Dockwise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dockwise Group
Anak perusahaan
IndustriTransportasi
Didirikan1993
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
CEO: Peter Berdowski
JasaTransportasi muatan berat via laut
Pendapatan$399 juta
IndukRoyal Boskalis Westminster N.V.
Anak
usaha
Dockwise B.V.
Offshore Kinematics, Inc.
Situs webboskalis.com/about-us/dockwise.html

Dockwise Group adalah sebuah perusahaan transportasi laut asal Belanda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dockwise dibentuk pada bulan September 1993 melalui penggabungan Wijsmuller Transport (divisi dari Heerema) dan Dock Express Shipping (divisi dari Royal Vopak), dan menjadi perusahaan transportasi muatan berat via laut terbesar di dunia.[1] Dockwise pun berkantor pusat di Meer (Hoogstraten), Belgia. Wijsmuller sebelumnya memiliki tujuh kapal semi-submersible (Mighty Servant 1, Mighty Servant 2, Mighty Servant 3 dan Super Servant 3, 4, 5, and 6), serta empat kapal tipe dok (Dock Express 10, 11, 12, dan 20).[1]

Pada tahun 2001, Offshore Heavy Transport ASA (OHT) bergabung ke dalam perusahaan ini dengan membawa dua kapal angkut berat, yakni MV Black Marlin dan MV Blue Marlin.[1]

Pada bulan November 2010, untuk memenuhi kebutuhan transportasi ultra-besar dari negara berkembang, seperti kapal angkut berat Tipe 0 miliknya, Dockwise pun menunjuk Hyundai Heavy Industries (HHI) asal Korea untuk menggarap kapal terbarunya. HHI dijadwalkan dapat menyelesaikan kapal tersebut pada kuartal terakhir tahun 2012.[2][3] Type 0 kemudian diubah namanya menjadi Dockwise Vanguard.

Pada tahun 2013, Dockwise diakuisisi oleh Royal Boskalis Westminster N.V., yang bergerak pada bidang pengerukan, infrastruktur darat, energi lepas pantai, penundaan, dan penyelamatan.

Dockwise Shipping B.V.[sunting | sunting sumber]

Dockwise adalah sebuah perusahaan penyedia layanan minyak dan gas yang menyediakan manajemen logistik untuk struktur besar dan berat. Layanan utamanya meliputi transportasi muatan berat via laut, transportasi dan instalasi lepas pantai, serta proyek industri pinggir pantai.[4] Perusahaan ini mengangkut berbagai macam struktur kelautan berat, seperti anjungan produksi dan pengeboran lepas pantai yang memiliki berat hingga 85.000 ton.[1] Kantor pusat perusahaan ini terletak di Papendrecht, Belanda.

Armada Dockwise[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "About History Dockwise". Dockwise. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 January 2013. Diakses tanggal 7 November 2009. 
  2. ^ "Dockwise Selects HHI to Build Type O Super Vessel". RigZone.com. 7 February 2011. Diakses tanggal 28 November 2017. 
  3. ^ "The Netherlands: Dockwise Ltd. Planning to Build a New "Type o" Semi-Submersible Vessel". OffshoreEnergyToday.com. 20 September 2010. Diakses tanggal 28 November 2017. 
  4. ^ "Exceptional Transport Management". Dockwise. Diakses tanggal 7 November 2009.