Dingli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dingli
Ħad-Dingli
Dewan lokal
Kaki langit Dingli
Bendera Dingli
Bendera
Lambang Dingli
Lambang
Lokasi di Malta
Lokasi di Malta
Negara Malta
Luas
 • Total5,7 km2 (22 sq mi)
Penduduk (2014)
 • Total3.608
 • KepadatanBad rounding here63/km2 (Bad rounding here160/sq mi)
Kode ISO 3166-2MT-07
Situs webhttp://www.dingli.gov.mt/

Dingli (Bahasa Malta: Ħad-Dingli) adalah sebuah desa di Wilayah Utara Malta, dengan populasi 3.608 jiwa pada bulan Maret 2014.[1] Jaraknya 13 kilometer dari ibu kota Valletta dan dua kilometer dari kota terdekat, Rabat. Desa ini terletak di dataran tinggi sekitar 250 meter di atas permukaan laut, yang merupakan salah satu titik tertinggi Malta. Kawasan ini tidak hanya menyediakan pemandangan laut terbuka ke Pulau Filfla yang kecil dan tak berpenghuni, tetapi juga merupakan tempat yang bagus di Malta. Dari tebing dapat dilihat juga pemandangan Taman Buskett terdekat dan Istana Verdala.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Dingli diyakini berasal dari nama Sir Thomas Dingley, yang merupakan seorang ksatria Inggris Ordo Santo Yohanes, yang memiliki sebagian besar tanah di daerah sekitarnya.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuburan batu yang berasal dari zaman Fenisia, Carthaginian dan Romawi telah ditemukan di perbatasan Dingli. Peninggalan lainnya juga ditemukan di Għajn Handful dan daerah Ta 'Baldu.

Ħal Tartarni[sunting | sunting sumber]

Kapel Santa Maria Magdalena

Sampai awal abad ke-16, sebuah desa kecil yang dikenal sebagai Ħal Tartarni berada, di sanalah tempat antara Buskett dan lokasi Dingli saat ini.[3] Desa itu adalah satu satu dari sepuluh paroki awal Malta pada tahun 1436. Di sana terdapat sebuah gereja yang didedikasikan untuk Santo Domenica. Bangunan aslinya sudah tidak ada lagi, tetapi sebuah kapel di dekatnya dibangun pada tahun 1669 dengan dedikasi yang sama saat ini masih berdiri.

Keluarga bangsawan Inguanez memiliki banyak lahan di daerah itu, dan mempekerjakan penduduk Ħal Tartarni untuk mengerjakan pekerjaan ladang. Seiring berjalannya waktu, orang-orang berpindah lebih dekat ke ladang, meninggalkan desa aslinya. Desa baru itu akhirnya berkembang menjadi apa yang saat ini disebut Dingli. Saat ini, situs Ħal Tartarni terdiri dari lapangan terbuka.[4]

Desa Dingli[sunting | sunting sumber]

Paroki Dingli didirikan pada tahun 1678 dan didedikasikan untuk Assumption of Our Lady. Gerejanya terletak di pusat desa dengan posisi yang menonjol, menghadap ke semua wilayah sekitarnya. Gereja yang ditemukan saat ini, dibangun dalam bentuk salib Latin pada awal abad ke-20. Gereja ini dimodifikasi pada pertengahan abad yang sama, dengan muka bangunan dan perluasan baru lebar dari lorong utama. Perkembangan yang lebih baru, adalah pembangunan kubah pada tahun 1960-an dan 1970-an, yang menyelesaikan pekerjaan konstruksi gereja. Gereja yang sama diberi gelar gereja paroki Arch dengan sebuah dekrit dari Uskup Agung Malta pada tanggal 22 Agustus 2015, menjelang pesta tituler Dingli.[5]

Pesta Pengangkatan ke Surga di Dingli dirayakan pada hari Minggu pertama setelah tanggal 15 Agustus. Patung tituler Bunda Maria di paroki itu adalah yang kelima di pulau itu, yang merupakan buatan Anton Busuttil pada tahun 1861. Patung itu diukir dari kayu dan digunakan dalam sebuah prosesi pada hari pesta setiap tahun yang dibawa oleh 8 pembawa patung dari paroki. Patung tersebut dipugar dua kali, pada tahun 1934 dan 1977.

Tebing Dingli

Sepanjang peraturan Ordo Saint John, Dingli dianggap aman dari serangan korsase karena tidak mungkin para bajak laut mendarat di daerah tersebut karena adanya Tebing Dingli.

Desa tersebut mulai terlihat lebih banyak pembangunan setelah pertengahan abad ke-20 di mana populasi tersebut berlipat dua kali lipat pada abad ke-21. Layanan telepon diperkenalkan di rumah-rumah penduduk, dan transportasi umum mulai sampai ke desa itu sendiri dan tidak lagi berhenti di Rabat, meskipun pada bulan Maret 2017 tidak ada bus malam yang benar-benar menuju ke Desa Dingli, dan penduduk harus berhenti di Rabat.[6][7]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Hingga awal abad ke-20, sulit untuk menyekolahkan anak, karena anak laki-laki dulu bekerja di ladang sementara anak perempuan membantu pekerjaan rumah tangga. Kebiasaan ini berubah seiring berjalannya waktu, dan kini semua orang dapat bersekolah, baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah. Beberapa melanjutkan studi mereka pada tingkat perguruan tinggi, di mana mereka dapat meraih gelar doktor di bidang studi yang mereka pilih.

Tokoh terkemuka[sunting | sunting sumber]

Dingli adalah tempat kelahiran beberapa tokoh terkemuka, di antaranya yakni:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Estimated Population by Locality 31st March, 2014". Government of Malta. 16 May 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 June 2015. 
  2. ^ "Rabat, Dingli, Siggiewi". malteseislands.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 June 2006. 
  3. ^ Ross, Victor (26 August 2003). "Hamlets in the 16th century". Times of Malta. Diakses tanggal 16 May 2015. 
  4. ^ Hahs, David Gene (2010). "Medieval Malta: Abandoned Villages, Chapels and Farmhouses". Electronic Theses, Treatises and Dissertations. Paper 4334. hlm. 62–65. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 May 2015. Diakses tanggal 16 May 2015. 
  5. ^ http://www.tvm.com.mt/en/news/id-dinglin-jiccdingli-celebrates-the-feast-of-the-assumption-and-the-decree-it-is-now-an-archdioseseelebraw-l-assunta-u-t-titlu-ta-parrocca-arcipretali/
  6. ^ https://www.publictransport.com.mt/en/route/N12
  7. ^ "Dingli History". Dingli Local Council. Diakses tanggal 16 May 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]