Diplomasi Wolf Warrior

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anggota NYO-China dengan Liu Xiaoming di Embassy of China, London

Diplomasi Wolf Warrior menggambarkan gaya diplomasi agresif yang konon diadopsi oleh diplomat Tiongkok di abad ke-21. Istilah ini diciptakan dari film aksi Tiongkok ala Rambo, Wolf Warrior.[1] Berbeda dengan praktik diplomatik Tiongkok sebelumnya, yang menekankan penghindaran kontroversi dan penggunaan retorika kooperatif, diplomasi ini lebih agresif, dengan para pendukungnya yang mengecam keras kritik Tiongkok di media sosial dan dalam wawancara.

Meski ungkapan "diplomasi Wolf Warrior" hanya populer sebagai gambaran filosofi diplomatik ini selama pandemi COVID-19, kemunculan diplomat ala Wolf Warrior dimulai beberapa tahun sebelumnya. Kebijakan luar negeri Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (PKT) Xi Jinping sangat besar, meningkatkan permusuhan antara Amerika Serikat, dan pergeseran dalam birokrasi diplomatik Tiongkok telah dikutip sebagai faktor yang menyebabkan kemunculannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ NAKAZAWA, KATSUJI. "China's 'wolf warrior' diplomats roar at Hong Kong and the world". nikkei.com. Nikkei Asia Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 May 2020. Diakses tanggal 27 May 2020. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]