Diplomasi ekonomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diplomasi ekonomi adalah salah satu bentuk diplomasi yang memanfaatkan sumber daya ekonomi untuk mencapai kepentingan nasional suatu negara. Diplomasi ekonomi dalam arti luas memiliki tujuan ekonomi dan tujuan politik atau strategis. Tujuan ekonomi dalam hal ini adalah meningkatkan perekonomian, sedangkan tujuan politik berkaitan dengan aspek keamanan dan stabilitas politik suatu negara. Oleh karena itu, baik instrumen maupun tujuan diplomasi ekonomi sama-sama melibatkan aspek ekonomi dan politik.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muhibat, Shafiah F.; Intan, Rocky (2020). "Definisi dan Pemetaan Diplomasi Ekonomi Indonesia: Analisis Perjanjian Ekonomi Internasional, Forum Internasional, dan Strategi Penguatan Diplomasi Ekonomi di Masa Pandemi". Center for Strategic and International Studies (CSIS) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-19. 
  2. ^ Hutabarat, Leonard Felix; Damayanti, Angel (2023-05-29). "Diplomasi Ekonomi Indonesia dalam Kerja Sama Selatan-Selatan". Intermestic: Journal of International Studies. 7 (2): 428. doi:10.24198/intermestic.v7n2.3. ISSN 2503-443X.