Merry Christmas, Mr. Bean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Merry Christmas, Mr. Bean
Episode Mr. Bean
Nomor episodeEpisode 7
SutradaraJohn Birkin
PenulisRobin Driscoll
Richard Curtis
Rowan Atkinson
ProduserSue Vertue
Tanggal siar29 Desember 1992 (1992-December-29)
Durasi26:27
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Mr. Bean Rides Again"
Selanjutnya →
"Mr. Bean in Room 426"

"Merry Christmas, Mr. Bean" (Indonesia: Selamat Natal, Mr. Bean) adalah episode ketujuh dari serial televisi Inggris Mr. Bean, diproduksi oleh Tiger Television untuk Thames Television.[1][2] Ini pertama kali disiarkan sebagai spesial Natal di ITV pada hari Selasa 29 Desember 1992[3] sebagai bagian dari jadwal Natal ITV dan ditonton oleh 18,48 juta pemirsa selama penayangan transmisi aslinya.

Ini adalah episode terakhir yang ditulis bersama oleh Richard Curtis dan yang terakhir disiarkan oleh Thames Television atas nama jaringan ITV. Ini juga menandai penampilan terakhir pacar Mr. Bean, Irma Gobb (Matilda Ziegler) di serial televisi aslinya hingga muncul kembali di Mr. Bean: The Animated Series sepuluh tahun kemudian.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aksi 1 : Belanja Natal[sunting | sunting sumber]

Mr. Bean pergi ke kota pada Malam Natal dan mengunjungi Harrods untuk membeli dekorasi Natal. Setelah parkir tepat di depan toko dan mengganggu seorang pria berpakaian Santa Claus dengan mencabut janggut palsunya[4], Bean masuk ke dalam dan menguji dua pernak-pernik yang berbeda, pergi dengan salah satu yang memantul dari tanah setelah yang lain hanya menghancurkan. Dia kemudian menguji beberapa lampu Natal pada soket yang digunakan untuk lampu eksterior toko, membuat seluruh bagian luar toko menjadi gelap dalam prosesnya. Saat kasir memilah pembeliannya, Mr. Bean melihat tampilan Gua Natal kecil dan menggunakannya untuk menampilkan adegan kreatif namun tidak akurat dengan beberapa mainan lainnya, termasuk Dalek, Tyrannosaurus rex, dua tank tentara dan sebuah helikopter. Kegembiraannya segera terganggu oleh manajer toko, yang membawa polisi mainan ke tempat kejadian untuk menghentikan proses. Manajer menyerahkan pembeliannya dan Mr. Bean meninggalkan toko.

Mr. Bean kemudian menuju ke pasar Natal lokal, di mana dia melihat pria lain berpakaian seperti Sinterklas. Sekali lagi, dia menarik janggut pria itu, hanya untuk menemukan bahwa itu sungguhan, mendorong Mr. Bean untuk keluar dengan cepat sementara pria itu pulih. Dia bertemu dengan pacarnya, Irma Gobb, dan diseret ke jendela toko perhiasan, di mana dia menunjuk ke sebuah cincin yang dia ingin dia belikan untuknya. Namun, Bean melihat gambar pasangan di sebelah cincin dan pergi ke toko untuk membelinya, berpikir inilah yang dia tunjuk.

Setelah itu, Mr. Bean secara sukarela membantu konduktor band kuningan Bala Keselamatan mengumpulkan uang; dalam melakukannya, dia menangkap seorang pencopet muda dan memaksanya untuk menyerahkan semua barang yang telah dia curi. Sementara kondektur pergi ke mobilnya untuk mencoba beberapa perhiasan yang dicuri pencopet, Bean mengambil alih memimpin band. Dia menyuruh mereka membawakan dua lagu "God Rest You Merry, Gentlemen," satu untuk menguji keterampilan memimpin, dan yang lainnya dengan nuansa jazz, mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton. Setelah kondektur kembali, Mr. Bean mencoba membeli pohon Natal dari stan, hanya untuk sampai ke stan tepat saat dua pohon terakhir dibeli. Dia menebang pohon pasar, menempelkannya ke atap mini dan membawanya pulang, sementara semua orang di pasar tetap tidak menyadarinya.

Aksi 2 : Malam Natal[sunting | sunting sumber]

Kembali ke flatnya, Mr. Bean memotong bagian atas pohon Natal yang dicuri dan menghiasinya dengan lampu dan perhiasannya. Dia menulis beberapa kartu Natal (semua dengan desain yang sama) dan menyegelnya dalam amplop, lalu melangkah keluar dan mempostingnya untuk dirinya sendiri. Bean mencari beberapa kerupuk Natal di lemari, dan memutuskan untuk mengeluarkan sekering dari kerupuk lainnya dan memasukkan semuanya menjadi satu, membuat "kerupuk super". Kemudian, Bean menggantung tiga stoking di kamarnya: satu untuk Teddy, satu untuk dirinya sendiri, dan satu untuk tikus yang tinggal di lubang. Menikmati sekotak Cokelat dan segelas Sherry, Bean memutuskan untuk menonton televisi, tetapi tidak ada yang menarik di TV (film perang dan film horor). Saat dia mematikan televisi, dia menemukan sekelompok penyanyi muda carol menampilkan "Away in a Manger" di depan pintunya. Memutuskan untuk menonton mereka tampil dari tempat duduknya seolah-olah sedang menonton TV, Mr. Bean segera menjadi lelah dan dengan kasar menutup pintu sebelum menuju tempat tidur.

Aksi 3 : Hari Natal[sunting | sunting sumber]

Keesokan paginya, Mr. Bean bangun dengan semangat dan mulai memeriksa stoking. Teddy berisi kaleng yang memegang sepasang mata pin gambar, miliknya adalah kaus kaki yang diisi dengan kaus kaki yang serasi, dan tikus itu berisi sepotong keju (yang ironisnya dipasang di perangkap tikus oleh Mr. Bean).

Malam itu, Mr. Bean mulai menyiapkan Kalkun besar untuk makan malam, tetapi saat mengisinya, arlojinya hilang di dalam. Dia mengeluarkan senter untuk mencarinya, lalu memasukkan kepalanya ke dalam kalkun untuk mencoba menemukannya, tetapi kalkun itu tersangkut di kepalanya tepat saat Irma Gobb tiba. Setelah Bean mencoba dan gagal untuk menutupi kesulitannya dari Irma, dia membantu dia untuk menghapus kalkun dengan mengikatnya ke scuttle batubara dan membuang scuttle keluar jendela. Kalkunnya hilang, tapi untungnya Mr. Bean mendapatkan jam tangannya kembali.

Setelah kalkun habis, Mr. Bean dan Irma Gobb malah makan sandwich saus cranberry dan irisan wortel untuk makan malam. Irma Gobb menunjukkan hadiahnya kepada Mr. Bean dan mencoba untuk mendapatkan ciuman darinya, hanya untuk mengalihkan perhatiannya dan dengan kasar merebutnya. Dia membuka hadiahnya dan senang menemukan bahwa itu adalah kit model Kapal. Mr Bean kemudian menyerahkan hadiahnya kepada Irma Gobb, tetapi kegembiraannya berubah menjadi kekecewaan ketika dia menemukan bahwa dia membelikannya gambar di etalase. Mr Bean menyadari bahwa dia "lupa bagian utama" dan mengeluarkan sebuah kotak cincin dari sakunya, sangat mengejutkan Irma Gobb. Namun, ketika dia membuka kotak itu, dia menemukan bahwa itu sebenarnya berisi kait sekrup yang dimaksudkan untuk menggantung gambar. Irma Gobb yang marah keluar dari flat, membuat Mr. Bean bingung dan terluka. Dia kemudian mengingat "kerupuk super" dan memutuskan untuk menariknya sendiri. Saat dia melakukannya, kami melihat pemandangan jendelanya dari jalan, bersama dengan ledakan keras dan kilatan tiba-tiba melalui tirai.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar adegan lokasi - berlatar belakang pasar - direkam dalam rekaman video di Kingston. Urutan studio direkam di depan penonton langsung di Teddington Studios Thames Television. Setelah disiarkan di jaringan televisi kabel Amerika HBO, episode ini memenangkan penghargaan CableACE 1995 untuk komedi spesial terbaik.[5][6]

Adegan untuk episode ini dipotong untuk disiarkan tetapi dipertahankan dalam the retail version[rujukan?] . Dalam adegan tersebut, Bean berpartisipasi dalam kompetisi "tebak beratnya", dengan kalkun besar dari episode tersebut, menjadi hadiahnya, dan menipu untuk memenangkannya dengan menggunakan satu set timbangan tersembunyi di bawah konter untuk kompetisi, di samping kalkulator, dimana kalkun dilemparkan ke dalam boot Mini-nya begitu dia memenangkannya. Untuk alasan yang tidak diketahui, rilis DVD A&E (didistribusikan di AS oleh Video Baru) tidak berisi adegan ini.

Sejumlah elemen dijadikan inspirasi untuk program lain. Lelucon 'lampu di gedung terkenal yang tidak sengaja dimatikan' digunakan oleh komedian Peter Kay di akhir DVD Live at the Top of the Tower miliknya, sementara adegan turki terinspirasi untuk sebuah adegan dalam episode Friends berjudul "The One with All the Thanksgivings", dan kemudian menghasilkan adaptasi untuk film Bean, meskipun dipotong dari rilis internasional (di luar Amerika Utara) dan disediakan untuk bagian fitur khusus berjudul "Bean Scenes Unseen".[7] Lelucon kalkun lainnya digunakan di Mr. Bean: The Animated Series episode "Dinner for Two".

Adegan Dihapus[sunting | sunting sumber]

Episode ini menyertakan adegan tambahan di mana Mr. Bean mencoba memenangkan kalkun yang akhirnya dia kenakan di kepalanya. Kontesnya adalah menebak berat kalkun, dia menyelipkan sepasang timbangan ke konter; setelah menimbang dirinya sendiri, ia mengurangi beratnya dari berat gabungan menggunakan kalkulator Casio. Orang yang bertanggung jawab atas kontes terkejut ketika Mr. Bean menebak bobot yang tepat (sampai tiga tempat desimal) dan memenangkannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Timeline". mrbean.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2013. Diakses tanggal 27 February 2013. 
  2. ^ Chris Perry (3 February 2016). The Kaleidoscope British Christmas Television Guide 1937-2013. hlm. 386–. ISBN 978-1-900203-60-9. 
  3. ^ "Timeline". mrbean.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2013. Diakses tanggal 4 January 2014. 
  4. ^ Stephen Greenfield (22 November 2008). We Wish You a Retro Christmas. hlm. 49–. ISBN 978-1-4092-4675-6. Merry Christmas Mr. Bean The bumbling but lovable creation of Rowan Atkinson first appeared in 1990. Merry Christmas Mr. Bean first aired on 29 December 1992. This festive episode starts with Mr. Bean visiting Harrods to purchase ... 
  5. ^ "HBO Takes Bulk of Prizes at the CableACE Awards". Los Angeles Times. 16 January 1995. Diakses tanggal 28 February 2013. 
  6. ^ "Awards". tigeraspect. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 June 2011. Diakses tanggal 28 February 2013. 
  7. ^ "Bean Scenes Unseen". You Tube. Diakses tanggal 24 Januari 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]