Deklarasi tentang Bahasa Umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta bahasa Serbia-Kroasia terbagi dalam dialek-dialek besarnya.
Konferensi pers tentang Deklarasi tentang Bahasa Umum

Deklarasi tentang Bahasa Umum (bahasa Serbo-Kroasia: Deklaracija o zajedničkom jeziku / Декларација о заједничком језику) dikeluarkan pada 2017 oleh sekelompok intelektual dan organisasi non-pemerintahan dari Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, dan Serbia yang berkarya di bawah naungan dari sebuah proyek yang disebut "Bahasa dan Nasionalisme". Deklarasi tersebut menyatakan bahwa Kroasia, Bosnia, Serbia dan Montenegro memiliki bahasa standar umum dari tipe polisentris.

Sebelum dikeluarkan untuk umum, Deklarasi tersebut ditandatangani oleh lebih dari 200 penulis, ilmuwan, wartawan, aktivis dan tokoh masyarakat terkenal lainnya dari empat negara tersebut.[1] Deklarasi tersebut adalah upaya untuk melawan faksi-faksi nasionalistik.[2] Tujuannya adalah untuk mendorong diskusi tentang bahasa tanpa nasionalisme dan berkontribusi pada proses rekonsiliasi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Trudgill
  2. ^ Milekić, Sven (30 March 2017). "Post-Yugoslav 'Common Language' Declaration Challenges Nationalism". London: Balkan Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2017. Diakses tanggal 18 June 2019. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Economist

Pranala luar[sunting | sunting sumber]