengkangnya Warren pada tahun 2001. Kini, Duran Duran beranggotakan Simon Le Bon (vokal), Nick Rhodes (keyboard), John Taylor (bass) dan Roger Taylor (drum).

Formasi Awal[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini berasal dari 2 sahabat yaitu Nick Rhodes (keyboard) & John Taylor (bass). Mereka menyetujui nama Duran Duran yang berasal dari film "Barbarella". Mereka kemudian mengajak Roger Taylor (drum) dan Andy Taylor (gitar) beserta Stephen Duffy (vokal). Posisi Vokalis yang semula diisi Stephen Duffy lalu digantikan oleh Simon Le Bon. Duran Duran kemudian menandatangani kontrak kerjasama dengan EMI/Parlophone untuk meluncurkan album pertama mereka.

Awal Kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Duran Duran meluncurkan album pertama yang berjudul "Self Titled (Duran Duran)" pada tahun 1981 dan dengan bermodalkan hits single "Planet Earth", "Careless Memories" dan "Girls on Film". Debut Album Duran Duran mendulang keberhasilan dan membawa Duran Duran pada awal kesuksesan. Video Klip "Girls on Film" yang dibuat oleh maestro Godley & Crime disensor oleh BBC karena ada adegan wanita telanjang bermain gulat lumpur. Dengan rilisnya video klip itu, Duran Duran semakin dikenal dan cukup populer di Australia tanpa harus mengadakan tur kesana.

Setelah sukses dengan album pertama, Duran Duran meluncurkan album kedua yang berjudul "Rio" tahun 1982. Album ini berhasil membawa kesuksesan besar. Setelah meluncurkan hits single "My Own Way", "Save a Prayer", "Hungry Like The Wolf" dan "Rio", Duran Duran berhasil meraih kesuksesan.

Tahun 1983, Duran Duran merilis hits single "Is There Something I Should Know?", yang kemudian dirilis di album Duran Duran yang berjudul "Seven and the Ragged Tiger". Bersenjatakan hits single "New Moon on Monday", "Union of The Snake" serta hits single nomor satu "The Reflex", album ini meraih kesuksesan. Tahun 1984, Duran Duran mengadakan tur di Amerika Serikat dan meluncurkan album kompilasi live yang berjudul "Arena". Dari konser itu, Duran Duran merilis 2 DVD yaitu "Sing Blue Silver" dan "Arena (An Absurd Notion).

Formasi Baru[sunting | sunting sumber]

Tahun 1985, Duran Duran terbelah menjadi 2 bagian yaitu The Power Station (John Taylor & Andy Taylor bersama Robert Palmer & Tony Thompson) serta Arcadia (Nick Rhodes, Simon Le Bon & Roger Taylor). Setelah itu, mereka kembali mengusung nama Duran Duran dan membuat lagu "A View to a Kill" yang masuk sebagai OST.007 (James Bond). Video Klip dari lagu tersebut mengambil set dan latar tempat yang berada di Paris, Prancis. Rilisnya video klip ini juga mempopulerkan kalimat "Ace" Simon Le Bon, yaitu "My name is Bon, Simon Le Bon".

Pada tanggal 13 Juli 1985, Duran Duran mengadakan konser terakhir (hingga tahun 2003) dengan Formasi Awal. Konser tersebut bertajuk "Live Aid", yang digagas oleh Bob Geldof. Di konser itu, Duran Duran menyanyikan kumpulan lagu-lagu hits seperti "A View to a Kill", "Union of The Snake", "Save a Prayer" (Lagu ini juga dinyanyikan Duran Duran pada tanggal 2 Juli 2005, saat konser Live 8 di Circus Maximus, Roma, Italia) dan "The Reflex".

Pada tahun 1986, Duran Duran kembali menelurkan album bertajuk "Notorious". Di album ini, Duran Duran tampil dengan menyisakan 3 personel yaitu Simon Le Bon (vokal), Nick Rhodes (keyboard) dan John Taylor (bass). Roger Taylor (drum) dan Andy Taylor (gitar) memilih mundur, masing-masing karena stress dan solo karir. Pada album "Notorious", Andy masih memberikan kontribusi dengan memainkan gitar di beberapa lagu. Duran Duran juga dibantu beberapa musisi seperti Steve Ferrone (drum), Nile Rodgers (gitar) dan Warren Cuccurullo (gitar). Kehilangan 2 personel membuat Duran Duran harus menggunakan bantuan dari "session player" untuk mengisi posisi Gitaris dan Drummer yang kosong sejak ditinggalkan Andy dan Roger. Posisi Gitaris diisi oleh Warren Cuccurullo. Sementara itu, untuk posisi Drummer diisi oleh Steve Ferrone dan Sterling Campbell.

Tahun 1988, Duran Duran mengeluarkan album yang berjudul "Big Thing". Sama seperti album sebelumnya, Duran Duran kembali dibantu oleh beberapa musisi seperti Warren Cuccurullo (gitar), Steve Ferrone (drum), Chester Kamen (gitar) dan Sterling Campbell (drum). Pada tahun 1989, Duran Duran merekrut 2 personel baru yaitu Warren Cuccurullo (gitar) dan Sterling Campbell (drum) untuk mengisi posisi gitaris dan drummer yang kosong sejak ditinggalkan Andy dan Roger.

Puncak Kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Hadirnya 2 personel baru yaitu Warren Cuccurullo (gitar) & Sterling Campbell (drum), membuat Duran Duran kembali merilis album "Liberty" yang dirilis pada tahun 1990. Setahun kemudian (tahun 1991), Sterling Campbell (drum) mengundurkan diri. Sepeninggal Sterling, Duran Duran beranggotakan 4 personel yaitu Simon Le Bon (vokal), Nick Rhodes (keyboard), John Taylor (bass) & Warren Cuccurullo (gitar).

Tahun 1993, Duran Duran kembali menghasilkan album tersukses yaitu Duran Duran (dikenal sebagai The Wedding Album) yang memiliki cover bergambar pernikahan para orang tua personel band. Dalam album ini, terdapat 2 lagu hits terbaik Duran Duran yaitu "Ordinary World" yang memenangkan Ivor Novello Songwriting Award dan "Come Undone". Pada tahun 1993 juga, Duran Duran tampil memainkan kumpulan lagu-lagu hits dalam format akustik di acara MTV Unplugged.

Kehilangan Pamor[sunting | sunting sumber]

Tahun 1995, Duran Duran menelurkan album berjudul "Thank You" dan di album ini mereka membawakan 2 lagu remake milik Lou Reed dan Grandmaster Flash (yang ikut bernyanyi juga) dengan judul "Perfect Day" dan "White Lines". Dalam album "Thank You", Roger Taylor (drummer pertama Duran Duran) juga ikut membantu dengan mengisi drum di 2 lagu dalam album "Thank You" yaitu pada lagu "Perfect Day" dan "Watching the Detectives".

Setelah itu, Duran Duran kembali masuk dapur rekaman kembali untuk menggarap album baru. Di tengah penggarapan album, John Taylor (bass) memutuskan untuk keluar dari Duran Duran. Sebelumnya, John sempat membentuk band bernama John Taylor Terroristen. Setelah itu, John bersama Matt Sorum (mantan drummer Guns N' Roses) dan Steve Jones (vokalis Sex Pistols) membentuk band bernama Neurotic Outsiders.

Tahun 1997, Duran Duran kembali merilis album yang berjudul "Medazzaland". Di album ini, Duran Duran tampil kembali dengan menyisakan 3 personel yaitu Simon Le Bon (vokal), Nick Rhodes (keyboard) & Warren Cuccurullo (gitar). Meski John Taylor sudah hengkang, John masih ikut berkontribusi dengan memainkan bass di beberapa lagu pada album "Medazzaland". Untuk album ini, pada posisi bassist juga diisi oleh Warren.

Setelah dirilis, album "Medazzaland" justru malah merosot dan tidak sepopuler beberapa album Duran Duran yang sebelumnya. Ketika Lady Diana meninggal dan keluarganya membuat Tribute Concert, Duran Duran diminta untuk tampil. Tahun 2000, Duran Duran kembali merilis album dengan judul "Pop Trash". Rilisnya album "Pop Trash" semakin membuat popularitas Duran Duran merosot tajam. Lagu "Someone Else Not Me" menjadi lagu pertama yang menggunakan Macromedia Flash Player dalam pembuatan video klipnya.

Tahun 2001, Warren Cuccurullo (gitar) memutuskan untuk hengkang dari Duran Duran. Warren meninggalkan posisi gitaris dan memilih bergabung kembali dengan band lamanya, yaitu Missing Persons.

Reuni dengan Formasi Awal[sunting | sunting sumber]

Setelah vakum sekian lama, Simon Le Bon dan John Taylor bertemu di Paris untuk menghidupkan kembali Duran Duran. Duran Duran kemudian kembali hadir dengan Formasi Awal yaitu Simon Le Bon (vokal), Andy Taylor (gitar), Nick Rhodes (keyboard), John Taylor (bass) dan Roger Taylor (drum).

Tahun 2004, Duran Duran mendapat deretan penghargaan seperti Brit Awards dan MTV Video Music Awards. Pertengahan tahun 2004, Duran Duran mengeluarkan single "(Reach Up For The) Sunrise" dan mendapat sambutan dari banyak kalangan. Duran Duran merilis album dengan judul "Astronaut" pada Oktober 2004. Duran Duran mulai kembali meniti karirnya dan menikmati puncak kesuksesan.

Oktober 2006, Andy Taylor (gitar) kembali hengkang dari Duran Duran. Sepeninggal Andy, Posisi Gitaris sementara diisi oleh Dominic Brown, yang telah menjadi session guitarist untuk Duran Duran. Duran Duran berencana akan membuat album baru, yang rencananya akan dirilis pada tahun 2007.

Album "Red Carpet Massacre" adalah album terakhir yang dirilis pada akhir tahun 2007. Dalam rangka promosi album tersebut, Duran Duran mengadakan tur dunia termasuk ke Indonesia.

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Nick Rhodes – keyboard, synthesizer, vocal effects, backing vocal (1978–sekarang); electronic percussion (1978–1979)
  • John Taylor – bass (1979–1997; 2001–sekarang), backing vocal (1978–1997; 2001–sekarang), guitar (1978–1979)
  • Roger Taylor – drum, percussion (1979–1985; 2001–sekarang)
  • Simon Le Bon– lead vocal (1980–sekarang)

Mantan Personel[sunting | sunting sumber]

  • Stephen Duffy – lead vocal, drum (1978–1979); bass (1978)
  • Simon Colley – bass (1978–1979)
  • Andy Wickett – lead vocal (1979–1980)
  • Alan Curtis – guitar (1979–1980)
  • Jeff Thomas – lead vocal (1980)
  • Andy Taylor – guitar, backing vocal (1980–1986, 2001–2006)
  • Warren Cuccurullo – guitar, backing vocal (1989–2001; session player/anggota tur 1986–1989); bass (1997–2001)
  • Sterling Campbell – drum (1989–1991; session player/anggota tur 1988–1989)

Tur[sunting | sunting sumber]

  • 1981 : The Faster Than Light Tour
  • 1981 : The Careless Memories Tour
  • 1982 : The Rio Tour
  • 1983–1984 : The Sing Blue Silver Tour
  • 1987-1988 : The Strange Behaviour Tour
  • 1988 : The Secret Caravan Club Tour
  • 1988–1989 : The Big Live Thing Tour (dikenal sebagai The Electric Theatre Tour)
  • 1993 : An Acoustic Evening with Duran Duran
  • 1993–1994 : The Dilate Your Mind Tour
  • 1995 : The Thank You Tour
  • 1997 : The Ultra Chrome, Latex and Steel Tour
  • 1998 : The Greatest and Latest Tour
  • 1999 : The Let It Flow Tour
  • 2000 : The Pop Trash Tour
  • 2001 : The Up Close and Personal Tour
  • 2003–2004 : The Reunion Tour
  • 2005–2006 : The Astronaut Tour
  • 2007–2008 : The Red Carpet Massacre Tour
  • 2009 : The Summer Tour
  • 2011–2012 : All You Need Is Now
  • 2015 : 2015 Tour
  • 2015-2017 : Paper Gods on Tour

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

  • Duran Duran (1981)
  • Rio (1982)
  • Seven and the Ragged Tiger (1983)
  • Notorious (1986)
  • Big Thing (1988)
  • Liberty (1990)
  • Duran Duran (1993) (dikenal sebagai The Wedding Album)
  • Thank You (1995)
  • Medazzaland (1997)
  • Pop Trash (2000)
  • Astronaut (2004)
  • Reportage (2006) (Tidak Jadi Dirilis)
  • Red Carpet Massacre (2007)
  • All You Need Is Now (2010)
  • Paper Gods (2015)
  • Future Past (2021)

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • Decade (1989)
  • Greatest (1998)
  • The Essential Collection (2000)
  • The Biggest and the Best (2012)

Album Live[sunting | sunting sumber]

  • Arena (1984)
  • Live from London (2005)
  • Live at Hammersmith '82! (2009)
  • BBC in Concert : Manchester Apollo, 25th April 1989 (2010)
  • A Diamond in the Mind : Live 2011 (2011)
  • Thanksgiving Tour - The Ultra Chrome, Latex & Steel Tour (2017)

Album Remix[sunting | sunting sumber]

  • Night Versions (1998)
  • Strange Behaviour (1999)

Box Set[sunting | sunting sumber]

  • Single Box Set 1981-1985 (2003)
  • The Singles 1986-1995 (2004)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]