Dil Hai Tumhaara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dil Hai Tumhaara
SutradaraKundan Shah
ProduserKumar S. Taurani
Ramesh S. Taurani
Ditulis olehSubrat Sinha (dialog)
SkenarioKundan Shah
Rajkumar Santoshi
PemeranRekha
Preity Zinta
Mahima Chaudhry
Arjun Rampal
Jimmy Sheirgill
Alok Nath
Penata musikLagu:
Nadeem-Shravan
Skor latar belakang:
Surinder Sodhi
PenyuntingAseem Sinha
Perusahaan
produksi
Tips Industries
DistributorDisney India Studios
Tanggal rilis
  • 6 September 2002 (2002-09-06)
Durasi185 menit
NegaraIndia
BahasaHindi

Dil Hai Tumhaara (Hatiku Adalah Milikmu) adalah sebuah film India tahun 2002 yang disutradarai oleh Kundan Shah. Film ini dibintangi oleh Preity Zinta sebagai Shalu, seorang wanita muda yang tanpa sepengetahuannya, lahir di luar nikah dan setelah kematian orang tuanya, dengan enggan diadopsi oleh istri ayahnya (Rekha), yang tidak pernah menerimanya sebagai miliknya dan yang cintanya didambakan Shalu sejak kecil. Mahima Chaudhry, Arjun Rampal, Jimmy Sheirgill dan Alok Nath memainkan peran pendukung. Film ini dipromosikan sebagai kendaraan bintang bagi Zinta dan meskipun gagal secara komersial saat dirilis, Penampilan Zinta dipuji oleh para kritikus dan mendapatkan nominasi Aktris Terbaik di sejumlah upacara penghargaan. Soundtracknya, yang disusun oleh Nadeem-Shravan, berhasil dengan baik di tangga lagu.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Shalu (Preity Zinta) adalah seorang wanita muda penyayang yang tinggal bersama ibunya, Sarita (Rekha), dan kakak perempuannya, Nimmi (Mahima Chaudhry). Tanpa sepengetahuan Shalu dan Nimmi, mereka adalah saudara tiri. Shalu adalah putri mendiang suami Sarita, Shekar, dan wanita yang berselingkuh dengannya. Terluka fatal dalam kecelakaan mobil dengan ibu kandung Shalu, Shekar memohon Sarita untuk membesarkan Shalu sebagai miliknya.

Meskipun Sarita mengadopsi Shalu, dia tidak bisa memberikan cinta yang dia tunjukkan kepada Nimmi. Shalu, sebaliknya, selalu mendambakan kasih sayang ibunya. Dia mencari perhatian dan membalas dengan bersikap memberontak. Nimmi sangat mencintai Shalu dan terus-menerus membelanya, meskipun dia menolak untuk berpikir buruk tentang ibunya atau memihaknya.

Seorang pria muda bernama Dev Khanna (Arjun Rampal) memasuki kehidupan para suster. Dev dan Shalu awalnya tidak akur namun perlahan jatuh cinta. Namun keadaan membuat Nimmi percaya bahwa Dev jatuh cinta padanya. Sarita, yang hanya mengetahui cerita dari sisi Nimmi, menawarkan lamaran pernikahan kepada ayah Dev (Alok Nath) atas nama Nimmi. Pak Khanna terkejut karena dia tahu tentang Dev dan Shalu. Ketika Sarita melihat Dev dan Shalu penuh kasih sayang, dia menyimpulkan bahwa Shalu telah mencuri Dev dari Nimmi sama seperti ibu Shalu mencuri Shekar darinya. Dalam kemarahan, dia mengungkapkan warisan aslinya di depan Nimmi.

Terkejut dengan orang tuanya, Shalu memutuskan untuk mengorbankan Dev demi membahagiakan ibu dan saudara perempuannya. Sedih, Dev akhirnya setuju menikahi Nimmi untuk membuat Shalu bahagia. Nimmi menyadari ada sesuatu yang salah dengan Shalu, tapi Shalu mengalihkan pertanyaan itu dengan mengatakan bahwa dia telah jatuh cinta pada Samir (Jimmy Sheirgill), teman masa kecilnya yang telah mencintainya selama bertahun-tahun.

Pada hari pertunangan, saingan politik Sarita mencoba menggunakan warisan Shalu tidak sah untuk mengancam pernikahan Nimmi dengan Dev, yang berasal dari keluarga terkemuka. Shalu mengambil tindakan sendiri, bergegas ke rumah Dev di mana dia secara terbuka mengumumkan bahwa dia dilahirkan di luar nikah, berargumen bahwa itu adalah bukti kebaikan dan kemurahan hati Sarita bahwa dia telah mengadopsi Shalu. Tuan Khanna terkesan dengan keberanian Shalu dan berjanji bahwa tidak ada yang bisa menghentikan pernikahannya.

Sarita diam-diam menyaksikan pengakuan Shalu dan sangat tersentuh. Dia malu dengan cara dia memperlakukan Shalu dan mereka berbagi pelukan pertama mereka. Sarita mengatakan kepadanya bahwa dia akan meminta Nimmi untuk minggir jika Shalu dan Dev benar-benar jatuh cinta. Shalu menghentikannya melakukan hal itu, mengatakan bahwa sekarang dia memiliki cinta dan penerimaan ibunya, dia tidak menginginkan hal lain.

Nimmi sangat senang ibunya menerima Shalu, namun dia masih merasa ada yang tidak beres dengan adiknya. Dia segera mengetahui seluruh tipu muslihat dari Samir dan dengan senang hati menyingkir agar Shalu dan Dev bersatu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Dil Hai Tumhaara menandai kolaborasi kedua Preity Zinta dan Kundan Shah, yang pertama adalah film hit Kya Kehna (2000).[1] Film tersebut dipromosikan sebagai kendaraan bintang bagi Zinta.[2][3]

Musik[sunting | sunting sumber]

Dil Hai Tumhara
Album studio karya Nadeem-Shravan
Dirilis28 Juni 2002 (India)
GenreFeature film soundtrack
LabelTips Music Films
ProduserNadeem-Shravan
Kronologi Nadeem-Shravan
Tumse Achcha Kaun Hai
(2002)
Dil Hai Tumhara
(2002)
Jeena Sirf Merre Liye
(2002)
Penilaian profesional
Skor ulasan
Sumber Nilai
Planet Bollywood 8/10 stars[4]

Soundtracknya kemudian sukses. Ini memiliki sembilan lagu yang disusun oleh duo Nadeem-Shravan, dengan lirik yang ditulis oleh Sameer. Menurut situs perdagangan India Box Office India, dengan sekitar 20.00.000 unit terjual, album soundtrack film ini menduduki peringkat keenam dengan penjualan tertinggi pada tahun tersebut. Lagu "Dil Laga Liya Maine" memiliki komposisi yang sama dengan "Boohay Barian" oleh Hadika Kidney.[5]

# Judul Penyanyi Durasi
1 "Mohabbat Dil Ka Sakoon" Kumar Sanu, Udit Narayan & Alka Yagnik 05:37
2 "Dil Laga Liya Maine" Udit Narayan, Alka Yagnik 04:31
3 "O Sahiba O Sahiba" Kavita Krishnamurthy, Sonu Nigam 04:52
4 "Chayya Hai Jo Dil" Kavita Krishnamurthy, Shaan 04:36
5 "Betabi Ka Khamoshi Ka" Sarika Kapoor 01:57
6 "Dil Hai Tumhaara" Kumar Sanu, Udit Narayan & Alka Yagnik 06:41
7 "Chahe Zubaan" Sonu Nigam, Alka Yagnik 04.37
8 "Kasam Khake Kaho" Kumar Sanu, Alka Yagnik 05:53
9 "Kabhi Hasna Hai Kabhi" Tauseef Akhtar 05.16

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kapoor, Pankaj (5 September 2002). "Dil Hai Tumhaara? Kya Kehna, Preity!". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 August 2020. 
  2. ^ Kapoor, Pankaj (11 September 2002). "Women power September releases". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 August 2020. 
  3. ^ Singh, Harneet (11 September 2002). "Bollywood divas get rolling". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 August 2020. 
  4. ^ "Dil Hai Tumhara Music Review". Diakses tanggal 17 October 2011. 
  5. ^ "Music Hits 2000–2009 (Figures in Units)". Box Office India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2008.