Kya Kehna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kya Kehna!
SutradaraKundan Shah
ProduserKumar S Taurani
Ramesh S Taurani
Ditulis olehHoney Irani
SkenarioHoney Irani
PemeranPreity Zinta
Saif Ali Khan
Chandrachur Singh
Anupam Kher
Farida Jalal
Penata musikRajesh Roshan
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Pictures India
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2000 (2000-05-19)
Durasi155 minutes
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran5.3 crore
Pendapatan
kotor
21.8 crore

Kya Kehna (Inggris: So well Said) adalah sebuah film drama romantis India tahun 2000. Ditulis oleh Honey Irani, disutradarai oleh Kundan Shah dan dirilis pada 19 Mei 2000 dengan anggaran ₹ 5,3 crore (US $ 700.000). Kya Kehna berurusan dengan masalah tabu kehamilan pra-nikah dan pandangan masyarakat, dan dibintangi Preity Zinta sebagai ibu remaja tunggal dengan Saif Ali Khan, Chandrachur Singh, Farida Jalal dan Anupam Kher. Ini adalah yang pertama dari beberapa film di mana Khan dan Zinta berakting bersama.

Kya Kehna difilmkan kembali pada tahun 1997 dan seharusnya dirilis pada tahun 1998. Sebenarnya, film ini seharusnya menjadi film debut Zinta dan dia bahkan mulai syuting untuk itu, tetapi karena beberapa alasan dan penundaan yang tidak diketahui, film ini ditunda hingga tahun 2000. Oleh karena itu, beberapa filmnya dirilis sebelum film ini, termasuk dua film Telugu miliknya. Setelah rilis teatrikalnya, itu ditinjau secara positif oleh para kritikus. Penampilan Zinta dan penulisan cerita Irani menjadi sorotan. Musiknya digubah oleh Rajesh Roshan. Kya Kehna adalah sukses tak terduga mendapatkan ₹ 21,8 crore (US $ 2,9 juta) di seluruh dunia. Pada Penghargaan Filmfare, Irani memenangkan kategori Kisah Terbaik dan Zinta dinominasikan untuk Aktris Terbaik.

Plot[sunting | sunting sumber]

Priya Bakshi (Preity Zinta) adalah putri Gulshan (Anupam Kher) dan Rohini Bakshi (Farida Jalal) yang ceria dan berjiwa bebas. Orang tua, saudara laki-laki, dan sahabat Priya, Ajay (Chandrachur Singh) mencintai dan mendukungnya. Ajay diam-diam jatuh cinta pada Priya dan ingin menikahinya di masa depan.

Priya memasuki tahun pertamanya di universitas dan dengan cepat menarik perhatian playboy kaya Rahul (Saif Ali Khan), yang menjadi tertarik padanya. Dia menyerah pada pesonanya tetapi Ajay dan saudara laki-lakinya Vicky (Mamik Singh) tidak yakin tentang Rahul. Reputasi dan cara main perempuannya membuat mereka khawatir, dan mereka memperingatkannya untuk menjauh darinya. Namun, Priya percaya bahwa Rahul jatuh cinta padanya, dan keduanya memulai hubungan dan berhubungan seks. Priya meyakinkan orang tuanya untuk bertemu Rahul, tetapi ketika mereka berbicara terlalu dini tentang pernikahan dan masa depan, dia mengolok-olok mereka dan meninggalkan Priya. Priya patah hati tetapi mencoba untuk melanjutkan hidupnya. Dia kemudian mengetahui bahwa dia hamil dengan anak Rahul. Orang tuanya kembali ke Rahul untuk membicarakan pernikahan sekali lagi. Dia mengakui bahwa dia adalah ayahnya tetapi tetap tidak ingin menikahi Priya. Ibu Rahul juga mencaci maki keluarga Priya, percaya bahwa mereka mencari kompensasi finansial. Priya dihadapkan pada sebuah keputusan, dan dia memilih untuk mempertahankan anak itu. Keputusannya mendorong ayahnya untuk dengan sengaja mengusirnya dari rumah karena malu. Sendirian dan terabaikan, Priya hancur. Namun, keluarganya kemudian merasa sulit untuk hidup tanpanya dan mereka membawanya kembali, mendukungnya selama kehamilannya.

Priya kembali ke universitas, di mana dia dijauhi karena kehamilannya dan karakternya yang 'manja'. Ibu Rahul, yang merupakan bagian dari dewan direksi universitas, mencoba meyakinkan orang tua lain bahwa Priya harus dikeluarkan karena karakternya. Dikucilkan oleh teman, tetangga, dan masyarakat, Priya menyadari cinta dan dedikasi Ajay untuknya.

Universitas mengadakan pertunjukan akhir tahun, di mana sekelompok siswa memainkan permainan yang mengolok-olok dan memfitnah Priya dan kehamilannya. Setelah pertunjukan, Priya berpidato dengan penuh semangat tentang cinta, kehormatan, dan rasa hormat. Kata-katanya menggerakkan banyak penonton, termasuk Rahul. Teman-temannya meminta maaf padanya, dan dia mendapatkan dukungan dari komunitas. Kemudian, Ajay menyatakan cintanya pada Priya dan ingin menikahinya. Namun, Priya khawatir apakah Ajay akan menerima dia dan anaknya yang belum lahir. Ajay mengatakan padanya bahwa dia sepenuhnya bersedia menerima dia dan anaknya sebagai miliknya. Tanpa diketahui Priya dan Ajay, Rahul yang menyesal mendekati keluarga Priya dan mengungkapkan bahwa dia siap untuk meminta maaf dan membesarkan anaknya dan Priya bersama yang mereka setujui. Air Priya pecah sebelum dia bisa menjawab lamaran Ajay dan dia pergi ke rumah sakit untuk melahirkan, di mana dia'

Di sebuah acara untuk merayakan kelahiran bayi Priya, Rahul melamar Priya, menyatakan bahwa dia siap untuk menikah dan membesarkan anak mereka. Ajay berharap mereka baik-baik saja dan mulai berjalan pergi. Namun, Priya menolak Rahul dan mengakui cintanya pada Ajay, menanyakan apakah dia masih mau menerima dia dan anaknya, Ajay setuju untuk ini. Rahul menerima keputusan Priya, berharap mereka baik-baik saja, dan pergi

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Kya Kehna
Album lagu tema karya Rajesh Roshan
Dirilis2000 (2000)
GenreFilm soundtrack
LabelTips Music Films
ProduserRajesh Roshan

Soundtrack film ini berisi 8 lagu. Musiknya dibawakan oleh Rajesh Roshan, dengan lirik oleh Majrooh Sultanpuri. Menurut situs web perdagangan India Box Office India, dengan sekitar 20.000.000 unit terjual, album soundtrack film ini adalah penjualan tertinggi ketujuh tahun ini. Judul lagu "Kya Kehna" diangkat dari Single Neil Sedaka "Oh Carol"..[1]

No.JudulArtist(s)Durasi
1."Ae Sanam Meri Bahon"Alka Yagnik, Kumar Sanu06.13
2."Dekhiye Aji Jaaneman"Alka Yagnik, Udit Narayan05:30
3."Dil Ka Koi Tukda"Kavita Krishnamurthy, Hariharan06:15
4."In Kadmon Ke Neeche"Alka Yagnik, Kumar Sanu05:19
5."Jaaneman Jaane Jaan"Alka Yagnik, Sonu Nigam05:35
6."Kya Kehna"Kavita Krishnamurthy, Hariharan04:27
7."O Soniye Dil Jaaniye"Alka Yagnik, Kumar Sanu, Sonu Nigam05:41
8."Pyara Bhaiya Mera"Alka Yagnik, Kumar Sanu04:40

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film Laris[sunting | sunting sumber]

Film ini sukses box office dan muncul sebagai salah satu film Bollywood terlaris tahun 2000, dan dinyatakan sebagai "super hit" di India.[2] Keberhasilan film ini tidak terduga, dan karena itu digambarkan sebagai film yang sukses.[3][4][5]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Vinayak Chakravorty dari Hindustan Times memberi film ini 3 dari 5 bintang, dengan menulis, "Premis dasar Kya Kehna!, maka, pasti memiliki potensi menjadi penghibur keluarga yang mencekam. Sayangnya, di suatu tempat, Anda merasa seolah-olah sebagian besar orang-orang yang terkait dengan film itu entah bagaimana kehilangan minat." Dia mencatat, bagaimanapun, Preity Zinta sebagai "titik terang dari film".[6] Aradhika Sekhon dari The Tribune menulis, "Film itu sendiri memiliki beberapa kekurangan tetapi isu-isu yang ditanganinya adalah nyata. Sutradara melihat secara lurus, keras pada masalah hari ini dan mengangkatnya untuk dipamerkan. Kecenderungan India adalah untuk menyapu masalah yang tidak nyaman di bawah karpet tetapi jika film seperti Kya Kehna terus dibuat, setidaknya, kami".[7] Mimmy Jain dari The Indian Express, dalam ulasan positif, memuji Shah karena membuat "film sensitif, tentang subjek sensitif", menyebut Kya Kehna "film yang seharusnya dibuat bertahun-tahun lalu". Dia lebih lanjut mencatat Zinta sebagai "sangat baik" di pihaknya.[8]

Filmfare, dalam ulasan bintang tiga, menulis bahwa film tersebut "layak ditonton" dan mengaitkan kesuksesannya dengan "kinerja yang sangat meyakinkan" dari Zinta".[9] Sharmila Taliculam dari Rediff.com mengkritik film tersebut, menyimpulkan, "Terlepas dari klimaks, film ini bukan masalah besar."[10] Namita Nivas dari Screen berbagi sentimen yang sama, menulis bahwa "tidak ada yang aneh atau berbeda tentang Kya Kehna seperti yang telah diklaim oleh pembuatnya sejak lama", tetapi dia juga memuji Zinta untuk "kinerja briliannya".[11]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Music Hits 2000–2009 (Figures in Units)". Box Office India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2008. Diakses tanggal 20 December 2016. 
  2. ^ Highest grossing films 2000. BoxOfficeIndia.com
  3. ^ "Kya Kehna! declared a hit". Hindustan Times. 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 March 2001. Diakses tanggal 1 August 2020. 
  4. ^ Kapoor, Pankaj (5 September 2002). "Dil Hai Tumhaara? Kya Kehna, Preity!". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 August 2020. 
  5. ^ Chatterjee, Saibal (2000). "Bollywood 2000 — love in the time of tainted funds". Hindustan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 February 2001. 
  6. ^ Chakravorty, Vinayak (2000). "Kya Kehna!". Hindustan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2000. Diakses tanggal 2011-12-16. 
  7. ^ Sekhon, Aradhika (2000-06-11). "Kya Kehna!". The Tribune. Diakses tanggal 2011-12-16. 
  8. ^ Jain, Mimmy (2000-05-27). "Steering clear of cliches". The Indian Express. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-11-22. Diakses tanggal 2011-12-24. 
  9. ^ "Kya Kehna (FILMFARE ONLINE)". Filmfare. The Times Group. 9 June 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 January 2001. Diakses tanggal 4 May 2015. 
  10. ^ Taliculam, Sharmila (2000-05-20). "Kundan Shah lost interest..." Rediff.com. Diakses tanggal 2011-12-16. 
  11. ^ Nivas, Namita (26 May 2000). "Preity Zinta excels". Screen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 February 2005. Diakses tanggal 16 February 2005. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]