Dirk I, Pangeran Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dirk I dari Belanda
Pangeran Frisia
[[Berkas:Thierry I de Hollande.png|frameless|alt=]]
Dirk I seperti yang digambarkan pada abad ke-16
Masa kekuasaanuncertain – 928/944
PemakamanBiara Egmond
PendahuluGerolf
PenggantiDirk II
PasanganGeva
AnakDirk II
Ayahpossibly Gerolf or
Radbod, Pangeran Frisia

Dirk I (Theoderic) adalah Pangeran Belanda, yang diperkirakan berada di dalam kantor dari tahun 896 sampai 928 atau 939.

'Pangeran Frisia'[sunting | sunting sumber]

Gelar Pangeran Dirk I yang sebenarnya adalah 'pangeran di Friesland'.

Dirk diperkirakan adalah putra Gerulf II, 'pangeran Frisia', yang namanya oleh beberapa sumber sebagai satu dari pangeran-pangeran yang membunuh maharaja Viking mereka Godfryth 'Raja Laut' di sebuah tempat yang bernama Herespich (modern Spijk) pada tahun 885.

Mengenai Dirk I, hampir tidak ada yang diketahui tentang kehidupannya, situasi menjadi lebih terselimuti oleh hipotesis yang sekarang bahwa ia memiliki seorang putra, Dirk (dinomori Dirk I bis, untuk mencegah kebingungan dengan nomor-nomor yang telah didirikan), yang sebaliknya menggantikan pandangan tradisional bahwa ia digantikan oleh putra yang diasumsikan Dirk II.

Mendirikan Biara Egmond[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 922 Dirk hadir di sebuah tempat yang disebut Bladella (yang sekarang Bladel, di ekstrem selatan provinsi Belanda Noord Brabant), di mana ia menerima wilayah-wilayah tertentu ('di sebuah tempat yang disebut Egmond') dari Raja Franka Barat Charles yang Sederhana. Dirk akhirnya mendirikan sebuah kesusteran di atas wilayah tersebut, di mana para biarawati berdoa terus menerus untuk kesejahteraan dinasti. Ini adalah aslinya dari yang kemudian Biara Egmond.

Dibawah pimpinan Dirk II, Pangeran Belanda biara dari kayu yang dibangun oleh batu untuk menyimpan pusaka Santo Adalbert. Adalbert tidak terlalu dikenal pada saat itu, tetapi ia konon mengajarkan Kristiani di sekitar wilayah itu pada 2 abad sebelumnya. Biara itu juga diganti sebagai tempat komunitas biarawan Benediktin dari Ghent, menggantikan kesusteran. Pangeran Dirk dan keturunannya dimakamkan di dalam gereja biara tersebut.

Referensi/Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Gerolf
Pangeran Friesland Vlie barat
921–928
Diteruskan oleh:
Dirk II