Doleantie (1886)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dr. Abraham Kuyper, pimpinan gerakan Doleantie

Perpecahan Gereja Reformed Belanda tahun 1886, juga dikenal sebagai Doleantie (dari bahasa Latin dolere, 'berdukacita') adalah nama sebuah perpecahan yang penting dalam Gereja Reformed Belanda (Nederlands Hervormde Kerk) yang terjadi pada tahun 1886 dan dipimpin oleh pendeta ternama Abraham Kuyper. Doleantie bukanlah perpecahan pertama dalam Gereja Reformed Belanda. Pada tahun 1834, perpecahan lainnya, yaitu Perpisahan 1834 (Afscheiding van 1834), telah menyebabkan terbentuknya Gereja Reformasi Kristen di Belanda (Christelijke Gereformeerde Kerk in Nederland).

Pada tahun 1885, langkah pertama menuju perpecahan terjadi ketika Kuyper dan para pendukungnya mengeluarkan pengaduan resmi mengenai praktik-praktik liberalisasi di dalam Gereja Reformed Belanda. Keluhan mereka tidak pernah mendapat dukungan luas di dalam gereja, dan pada musim dingin tahun 1885-1886, seruan untuk melakukan perpecahan semakin kuat di antara sejumlah besar jemaat konservatif, yang sebagian besar berada di daerah Veluwe dan di tempat lain di wilayah yang sekarang disebut sebagai Dutch Bible Belt.

Jemaat pertama yang memisahkan diri adalah Kootwijk, pada tanggal 7 Februari 1886 mengangkat seorang pendeta yang dilatih di Universitas Bebas Amsterdam tanpa menunggu izin dari klasisnya. Keesokan harinya, jemaat di Voorthuizen mengikuti langkah ini.

Jemaat-jemaat yang memisahkan diri bersatu dalam Gereja Reformed Jerman Rendah (Dolerende) (Nederduits Gereformeerde Kerk (Dolerende)). Nederduits Gereformeerde Kerk adalah nama resmi Gereja Reformasi Belanda hingga tahun 1816 dan dengan nama ini, gereja-gereja yang memisahkan diri ingin menunjukkan bahwa mereka menganggap diri mereka sebagai kelanjutan yang sah dari gereja yang sangat terkemuka di Republik Belanda. Akhiran (Dolerende), yang berarti 'mereka yang merasakan berduka', ditambahkan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka dengan Gereja Reformed Belanda.

Nieuwe Kerk di Amsterdam

Kemudian pada tahun 1886, Kuyper dan para pendukungnya menduduki Nieuwe Kerk di Amsterdam, tempat kedudukan badan pengurus Gereja Reformed, untuk memaksa penyelesaian konflik atas properti gereja yang terjadi setelah Doleantie. Pada bulan Juli 1886, para dolerenden harus menerima keputusan yang merugikan mereka.

Pada tahun 1892, Nederduits Gereformeerde Kerken (Dolerende) bergabung dengan Gereja Reformasi Kristen di Belanda (hasil dari Afscheiding) untuk membentuk Gereja-gereja Reformasi di Belanda (GKiN).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]