Do-It-Yourself Mr. Bean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Do-It-Yourself Mr. Bean
Episode Mr. Bean
Nomor episodeEpisode 9
SutradaraJohn Birkin
PenulisRobin Driscoll
Rowan Atkinson
ProduserPeter Bennett-Jones
Tanggal siar10 Januari 1994 (1994-January-10)
Durasi25:28
Bintang tamu

Robert Austin
Helen Burns
David Stoll
Rupert Vansittart
Andy Greenhalgh

Kronologi episode
← Sebelumnya
"Mr. Bean in Room 426"
Selanjutnya →
"Mind the Baby, Mr. Bean"

"Do-It-Yourself Mr Bean" (Indonesia: Lakukan Sendiri, Mr. Bean) adalah episode kesembilan dari serial televisi Inggris Mr. Bean, yang diproduksi oleh Tiger Television dan Thames Television untuk Central Independent Television. Ini pertama kali disiarkan di ITV pada 10 Januari 1994[1] dan ditonton oleh 15,60 juta pemirsa selama transmisi aslinya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aksi 1 : Pesta Tahun Baru[sunting | sunting sumber]

Ini Malam Tahun Baru 1993 dan Mr. Bean bersemangat. Dia telah mengundang dua sahabatnya Rupert dan Hubert ke flatnya untuk pesta Tahun Baru dan memberikan sentuhan akhir pada dekorasinya, yang tidak banyak (lingkaran kursi di ruang tamu dan sekelompok balon yang tergantung dari pintu depan). Rupert dan Hubert tiba, tetapi mereka menyadari bahwa itu bukan pesta yang mereka harapkan: Mr. Bean memberi tamunya topi pesta yang terbuat dari koran, memberi mereka kursi yang ditentukan, dan satu-satunya bentuk hiburan adalah radio. Mr. Bean kemudian pergi ke dapur untuk menyiapkan minuman. Namun, dia menemukan dia hampir kehabisan Twiglets, dan berimprovisasi dengan memotong cabang di luar jendela dapurnya dengan pisau daging dan mencelupkan ranting ke dalam Marmite dalam upaya untuk menyamarkannya. Dia kemudian membuka sebotol Sampanye, tetapi menemukan bahwa hanya ada cukup untuk mengisi setengah gelas. Mr. Bean berimprovisasi lagi dengan menggunakan sebotol Cuka dan menambahkan gula untuk mempermanisnya.

Saat malam berlalu, menjadi jelas bahwa Rupert dan Hubert tidak bersenang-senang. Mereka telah menemukan bahwa "makanan" yang mereka berikan tidak asli dan menolak untuk memakannya, meskipun Mr. Bean memakannya dan berpura-pura menyukai cuka. Mr. Bean kemudian kembali ke dapur dan mengambil kacang dari pengumpan burung di luar dan menuangkannya ke piring. Sementara itu, Rupert dan Hubert memutar jam di ruang tamu tepat sebelum tengah malam. Ketika Bean kembali, jam berdentang tengah malam. Mereka kemudian bergandengan tangan (hampir melupakan Teddy) dan menyanyikan "Auld Lang Syne" untuk merayakannya. Rupert dan Hubert kemudian berpura-pura menguap dan mengklaim bahwa mereka lelah, jadi Mr. Bean meletakkan kembali gagang pintu di pintunya (untuk beberapa alasan dia melepasnya dan memasukkannya ke dalam mangkuk buah; ini lelucon sepanjang episode) dan menawar mereka selamat malam. Tepat di luar pintu, Rupert dan Hubert menemukan dua perempuan yang menertawakan topi kertas mereka sebelum menuju ke flat tetangga, di mana pesta Tahun Baru sedang berlangsung. Mereka kemudian merenungkan apakah akan pergi atau pergi ke pesta, akhirnya memilih yang terakhir.

Sementara itu, Mr. Bean di tempat tidur dan menempatkan Teddy di sebelahnya sebelum mematikan lampu dan pergi tidur. Namun, dia mendengar proses hitung mundur di pesta di seberangnya serta semua orang menyanyikan "Auld Lang Syne", menandakan Tahun Baru "yang sebenarnya" telah dimulai. Bingung, dia menyalakan lampu kembali dan mengambil jam kecil dari lacinya, yang menunjukkan bahwa ini baru lewat tengah malam (saat ini, jam di ruang tamu menunjukkan pukul 1:40). Dia marah ketika dia mengetahui bahwa Rupert dan Hubert menipunya dan menghadiri pesta yang lebih besar di sebelah, sebelum mematikan lampu dan kembali tidur.

Aksi 2 : Penjualan Toserba[sunting | sunting sumber]

Pada Hari Tahun Baru, Mr. Bean pergi ke toserba Arding & Hobbs untuk memanfaatkan sepenuhnya penjualan bulan Januari. Mr. Bean berhasil melompati antrian dengan mengungkapkan bahwa "orang" di depan adalah boneka yang telah dia tempatkan sebelumnya. Mr. Bean membeli banyak item, termasuk kursi berlengan yang dipajang di jendela. Tidak dapat memuat semua pembeliannya dan dirinya sendiri di mobilnya, Mr. Bean memutuskan untuk mengendarainya dari kursi berlengan di atas atap, menggunakan tali untuk mengoperasikan roda kemudi dan sapu untuk mengoperasikan pedal. Semua berjalan dengan baik sampai Mr. Bean dialihkan di jalan menurun yang curam. Ketika dia kehilangan kepala sapu yang mencoba mengoperasikan rem, dia terpaksa mengemudikan Mini ke bagian belakang truk yang mengantarkan kasur.

Aksi 3 : Mengecat dengan Kembang Api[sunting | sunting sumber]

Kembali ke flat, Mr. Bean mulai mendekorasi ulang dengan barang-barang baru yang dibelinya. Dia pertama kali menyadari bahwa memindahkan meja dari depan lubang di dinding dapur tidak praktis, karena dia tidak bisa lagi meletakkan benda di atasnya melalui lubang saat dia berada di dapur. Solusinya: pindahkan saja lubangnya. Setelah mendapatkan pengukuran yang tepat menggunakan tiga pensil (satu di mulutnya dan satu di masing-masing tangan), ia menggunakan gergaji bolak-balik untuk memotong bagian dinding sebelum memindahkannya ke lubang aslinya. Namun, dia tidak menyadari apa yang ada di seberang dinding, dan memotong kabel telepon dan beberapa gambar (termasuk memenggal salah satu Pangeran Charles, Putri Diana, dan gambar tubuh pembangun dekat daerah selangkangan) dalam proses.

Dia kemudian mulai mengecat seluruh ruang tamu, tetapi menemukan bahwa bulu kuasnya sudah kering, dan segera jatuh ke dalam kaleng cat. Dalam improvisasi yang kejam, dia mendorong gagang kuas ke bagian belakang Teddy dan menggunakan kepalanya untuk mengecat dinding. Namun, ia hanya berhasil menyelesaikan beberapa garis cat sebelum secara tidak sengaja meneteskan cat ke benda-benda. Mr. Bean kemudian menyadari cara yang lebih efisien untuk mengecat dinding. Dia dengan hati-hati menutupi semua yang ada di ruang tamu dan dapur di koran, ketika dia kehabisan koran untuk menutupi jamnya, menggunakan topi yang ditinggalkan Hubert. Mr. Bean kemudian menempatkan petasan besar di kaleng cat, menyalakan sekering dan kehabisan flat. Pada saat itu, Hubert yang lelah dan mabuk tersandung keluar dari flat tetangga dan menyadari bahwa dia meninggalkan topinya di flat Mr. Bean, dan masuk untuk mengambilnya tepat saat petasan meledak. Mr. Bean kembali ke flatnya dan puas bahwa bom catnya berhasil. Namun, dia terkejut menemukan jejak kaki putih Hubert dari pintu depan, dan siluet Hubert mengambil topinya membeku di bagian dinding sebagai satu-satunya area yang tidak dicat.

Adegan dihapus[sunting | sunting sumber]

Adegan berikut awalnya dipotong dari episode di tengah Aksi 2, meskipun itu termasuk dalam rilis VHS Amerika Serikat awal.

Mr. Bean sedang berbelanja di toserba, ketika dia melihat kursi yang ingin dia beli. Saat mendekati kursi malas, ia memergoki seorang asisten penjualan malah menunjukkan fitur-fiturnya kepada pasangan lanjut usia. Ketika Bean menyadari bahwa pasangan itu juga ingin mengincar kursi, Bean menemukan cara untuk mengerjai mereka dengan berpikir kursi itu rusak: dia mencabutnya, yang segera diperhatikan oleh asistennya.

Sementara nenek tua bangka itu duduk di kursi tanpa merasa bersalah, Bean kemudian menyelinap ke panel kontrol di lengan kursi dan merusak kabel di dalamnya, tanpa diketahui nenek itu. Saat si nenek mencoba fitur berbaring kali ini, ia melipat, menjepitnya di tengah; dia berteriak kepada suaminya yang budeg untuk meminta bantuan tetapi tidak terdengar, meskipun hanya beberapa meter jauhnya. Selain itu, Bean memutar musik di interkom toko, untuk membuatnya lebih sulit didengar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Adegan lokasi direkam pada kaset video ENG di Arding & Hobbs (dijalankan pada saat itu sebagai department store Allders) di Battersea. Urutan studio direkam di Teddington Studios, meskipun untuk alasan keamanan, bagian dari Aksi 3 difilmkan tanpa penonton langsung. Itu juga merupakan episode pertama yang diproduksi oleh pendiri Tiger Aspect Peter Bennett-Jones.

Selama transmisi keduanya, episode tersebut ditonton oleh 12,96 juta pemirsa, melebihi dua episode terakhir dari seri tersebut. Selain "Mr. Bean in Room 426", episode ini tidak pernah terulang di Nickelodeon UK karena adegan ketelanjangan.

Warisan[sunting | sunting sumber]

MythBusters menguji ide melukis dengan bahan peledak di Mind Control setelah terinspirasi oleh tayangan ulang episode . Mereka pertama-tama menjalankan tes untuk melihat apakah benar-benar mungkin untuk menutupi seluruh ruangan dengan cat dengan meledakkan kembang api dalam kaleng cat, tetapi metode ini terbukti tidak mungkin oleh tes.

Dalam kunjungan berikutnya di Melukis dengan Bahan Peledak/Perahu Bercabang, Jamie Hyneman 's twist pada teknik Mr. Bean menggunakan bola baja juga rusak sementara bingkai kepingan salju Adam Savage pada gagasan itu berhasil, tetapi tidak cukup baik untuk dihancurkan, dikonfirmasi, atau dinilai masuk akal.[2]

Adegan Babak 2 di mana Bean menggunakan batu bata yang diikat dengan tali untuk menahan mobilnya dan melepaskan rem darurat kemudian digunakan kembali dalam episode "In the Pink" dari Mr. Bean: The Animated Series di mana Bean menggunakan teknik untuk menangkap pencuri.

Pada tahun 2009, Rowan Atkinson muncul sebagai Mr. Bean selama Goodwood Revival mengemudikan rekreasi aksi mobil sebagai bagian dari perayaan 50 tahun Mini Goodwood.[3][4]

Pada tahun 2015, rekreasi adegan aksi mobil dipentaskan di pusat kota London untuk mempromosikan ulang tahun ke-25 dari serial tersebut, diakhiri dengan sesi pemotretan di luar Istana Buckingham.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Timeline". mrbean.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2013. Diakses tanggal 27 February 2013. 
  2. ^ "Mind Control". MythBusters. Musim ke-2006. Episode ke-52. 3 May 2006. 
  3. ^ "Mr. Bean to make first 'live' appearance at Goodwood Revival to honor Mini turning 50". 
  4. ^ "1977 Austin Mini - the 2009 Goodwood Revival "Mr Bean Mini"". 
  5. ^ "Mr. Bean celebrates 25th anniversary by recreating famous scene outside Buckingham Palace". 
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "gVQTi" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]