Di Atas Puing-Puing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Di Atas Puing-Puing adalah sebuah novel yang ditulis oleh Th. Sri Rahayu dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1978 oleh Pustaka Jaya. Novel ini memiliki dua orang tokoh utama yaitu Hardi dan Arini. Mereka beragama Katolik, menikah dan telah menjalani rumah tangganya selama tiga belas tahun. Mereka memiliki tiga orang anak. Suatu ketika Hardi yang berprofesi sebagai guru jatuh cinta dengan salah seorang muridnya lalu menikahinya.

Dalam hukum agama Katolik mereka tidak boleh bercerai, tetapi karena Arini merasa sakit hati dan ingin melampiaskan dendamnya kepada Hardi. Dia menjalin hubungan asmara dengan Hendra, mantan pacarnya di Jakarta.

Suatu hari ia mendapat kabar bahwa buah hatinya bersama Hardi sakit. Arini pergi ke Yogyakarta untuk merawat anaknya sampai sembuh, lalu dia kembali ke Jakarta dan menikah dengan Hendra. Pernikahannya dengan Hendra dikaruniai seorang anak. Namun, kebahagiannya tidak berlangsung lama, karena Hendra mengalami kecelakaan pesawat udara. Arini tidak mau kembali hidup dengan Hardi walaupun mereka belum resmi bercerai.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Artikel "Di Atas Puing-Puing" - Ensiklopedia Sastra Indonesia". ensiklopedia.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-03-17.