Dekelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dekelia (Yunani: Δεκέλεια, pengucapan Yunani: [ðe.ˈce.ʎa]), modern Dekeleia atau, Deceleia atau Decelia (sebelumnya bahasa Yunani Modern nama Tatoi, Τατόι, pengucapan [ta.ˈto.i]), merupakan sebuah desa kuno di utara Attika yang digunakan sebagai rute perdagangan yang menghubungkan Euboia dengan Athena, Yunani.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarahwan Herodotus (9.73) melaporkan bahwa warga Dekelia memiliki hubungan khusus dengan Sparta. Sparta menguasai Dekelia pada sekitar tahun 413 SM. Dengan saran dari Alkibiades pada tahun 415 SM, mantan jenderal Athena menginginkan tuduhan Athena atas kejahatan agama, Sparta dan sekutu mereka, di bawah raja Agis II, membentengi Dekelia sebagai pos militer pada tahap akhir Perang Peloponnesos, memberi mereka kendali dari pedesaan Attika dan memotong rute darat utama untuk impor makanan. Ini merupakan pukulan telak bagi Athena, yang secara bersamaan dikalahkan dalam di Ekspedisi Sisilia yang dilakukan di barat.

Kehadiran militer Sparta di Attika, dalam penyimpangan dari kebijakan sebelumnya di mana Sparta kembali ke rumah untuk musim dingin, dipertahankan sepanjang tahun. Patroli Sparta melalui pedesaan Attik menekan kavaleri Athena kavaleri dan membatasi kemampuan Athena untuk terus mengeksploitasi tambang perak Laurium di tenggara Attika yang merupakan sumber pendapatan penting. Thukidides memperkirakan (7.27) bahwa 20.000 budak, banyak dari mereka pekerja terampil, melarikan diri ke Dekelia, dari tahun 413 hingga akhir Perang Peloponnesos pada tahun 404 SM.

Para sarjana telah mengidentifikasi situs benteng Spartan sebagai situs dari Palaiokastro, sekarang ditandai oleh makam keluarga kerajaan Yunani, di hutan nasional Tatoi timur dari Mt. Parnitha (McCredie 1966). Dinding sirkuit reruntuhan besar (selebar 2 m) telah dilacak, dengan atap Klasik dan bukti pendudukan lainnya. Lokasi ini sesuai dengan deskripsi Thukidides (7.19) sebagai pertengahan antara Athena dan Boiotia, terlihat dari Athena dan memerintah dataran Attica. Situs ini mengendalikan apa yang dulunya merupakan jalan kuno utama, dapat digunakan oleh kereta, menghubungkan Athena ke pelabuhan gandum Oropos.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fine, John V. A. The Ancient Greeks: A Critical History. Harvard University Press, 1983.
  • McGregor, Malcolm F. The Athenians and their Empire. Vancouver: University of British Columbia Press, 1987.
  • McCredie, James R. Fortified military camps in Attica. Hesperia Supplement XI, 1966.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]