DestinAsian Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
DestinAsian Indonesia (Majalah)
Profil
KategoriWisata
BahasaIndonesia
FrekwensiDwibulanan
SegmenA & A+
Tiras30.000 eksemplar
PemilikDestinAsian Media Group
Pemimpin UmumRonald Liem
Pemimpin RedaksiCristian Rahadiansyah
PenerbitPT Tirta Baskara Suwardana
Terbitan PerdanaMaret/April 2013
Kantor PusatMenara Batavia Lt.11, Jl. K.H. Mas MansyurKav. 126, Jakarta 10220
Situs Resmihttp://destinasian.co.id

DestinAsian Indonesia adalah majalah wisata premium berbahasa Indonesia pertama. Majalah ini terbit dwibulanan dan merupakan bagian dari DestinAsian Media Group yang juga membawahi majalah DestinAsian, Prestige Indonesia, DA MAN, serta JOY Indonesia.

DestinAsian Indonesia juga hadir dalam bentuk daring bernama DestinAsian.co.id. Selain menampilkan artikel-artikel yang diterbitkan di majalah, DestinAsian.co.id memuat video-video perjalanan serta berita-berita aktual dari dunia wisata.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama DestinAsian Indonesia terbit pada Maret 2013. Idenya datang Ronald Liem, pendiri DestinAsian Media Group, yang menyimpulkan bahwa sudah waktunya Indonesia memiliki majalah wisata yang membidik segmen premium. Waktu itu, kelas menengah dan atas di Indonesia sedang tumbuh pesat, seperti yang disimpulkan dalam "Julius Baer Wealth Report 2012" atau "Wealth-X World Ultra Wealth Report 2012-2013". Kelompok kelas menengah dan atas membutuhkan informasi yang dikemas dan diracik sesuai profilpsikografis mereka, termasuk untuk informasi yang terkait aktivitas wisata.

Pada sampul depan edisi perdananya, DestinAsian Indonesia menampilkan model asing yang berpose di pesisir daerah Sekotong, Lombok. Edisi debut ini dicetak sepanjang 116 halaman. Beberapa lokasi wisata yang diulas di edisi perdana adalah "Lombok","Hue", "Canterbury", "Muarajambi", serta "Stone Town". Selain itu, terdapat wawancara dengan novelis "Laksmi Pamuntjak" dan esai foto buatan fotografer asal Italia, "Bruno Zanzottera".

Konten[sunting | sunting sumber]

DestinAsian Indonesia mengutamakan artikel dalam format feature dengan tema beragam, meliputi petualangan, kuliner, budaya, dan seni. Selain feature, DestinAsian Indonesia memuat artikel singkat dan berita aktual dari dunia wisata, seperti hotel, spa, restoran, serta maskapai.

Sebagian artikel dikerjakan oleh kontributor lepas yang tersebar di dalam dan luar negeri. Beberapa penulis yang karyanya pernah dimuat adalah Fatris MF, Trinity, Denise Hruby, dan Yves Eudes. Untuk fotografer, beberapa yang pernah berkontribusi adalah Vincent Fournier, Muhammad Fadli, Bruno Zanzottera, RonyZakaria, Guillaume Herbaut, dan Francesco Alesi.

Visual[sunting | sunting sumber]

Pada sampul depannya, DestinAsian Indonesia kerap menampilkan sejumlah selebriti Indonesia sebagai model, di antaranya AtiqahHasiholan, Nicholas Saputra, Marissa Nasution, Whulandary Herman, Aimee Juliette, Joe Taslim, Julie Estelle, dan Nadine Chandrawinata.

DestinAsian Indonesia juga kerap menyewa seniman, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk menciptakan tipografi pada halaman pembuka artikel. Beberapa seniman yang pernah terlibat adalah KikoArdiansjah, Sam Pierpoint, dan Castella Natalia. Selain untuk kepentingan estetika, permainan tipografi dari para seniman ditujukan untuk menciptakan keunggulan kompetitif majalah format cetak dibandingkan format digital.

Distribusi & Sirkulasi[sunting | sunting sumber]

DestinAsian Indonesia diterbitkan dwibulanan dengan tiras 30.000 eksemplar per edisinya. Majalah distribusikan ke kota-kota di Indonesia, meliputi antara lain Jakarta, Denpasar, Medan,Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan Balikpapan.

Lima persen dari oplah dikirimkan langsung kepada pelanggan. Sekitar 40 persennya dijajakan di toko buku dan lapak. Sisanya dikirimkan ke sejumlah mitra dengan komposisi sebagai berikut: 18 persen untuk VIP database, 20 persen untuk hotel dan business center, 14 persen untuk lounge, tiga persen untuk kafe, restoran, dan salon kecantikan.

Digital[sunting | sunting sumber]

Situs DestinAsian.co.id tayang sejak Februari 2013.Selain memuat konten DestinAsian Indonesia dalam versi daring, situs ini digagas sebagai portal berita wisata yang menampilkan konten aktual setiap harinya.

Per bulannya, DestinAsian.co.id mencatatkan rata-rata lebih dari 100.000 page views, dengan rekor tertinggi hingga saat ini 178.784 page views. Untuk pengunjung situs, jumlahnya rata-rata di atas 50.000 per bulan. Dua artikel yang menerima kunjungan terbanyak hingga saat ini adalah "54 Rekomendasi Tempat Makan di Bali" dan "71 Rekomendasi Tempat Makan di Singapura".

Newsletter[sunting | sunting sumber]

DestinAsian Indonesia menerbitkan dan mengirimkan newsletter digital setiap hari Senin. Newsletter ini menampilkan kompilasi konten terbaru yang dimuat di situs DestinAsian.co.id. Hingga saat ini, jumlah pelanggan newsletter mencapai 3.869 orang.

Media Sosial[sunting | sunting sumber]

DestinAsian Indonesia memiliki enamakun media sosial yang diperbarui secara berkala, yakni Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Google+, dan YouTube.

e-magazine[sunting | sunting sumber]

Selain dalam format cetak, DestinAsian Indonesia bisa diakses dalam format elektronik melalui situs DestinAsian.co.id dan lima mitra perusahaan, yakni Wayang, Magzter, Scanie, dan Scoop.

Profil[sunting | sunting sumber]

Ronald Liem[sunting | sunting sumber]

Ronald Liem adalah pendiri sekaligus pemimpin umum DestinAsian Indonesia. Lahir Jakarta, dia sempat menempuh pendidikan tinggi di Amerika dan Inggris, kemudian kembali ke Indonesia untuk bekerja sebagai bankir di bidang investasi. Pada 2001, Ronald Liem mendirikan DestinAsian Media Group dengan majalah pertamanya bernama DestinAsian. Kantor perusahaan berbasis di Singapura dengan kantor perwakilan berada di Jakarta dan sejumlah negara di Asia Pasifik.

Cristian Rahadiansyah[sunting | sunting sumber]

Cristian Rahadiansyah adalah Pemimpin Redaksi DestinAsian Indonesia. Sebelumnya dia bekerja untuk sejumlah majalah, di antaranya Trust, Event Guide, Layar, Venue, DA MAN, jalanjalan, dan Garuda. Cristian juga pernah menulis sejumlah buku, di antaranya "Young Southeast Asia", http://www.bukukita.com/Inspirasi-dan-Spiritual/Inspirasional/53947-Catatan-Emas.html "Catatan Emas", The 4 G Marketing, dan Metrosexuals in Venus.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

DestinAsian (https://en.wikipedia.org/wiki/DestinAsian) DA MAN (https://en.wikipedia.org/wiki/Da_Man) Joy (https://en.wikipedia.org/wiki/Joy_%28magazine%29)

Tautan Luar[sunting | sunting sumber]

"Situs Resmi" "DestinAsian Media Group" "DestinAsian" "Prestige Indonesia"[pranala nonaktif permanen] "DA MAN" "Joy Indonesia"