Distinguished Service Cross (Amerika Serikat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Distinguished Service Cross saat ini

Distinguished Service Cross adalah penghargaan militer tertinggi kedua yang diberikan kepada anggota Angkatan Darat Amerika Serikat (dan sebelumnya, Pasukan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat dan Angkatan Udara Amerika Serikat), atas jasa-jasa dan pengorbanan-pengorbanan menonjol saat melakukan penyerangan terhadap pasukan musuh bersenjata. Tindakan-tindakan yang dapat dianugerahi Distinguished Service Cross harus menjadi tingkat yang lebih tinggi ketimbang jasa-jasa yang disyaratkan untuk seluruh penghargaan kombat AS lainnya namun tak memenuhi kriteria untuk Medal of Honor. Distinguished Service Cross setara dengan Navy Cross (Angkatan Laut dan Korps Marinir), Air Force Cross (Angkatan Udara), dan Coast Guard Cross (Pertahanan Pesisir).

Distinguished Service Cross pertama kali dianugerahi pada Perang Dunia I. Selain itu, sejumlah penghargaan dibuat atas tindakan-tindakan sebelum Perang Dunia I. Dalam beberapa kasus, terdapat para prajurit yang telah meraih Certificate of Merit atas jasa-jasanya pada masa itu hanya diberi penghargaan lainnya atas jasa-jasa dalam Angkatan Darat, atau direkomenasikan Medal of Honor. Yang lainnya diberikan atas pengakuan atas tindakan-tindakan di di Filipina, di Perbatasan Meksiko dan saat Pemberontakan Boxer.

Distinguished Service Cross berbeda dengan Distinguished Service Medal, yang dianuerahi kepada orang-orang dalam pengakuan atas layanan-layanan berjasa secara khusus kepada pemerintah Amerika Serikat dalam sebuah tugas bertanggung jawab besar. Distinguished Service Cross hanya dianugerahi atas tindakan-tindakan dalam penyerangan, sementara Distinguished Service Medal tak memiliki batasan semacam itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]