Detasemen Matra 2/Naga Pasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Detasemen Matra Kopasgat 2/Naga Pasa
Dibentuk2015
CabangKopasgat
Tipe unitSatuan Bantuan Tempur Dirgantara
PeranPasukan Dalpur, Dallan, SAR Tempur dan Jumping Master
Bagian dariWing Komando II Kopasgat
MarkasKabupaten Malang, Jawa timur
JulukanDenmatra 2/Naga Pasa
BaretJingga
Situs webwww.detasemenmatra2.blogspot.com

Detasemen Matra 2/Naga Pasa atau Denmatra 2/Naga Paksa merupakan satuan setingkat Detasemen yang berada di bawah jajaran Wing Komando II Kopasgat yang bermarkas di Komplek Lanud Abdulrahman Saleh, Singosari, Malang, Jawa Timur.[1] yang mempunyai tugas matra udara diantaranya Pengendali Tempur atau yang sering disebut (DALPUR), Pengendali Pangkalan atau (DALLAN), SAR Tempur, dan Jumping Master. Dalam menghadapi tugas-tugas Detasemen Matra Udara tersebut, pola pembinaan senantiasa dilakukan oleh Detasemen Matra 2/Paskhas diantaranya pembinaan rohani, pembinaan fisik dan pembinaan matra udara. Hal ini dimaksudkan agar para prajurit Detasemen Matra 2/Paskhas senantiasa dalam kondisi prima sebelum, saat dan sesudah menjalankan tugas-tugas yang yang diemban oleh para prajurit Detasemen Matra 2/Paskhas.

Tiap Denmatra terdapat team Pengendali Tempur (Dalpur) yang diterjunkan sebelum satuan besar diterjunkan. Spesifikasi Tim Dalpur (1. Pemandu Lalulintas Udara (PLLU), 2. Meteorologi, 3. KOmunikasi dan Elektronika/Komlek, 4. Zeni Lapangan/Zilap, 5. Intelijen, 6. Kesehatan.)

Likuidasi Satuan[sunting | sunting sumber]

Korps Pasukan Gerak Cepat yang memiliki fungsi khusus/khas matra udara berkemampuan tempur darat (Purrad) yang selama ini memiliki Kompi Matra telah berubah status menjadi Detasemen Matra yang berdiri sendiri langsung di bawah Wing Komando II Kopasgat.[2]

Komandan[sunting | sunting sumber]

  • Mayor Pas Yosafat Soelya, S.E., M.Tr(Han) (2015)
  • Mayor Pas Helmi Ardiyanto Nange, S.E., M.M. (2015-2018)
  • Mayor Pas Alpin Jonggi Lumban Tobing (2018-2020)
  • Mayor Pas Anang Kurniawan (2020-2023)
  • Mayor Pas Adhi Prayogo (2023-Sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]